Cara mudah mengatasi lampu indikator LOS berwarna merah menyala serta berkedap-kedip pada modem Wi-Fi Indihome seperti ZTE F609/F660, Huawei, MNC, MyRepublic dan apa penyebabnya?
KacaTeknologi.com - Pernahkah Anda mendapati lampu indikator LOS berwarna merah menyala serta berkedap-kedip pada modem Wi-Fi Indihome seperti ZTE F609/F660, Huawei, MNC, MyRepublic dan bagaimana cara mengatasinya?

Lampu LOS menyala merupakan salah satu problem yang sering terjadi untuk para pengguna modem rumahan salah satunya Indihome ini. Saya sendiri sering mengalami hal ini sehingga saya tidak bisa menikmati akses internet. Sebelumnya alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tentang penyebab dari Modem GPON LOS ini.

Penyebab Modem LOS Merah

Untuk penyebabnya sebenarnya beragam, namun yang pasti kabel terputus adalah salah satu penyebab yang sering terjadi. Berikut adalah penyebab lampu indikator LOS merah pada modem menyala:
  • Kabel sambungan internet terputus - Baik kabel patch cord (kabel kuning yang ada di rumah) / drop core (kabel pada tiang) yang terputus semuanya akan menyebabkan error ini terjadi. Ketika saya sekolah dan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dulu di Telkom, para teknisi yang bergerak di bidang maintenance akan menyambung ulang kabel yang terputus tersebut dengan splicer fiber optik (splicing) dan biasanya yang umum terjadi kabel terputus adalah pada bagian Optical Distribution Point (ODP).
  • Adanya gangguan dari ISP - Ketika adanya gangguan atau adanya perbaikan dari pihak ISP maka hal ini wajar sekali terjadi, Anda hanya perlu menunggu sampai proses perbaikan selesai. Biasanya proses perbaikan hanya berlangsung selama beberapa jam. Kecuali jika memang parah paling lama satu hari.
  • Kabel longgar - Bisa saja kabel penghubung longgar atau tidak terpasang dengan benar. Silakan Anda cek kembali seluruh kabel yang terpasang pada modem. Selain itu, pastikan Anda juga mengecek sambungan antara kabel drop core dan patch cord yang biasanya ditutupi oleh kotak kecil bernama roset.
  • Kabel rusak - Karena sekarang Indihome sudah menggunakan kabel fiber optik yang bahannya berasal dari serat kaca, biasanya FO ini mudah sekali rusak/pecah jika tertekuk atau adanya benturan keras. Bisa juga kabel yang tersambung pada modem Anda sudah tidak layak pakai. Para teknisi dari Telkom biasanya akan mengecek status kelayakan kabel melalui aplikasi iBooster.
Untuk mengetahui apakah ada kabel yang terputus ataukah sedang ada perbaikan dari ISP, maka di bawah ini merupakan kiat-kiat yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui hal tersebut.

1. Bertanya Pada Tetangga Yang Menggunakan Layanan Yang Sama

Jika Anda memiliki tetangga yang menggunakan layanan yang sama dengan Anda, Anda tanya apakah mengalami hal yang serupa? jika iya berarti dari ISP sedang ada perbaikan terlebih lagi jika masalah ini terjadi pada cuaca yang ekstrim. Anda juga bisa cek keluar rumah atau jika Anda berpergian, silakan lihat apakah di jalan ada perbaikan internet atau tidak.

Baca Juga : Kumpulan Password & Username Modem ZTE F609 IndiHome Terbaru

2. Tunggu Beberapa Jam Hingga Satu Hari

Jika Anda benar-benar yakin bahwa sedang ada perbaikan dari ISP maka Anda tunggu sampai semuanya selesai. Anda mungkin harus bersabar untuk sementara waktu karena tidak bisa mengakses internet.

3. Jika Tak Kunjung Selesai, Segera Laporkan Masalah

Adapun jika Anda yakin sebelumnya ada perbaikan namun ternyata masalah tidak kunjung selesai dalam waktu satu hari silakan Anda melapor ke pihak ISP. Namun, jika Anda yakin tidak ada gangguan Anda tidak butuh waktu satu hari untuk melaporkannya

Baca Juga : Terbukti Cara Mempercepat Koneksi Interrnet Wifi Indihome Ampuh 100%

Setelah Anda mengetahui penyebabnya dan ternyata penyebabnya bukan karena kabel longgar pada modem atau adanya perbaikan, maka Anda membutuhkan jasa para teknisi dari ISP yang Anda gunakan. 

Berikut adalah solusi untuk mengatasi lampu LOS merah berkedip pada modem:

1. Gunakan Layanan Call Center

Ini merupakan salah satu tindakan tepat pertama yang harus Anda lakukan, karena Anda tidak akan bisa melakukannya sendiri. Silakan gunakan layanan call center agar masalah Anda segera diperbaiki oleh para teknisi yang ahli di bidangnya. Jika Anda pengguna layanan Indihome, call center yang dapat Anda hubungi adalah 147.
Cara mudah mengatasi lampu indikator LOS berwarna merah menyala serta berkedap-kedip pada modem Wi-Fi Indihome seperti ZTE F609/F660, Huawei, MNC, MyRepublic dan apa penyebabnya?
Sumber : http://www.indihomepasuruan.com/
Baca Juga : Cara Mengganti Password WiFi Indihome Lewat HP Android dan PC

Jika Anda memiliki kenalan dengan teknisi, saya sarankan untuk langsung saja mengkontak teknisi yang Anda kenal tersebut karena proses perbaikan biasanya akan lebih cepat, karena ujung-ujungnya pihak plasa Telkom akan menghubungi para teknisi bagian maintenance.

2. Gunakan Layanan Media Sosial

Cara mudah mengatasi lampu indikator LOS berwarna merah menyala serta berkedap-kedip pada modem Wi-Fi Indihome seperti ZTE F609/F660, Huawei, MNC, MyRepublic dan apa penyebabnya?
Sumber : https://thehill.com/
Jika Anda tidak mau habis pulsa hanya untuk melaporkan hal seperti ini, Anda tentu dapat memanfaatkan media sosial dari Telkom sendiri begitu juga untuk ISP yang lain. Di bawah ini adalah sosial media dari Telkom Indihome:
Silakan Anda hubungi salah satu official account dari Indihome, terserah ingin menggunakan yang mana. Pastikan Anda menjelaskan permasalahan Anda dengan detil dan pihak Indihome akan segera memberikan nomor keluhan untuk segera diproses. Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu sampai pihak teknisi datang.

Baca Juga : Password Modem Huawei Indihome Terbaru dan Terlengkap

3. Gunakan Email

Cara mudah mengatasi lampu indikator LOS berwarna merah menyala serta berkedap-kedip pada modem Wi-Fi Indihome seperti ZTE F609/F660, Huawei, MNC, MyRepublic dan apa penyebabnya?
Sumber : https://wallpaperaccess.com/mail
Selain dua cara di atas, Anda juga bisa menggunakan e-mail untuk menghubungi pihak ISP. Adapun alamat e-mail yang dapat Anda hubungi adalah:
E-mail : 147@telkom.co.id
Anda bisa menghubunginya dengan menggunakan layanan e-mail seperti Gmail, Yahoo, dll.

4. Datang Langsung ke Plasa Terdekat

Cara mudah mengatasi lampu indikator LOS berwarna merah menyala serta berkedap-kedip pada modem Wi-Fi Indihome seperti ZTE F609/F660, Huawei, MNC, MyRepublic dan apa penyebabnya?
Sumber : https://ekonomi.bisnis.com/
Jika Anda tidak mau repot dengan cara di atas, Anda cukup datang ke plasa terdekat dan laporkan semua keluhan Anda. Pihak plasa akan menanyakan detil dari pemasalahan yang Anda alami dan terkadang menanyakan alamat agar proses perbaikan lebih mudah dilakukan. Setelah itu, mereka akan menghubungi teknisi kemudian memberitahu Anda tentang perihal "kapan" para teknisi akan datang ke rumah Anda.


Apakah Saya Harus Membayar Para Teknisi Dalam Mengatasi Masalah Ini?

Jawabannya tidak, Anda tidak perlu membayar sepeser pun kepada teknisi hanya untuk memperbaiki masalah LOS ini. Mengapa? karena mereka sudah digaji untuk itu dan ini memang merupakan pekerjaan mereka. Namun, jika Anda tidak tega melihat para teknisi yang naik tangga panas-panasan maka boleh saja jika Anda ingin memberikan uang tip dan minum untuk mereka karena mereka juga manusia :). Tentunya hal ini akan berbuah pahala bagi Anda.

Kesimpulan

Jadi inti dari masalah ini adalah perihal kabel yang terhubung ke modem. Jika kabel longgar maka Anda bisa perbaiki sendiri, namun jika kabel terputus/rusak maka Anda cukup memanggil para teknisi untuk datang. Saya sarankan Anda lebih baik melaporkan masalah melalui nomor teknisi langsung/media sosial. Karena menurut pengalaman saya, kedua cara tersebut adalah yang tercepat responnya.

Mungkin itu saja untuk mengatasi lampu los merah menyala pada modem, saya harap artikel ini dapat membantu Anda. Jika Anda memiliki solusi lain jangan sungkan untuk berkomentar di bawah dan tentunya bagikan artikel ini jika bermanfaat. Terima kasih...