MWF6NGx4MGZ5MWp7NqNcMqpcMSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

[SOLVED] 4 Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled

Cara mengatasi Windows Script Host access is disabled on this machine, Contact your administrator for details layar hitam (wscript.exe/cscript.exe) dan pada smadav.
KacaTeknologi.com - Jika Anda mendapati pesan "Windows Script Host access is disabled on this machine, Contact your administrator for details" pada Windows 7/8/10 mungkin artikel ini adalah artikel yang tepat untuk Anda baca karena Anda akan menemukan cara untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Windows Script Host.

Biasanya Anda akan menerima pesan ini ketika mencoba menjalankan skrip .vbs atau java. Jika Anda menggunakan antivirus tambahan pada komputer Anda, mungkin fitur Windows Script Host ini akan otomatis dimatikan ketika antivirus berjalan. Alasannya karena, skrip .vbs/java ini terkadang mengandung perintah yang dapat membuat komputer menjadi error atau bahkan sudah terinfeksi virus.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua skrip ini berbahaya untuk perangkat Anda malahan tidak sedikit aplikasi/game yang perlu menjalankannya. Untuk menjalankannya tentu Windows Script Host harus berada dalam kondisi aktif.

Cara Memperbaiki Windows Script Host Access Is Disabled On This Machine

Cara mengatasi Windows Script Host access is disabled on this machine, Contact your administrator for details layar hitam (wscript.exe/cscript.exe) dan pada smadav.
Windows Script Host atau WSH adalah teknologi yang diciptakan oleh Microsoft yang menyediakan kemampuan scripting seperti file batch, tetapi mencakup lebih banyak fitur. Script tersebut dapat dijalankan langsung dari desktop dengan mengklik dua kali file skrip, atau dari command prompt. Hal ini dapat dijalankan dari protected-mode Windows-based host wscript.exe, atau real-mode command shell-based host cscript.exe.

Baca Juga : [SOLVED] 9 Cara Mengatasi Api-Ms-Win-Crt-Runtime-l1-1-0.dll Is Missing

Beberapa "malware" telah dilaporkan menggunakan objek WSH untuk penyebaran virusnya, mereka yang tidak memerlukan fitur ini, cenderung akan menonaktifkannya. Tetapi menonaktifkan WSH, akan mencegah pengguna dalam menjalankan skrip apa pun, termasuk skrip VBScript dan JScript. Namun, beberapa perangkat lunak mungkin mengharuskan fitur ini diaktifkan agar fiturnya dapat bekerja dengan baik.

Adapun untuk cara mengaktifkan dan menonaktifkan Windows Script Host atau WSH ini akan dijelaskan di bawah. Berikut adalah cara mengatasi windows script host access is disabled on this machine pada Windows 7/8/10:

1. Mengaktifkan & Menonaktifkan WSH Melalui Registry Editor

Untuk yang ingin pertama kali saya jelaskan adalah dengan langsung menggunakan registry editor/regedit pada Windows. Pengaturan pada regedit ini akan diterapkan pada seluruh program yang terinstal pada komputer Anda, salah satunya seperti antivirus Smadav. Meskipun terdapat aplikasi yang mencegah WSH namun pada regedit WSH diaktifkan maka aplikasi tersebut tidak akan berbuat apa-apa karena aplikasi memiliki privilege yang lebih rendah. Berikut adalah cara enable & disable Windows Script Host (WSH) pada Windows:
  1. Tekan Windows + R pada keyboard kemudian ketikkan regedit lalu tekan enter.
  2. Sekarang pergi ke: 
  3. HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows Script Host\Settings (untuk Wndows 7 ke bawah)
    atau
    HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows Script Host\Settings (untuk Windows 8 ke atas)
  4. Anda akan melihat tulisan Enabled di sebelah kanan, silakan double click file tersebut dan ganti angkanya sesuai yang dijelaskan di bawah ini:
    • Jika Anda ingin mengaktifkan WSH, ubah angkanya menjadi 1.
    • Jika Anda ingin menonaktifkan WSH, ubah angkanya menjadi 0
    Cara mengatasi Windows Script Host access is disabled on this machine, Contact your administrator for details layar hitam (wscript.exe/cscript.exe) dan pada smadav.
  5. Klik OK dan keluar dari registry editor dan pengaturan baru berhasil diterapkan.

Bagaimana Cara Mengatasi Windows Script Host yang Tidak Ada di Regedit?

Untuk Anda yang tidak melihat file Enabled pada folder Settings WSH, maka Anda perlu membuatnya terlebih dahulu. Adapun untuk cara membuat WSH di regedit adalah sebagai berikut:
  1. Masuk ke folder Settings pada regedit sesuai yang dijelaskan di atas ^.
  2. Klik kanan pada sidebar kanan, kemudian arahkan cursor ke tulisan New → lalu pilih DWORD (32-bit) value.
  3. Cara mengatasi Windows Script Host access is disabled on this machine, Contact your administrator for details layar hitam (wscript.exe/cscript.exe) dan pada smadav.
  4. Ganti nama menjadi Enabled dan double click untuk mengganti isinya.

2. Mengaktifkan WSH Pada Smadav

Antivirus buatan Indonesia yaitu Smadav seringkali menonaktifkan fitur WSH Windows ini. Biasanya jika WSH dinonaktifkan oleh Smadav akan muncul pesan "Windows script disabled by Smadav". Jika hal ini sedang Anda alami, maka jangan khawatir karena cara mengatasinya pun cukup mudah.
  1. Klik tray icon ▲yang terdapat di pojok kanan bawah Windows.
  2. Setelah itu, klik kanan pada icon Smadav dan pilih Allow Windows-Script & Office-Macro untuk mengaktifkannya. Adapun tulisan (permanent) berarti WSH akan diaktifkan permanen sedangkan (until restart) WSH akan dinonaktifkan kembali setelah komputer di-restart.
  3. Cara mengatasi Windows Script Host access is disabled on this machine, Contact your administrator for details layar hitam (wscript.exe/cscript.exe) dan pada smadav.
  4. Jika sudah, WSH akan otomatis teraktifkan dan pesan tidak akan muncul lagi.

3. Menggunakan Command Line (CMD)

Anda juga bisa menjalankan dan mematikan WSH menggunakan baris perintah. Silakan ikuti caranya di bawah ini:
  1. Buka Command Prompt (CMD) dalam mode administrator.
  2. Salin kode di bawah ini dan tekan enter untuk setiap baris kodenya.
  3. 1. REG DELETE "HKCU\SOFTWARE\Microsoft\Windows Script Host\Settings" /v Enabled /f

    2. REG DELETE "HKLM\SOFTWARE\Microsoft\Windows Script Host\Settings" /v Enabled /f
  4. Tutup CMD dan silakan cek apakah WSH sudah diaktifkan.

4. Menggunakan System Configuration Windows

Selain ketiga cara di atas, Anda juga bisa memanfaatkan System Configuration Windows untuk mengatasi masalah ini. Berikut caranya:
  1. Tekan Windows + R kemudian ketikkan msconfig lalu tekan enter. Anda juga bisa mengetikkan "System Configuration" pada menu pencarian Windows.
  2. Pada menu General dan pada bagian Selective startup centang kedua kotak yang bertuliskan "Load system services & Load startup items".
  3. Cara mengatasi Windows Script Host access is disabled on this machine, Contact your administrator for details layar hitam (wscript.exe/cscript.exe) dan pada smadav.
  4. Kita masuk ke tab Services, silakan klik "Hide all Microsoft Services" lalu klik "Disable all".
  5. Cara mengatasi Windows Script Host access is disabled on this machine, Contact your administrator for details layar hitam (wscript.exe/cscript.exe) dan pada smadav.
  6. Restart komputer dan seharusnya masalah berhasil teratasi.

Nah mungkin itu saja untuk cara mengatasi WSH yang tidak aktif, saya sudah pernah mencoba caranya dan hasilnya works. Jika cara di atas tidak bekerja untuk Anda mungkin ada penyebab lainnya, silakan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah.
Share This Article :
Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

4571795084962316914