Cara melaporkan dan takedown blog yang copy paste artikel kita ke Google DMCA agar artikel yang terdeteksi duplikat dihapus dan ditindak tegas oleh Google
KacaTeknologi.com - Pada kali ini saya akan memberikan langkah mudah untuk melakukan take down secara massal bagi situs/blog yang mengambil isi konten artikel kita baik dari segi tulisan, gambar, dan sebagainya ke Google DMCA agar ditindak tegas.

Penindakan yang akan dilakukan oleh Google sesuai dengan jenis pelanggaran yang dilakukan. Apabila pelanggarannya termasuk kategori ringan, mungkin Google hanya akan menghapus artikelnya saja. Akan tetapi, jika pelanggaran yang dilakukannya parah maka tidak menutup kemungkinan blognya pun akan ikut terhapus.

Karena saya juga adalah korban "pencurian artikel" maka saya juga geram dengan mereka yang mudahnya main copas saja, sehingga artikel saya pun turun di SERP (Search Engine Result Page). Oleh karena itu, artikel ini akan menjelaskan dengan lengkap tentang bagaimana Cara Lapor Google DMCA Bagi Blog yang Copy Paste Artikel.

Cara Melaporkan Blog yang Melakukan Pencurian Artikel (Copas) ke Google DMCA


Blog copy paste atau lebih dikenal dengan sebutan "copas" adalah blog yang dimiliki oleh orang yang tidak memiliki kreatifitas pada otaknya. Dikarenakan mereka tidak memiliki ide brilian, akhirnya mereka mencuri artikel orang lain tanpa memberikan sumbernya. Hal ini tentu tidak dapat dibiarkan, mengingat dampak yang dihasilkan pun sangat fatal bagi yang melakukan copas dan yang di copas.

Hal yang sangat fatal bagi kita adalah ranking artikel turun di pencarian Google, bahkan jika terlalu banyak artikel yang terdeteksi duplikat oleh robot crawler, bisa-bisa situs kita akan terlempar jauh dan sulit ditemukan lagi di pencarian begitu juga dengan artikel baru yang kita buat dan inilah yang dinamakan dengan Google Sandbox.

Jika Anda juga merupakan korban dari para pencuri artikel dan Anda ingin melaporkannya, maka hal tersebut merupakan tindakan yang sangat tepat. Mari kita basmi mereka sampai ke akar-akarnya! 😒

Apa itu Digital Millennium Copyright Act (DMCA)?

Digital Millennium Copyright Act (DMCA) adalah hukum hak cipta diciptakan dengan tujuan untuk melindungi konten website atau blog dari para pencuri konten/artikel. Jika tetap ada saja yang melanggar, maka pemilik konten berhak melaporkannya ke DMCA sesuai ketentuan yang sudah dibuat. Jika memang laporan diterima, maka pencuri akan langsung ditindak tegas oleh Google.

Berikut adalah cara melaporkan blog copas ke DMCA:

1. Menggunakan Copyright Removal

Untuk melakukannya sangatlah mudah, Anda dapat memanfaatkan fitur Copyright Removal dari Google. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka situs Copyright Removal Google.
  2. Gulir ke bawah sampai Anda menemukan *Required  field. Sesuaikan seperti berikut:
    • First name: Nama awal Anda
    • Last name: Nama akhir Anda
    • Company Name: Nama blog 
    • Copyright holder: Self 
    • Email address: Email Anda 
    • Country/Region: Negara (Indonesia)
    Cara melaporkan dan takedown blog yang copy paste artikel kita ke Google DMCA agar artikel yang terdeteksi duplikat dihapus dan ditindak tegas oleh Google
  3. Jangan lupa untuk menceklis kotak yang bertuliskan "I confirm that I am the copyright holder for the content in question, and I am not filing this notice on behalf of another party.".
  4. Selanjutnya, terdapat 3 form yang harus Anda isi. Silakan perhatikan petunjuk di bawah ini.
    • 1. Identify and describe the copyrighted work: *
      • Jelaskan permasalahan Anda untuk meyakinkan tim Google bahwa artikel Anda benar-benar dicopas. Untuk ini bisa menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.
        • Anda bisa gunakan format kalimat yang saya buat (pilih salah satu):
        1. The site attached below has copied my articles without my permission first.
        2. All of my works has been published by the list of url blogs below without my permission and i want to remove it!
        3. I found that my articles has been duplicated beyond my knowledge by the list of url blogs below.
        4. Saya ingin melaporkan bahwa artikel saya dicuri oleh orang lain tanpa sepengetahuan saya dan saya ingin semuanya dihapus.
        5. Saya menemukan artikel saya diplagiat oleh situs lain dengan tidak menyertakan sumber utamanya. Dengan ini, saya ingin melaporkan situs di bawah agar ditindak tegas.
        6. Mohon ditindaklanjuti situs yang tertera di bawah ini karena sudah menduplikasi pekerjaan saya tanpa izin.
      • 2. Where can we see an authorized example of the work?:
        • Di sini Anda masukkan tautan-tautan artikel Anda yang dicopas (link asli), pastikan link yang dimasukkan hanyalah link yang dicopas saja.
      • 3. Location of infringing material: *
        • Pada bagian ini Anda masukkan daftar link artikel Anda yang dicopas oleh si pencuri.
    Cara melaporkan dan takedown blog yang copy paste artikel kita ke Google DMCA agar artikel yang terdeteksi duplikat dihapus dan ditindak tegas oleh Google
  5. Kemudian pada bagian "Sworn Statements" ceklis semua kotak yang ada.
  6. Lalu pada bagian "Signature" sesuaikan seperti di bawah ini.
    • Signed on this date of: Isi sesuai tanggal saat Anda melapor
    • Signature: Nama Anda
  7. Jika sudah, verifikasi i'm not robot.
  8. Cara melaporkan dan takedown blog yang copy paste artikel kita ke Google DMCA agar artikel yang terdeteksi duplikat dihapus dan ditindak tegas oleh Google
  9. Terakhir klik submit.
  • Melihat Status Laporan
Untuk melihat status apakah laporan sudah ditanggapi atau belum, Anda bisa klik link berikut: Removal Dashboard.
Cara melaporkan dan takedown blog yang copy paste artikel kita ke Google DMCA agar artikel yang terdeteksi duplikat dihapus dan ditindak tegas oleh Google

2. Laporkan Juga Akun AdSense-nya dengan Report a policy violation

Rasanya tidak cukup jika hanya blognya saja yang ditindak, mereka bisa saja memiliki blog yang lain yang sudah diterima program AdSense. Jika akun AdSensenya masih aktif, mungkin pemilik blog akan mengulangi perbuatannya lagi demi mendapatkan pundi-pundi rupiah. Oleh karena itu, ikuti langkah berikut untuk melaporkan akun AdSense ke Google:
  1. Buka halaman Report a policy violation.
  2. Isikan Contact Information seperti pada gambar di bawah.
  3. Cara melaporkan dan takedown blog yang copy paste artikel kita ke Google DMCA agar artikel yang terdeteksi duplikat dihapus dan ditindak tegas oleh Google
    • Silakan masukkan informasi identitas Anda. Sesuaikan pilihan apakah Anda adalah seorang publisher (penayang) atau advertiser (pengiklan), jika tidak diantara keduanya pilih neither.
    • Masukkan AdSense publisher ID Anda, jika pilihannya adalah publisher. 
  4. Selanjutnya, ikuti semuanya seperti yang tertera pada gambar di bawah.
  5. Cara melaporkan dan takedown blog yang copy paste artikel kita ke Google DMCA agar artikel yang terdeteksi duplikat dihapus dan ditindak tegas oleh Google
  6. Untuk bagian Violation details, Anda bisa gunakan kalimat yang sama seperti saat melapor ke DMCA.
  7. Terakhir klik submit untuk melaporkan.

Berapa lama DMCA akan menanggapi laporan kita terhadap blog copas?

Cepat atau lamanya tergantung jumlah permintaan yang masuk ke DMCA. Sama seperti halnya jika Anda memiliki orderan, Anda mungkin akan mendahulukan orang yang sudah order terlebih dahulu dan begitu juga dengan DMCA karena yang memproses adalah manusia bukan robot.

Jika persoalan waktu, biasanya paling cepat adalah sekitar 2-5 hari dan yang paling lama adalah seminggu. Untuk itu, silakan bersabar saja karena nanti permintaan pasti diproses.

Apakah blog yang dilaporkan akan turut dihapus oleh DMCA?

Bisa saja, jika pelanggarannya parah. Jika hanya copas beberapa artikel saja mungkin tidak akan menyebabkan blognya dihapus, namun jika artikel yang dicopas mencapai puluhan atau ratusan tentu kemungkinan besar blognya akan terkena penalti Google dengan cara dihapus.

Pesan saya untuk para pencuri konten

Perlu Anda ketahui, bahwa tindakan mencuri sama sekali tidak dibenarkan. Jika Anda tetap melakukannya hal tersebut hanya akan merugikan diri sendiri. Otak tidak akan berkembang dan Anda tidak memiliki pendirian dalam membangun sesuatu karena selalu bergantung pada hasil orang lain. Jika Anda tidak peduli dengan tulisan saya ini, maka jangan heran jika saya nanti menuntut Anda di akhirat nanti ya :).

Baiklah, cukup sudah pembahasan mengenai DMCA ini. Saya harap tukang copas segera musnah dari dunia blogging dan segera diberikan hidayah oleh yang Maha Kuasa. Semoga artikel ini dapat mencerahkan Anda semua teman-teman blogger sekalian. Mohon bagikan artikel ini jika bermanfaat dan jangan lupa kembali. Terima kasih!