KacaTeknologi.com - Banyak blogger yang menanyakan bagaimana cara menghilangkan iklan Disqus karena mereka merasa terganggu dengan iklan yang ditampilkan pada kolom komentar. Meskipun iklan Disqus bisa menghasilkan uang, jenis iklan yang ditampilkan tidaklah menarik sehingga klik yang didapat juga sedikit.

Awalnya sistem iklan Disqus akan tampil pada situs yang memiliki trafik tinggi. Apabila trafik blog memenuhi syarat yang ditetapkan oleh tim Disqus, mereka akan menghubungi Anda melalui email bahwa situs kita sudah disetujui untuk menampilkan iklan mereka dan kita dapat segera memonetisasi situs.

Kita juga bisa berinisiatif jika dirasa situs kita ini sudah cukup layak untuk menampilkan iklan Disqus dengan memintanya secara langsung kepada tim Disqus. Hal ini sama seperti jika Anda mengajukan situs Anda ke program iklan AdSense, Mgid, Propeller Ads, dsb.

Adapun untuk program iklan yang ditawarkan Disqus, mereka akan membayar Anda melalui PayPal jika saldo pendapatan sudah mencapai ambang batas pembayaran yaitu $100. Setelah itu, barulah Anda bisa menarik uang dari PayPal ke rekening bank lokal.

Jika Anda membicarakan soal kecepatan tentu iklan Disqus ini akan memberatkan blog Anda karena situs akan me-request ke banyak sumber. Namun, hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan fitur lazyload untuk komentar Disqus atau buka tutup komentar Disqus.

Akan tetapi, ternyata untuk sekarang iklan Disqus akan otomatis muncul jika masa trial 30 hari Anda habis. Jika Anda ingin menghilangkan iklan Disqus, maka Anda harus upgrade subscription plan menjadi berbayar setiap bulannya.
Cara menghilangkan iklan Disqus di Blog tanpa harus upgrade akun Disqus / bayar menggunakan script css di Blogger dan Wordpress.
Dari gambar di atas bisa kita lihat, untuk paket langganan Plus Anda harus membayar 9 dollar per bulan, Pro 89 dollar, dan Business bisa Anda sesuaikan sendiri. Untuk menghilangkan iklan harus membayar? Sepertinya hal ini tidak akan dilakukan oleh orang Indonesia termasuk saya sendiri. Jika masih ada cara lain yang dapat kita lakukan mengapa tidak?

Jadi untuk Anda yang ingin menghilangkan iklannya, silakan ikuti cara di bawah ini.

Cara Menghilangkan Iklan Disqus di Blog

  1. Masuk ke dasbor Blogger terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya, pilih Tema.
  3. Kemudian, klik Edit HTML
  4. Cari kode ]]></b:skin> dan letakkan kode berikut ini tepat di atasnya.
  5. iframe[src*="ads-iframe"] { display: none; }
  6. Jika sudah, silakan simpan tema.
  7. Terakhir, untuk memastikannya Anda bisa lihat apakah iklan masih muncul atau tidak.
Jika Anda ingin mendapatkan uang dari iklan Disqus menurut saya kurang efektif, lebih baik Anda mendaftarkan diri untuk mengikuti program iklan ternama seperti AdSense yang jelas cara kerja serta pembayarannya. 

Sekarang terserah Anda, apakah tetap ingin menampilkan iklan Disqus atau tidak. Namun saya pribadi memilih tidak untuk menampilkan karena jenis iklannya yang tidak enak dilihat dan agak sedikit disturbing.

Silakan Anda simpulan sendiri ya..

Mungkin itu saja untuk kali ini, semoga dengan hilangnya iklan Disqus ini membuat tampilan situs kita menjadi lebih bersih kembali. Semoga bermanfaat...