Cara mengaktifkan fitur dark mode / mode gelap WhatsApp di Android dan iPhone iOS 13 dan cara mengubah / mengganti mode WhatsApp dari light mode menjadi dark mode terbaru.
KacaTeknologi.com - WhatsApp akhirnya resmi meluncurkan fitur dark mode untuk pengguna Android dan juga untuk pengguna iOS iPhone. Fitur ini memang sudah direncanakan semenjak mode gelap / dark mode menjadi perbincangan hangat di dunia maya karena tampilan yang sejuk dan dapat menghemat konsumsi daya smartphone.

Seperti yang kita ketahui hampir semua situs dan aplikasi seperti Youtube, Instagram, Twitter dll sudah tersedia mode dark mode meskipun belum semuanya mendukung. Contohnya seperti Instagram yang dapat digunakan dalam mode dark mode apabila versi Android yang digunakan minimal versi 9.

Nah, adapun untuk WhatsApp fitur dark mode resmi menjadi salah satu bagian dari aplikasinya. Sehingga, untuk Anda yang versi Android-nya dibawah versi 9 tetap bisa mengaktifkan fitur dark mode asalkan aplikasi sudah ter-update.

Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode WhatsApp di Android dan iOS


1. Pada Android

Untuk mengaktifkannya di Android, silakan ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Pastikan Anda sudah memperbarui aplikasi WhatsApp Anda melalui Google Play Store.
  2. Selanjutnya, silakan buka aplikasi WhatsApp Anda.
  3. Apabila aplikasi sudah terbuka, klik titik tiga yang terdapat di pojok kanan atas kemudian pilih Setelan.
  4. Cara mengaktifkan fitur dark mode / mode gelap WhatsApp di Android dan iPhone iOS 13 dan cara mengubah / mengganti mode WhatsApp dari light mode menjadi dark mode terbaru.
  5. Pada menu setelan akun, silakan pilih Chat.
  6. Cara mengaktifkan fitur dark mode / mode gelap WhatsApp di Android dan iPhone iOS 13 dan cara mengubah / mengganti mode WhatsApp dari light mode menjadi dark mode terbaru.
  7. Jika sudah masuk menu chat, pada bagian Tampilan silakan pilih Tema dan ganti dari mode terang ke mode gelap.
  8. Cara mengaktifkan fitur dark mode / mode gelap WhatsApp di Android dan iPhone iOS 13 dan cara mengubah / mengganti mode WhatsApp dari light mode menjadi dark mode terbaru.
  9. Klik OKE untuk menyimpan perubahan.
  10. Seharusnya WhatsApp sudah berubah menjadi mode gelap.
  11. Cara mengaktifkan fitur dark mode / mode gelap WhatsApp di Android dan iPhone iOS 13 dan cara mengubah / mengganti mode WhatsApp dari light mode menjadi dark mode terbaru.

2. Pada iOS / iPhone

Untuk Anda pengguna iPhone iOS 13, Anda hanya perlu mengubah pengaturan tampilan yang tertera pada iPhone Anda saja. Jika pengaturan tampilannya sudah dirubah ke versi gelap maka otomatis semua aplikasi akan berubah menjadi gelap termasuk WhatsApp.

Terdapat dua cara untuk mengaktifkannya pada iPhone / iOS 13.

Cara pertama:

  1. Gulir ke bawah bar bagian atas iPhone Anda.
  2. Selanjutnya, klik pada brightness yang tersedia.
  3. Jika sudah masuk ke dalam brightness, sekarang Anda hanya perlu mengaktifkan Dark Mode yang tadinya off menjadi on.
  4. Cara mengaktifkan fitur dark mode / mode gelap WhatsApp di Android dan iPhone iOS 13 dan cara mengubah / mengganti mode WhatsApp dari light mode menjadi dark mode terbaru.
  5. Silakan cek apakah tampilan WhatsApp berubah.

Cara kedua:

  1. Buka pengaturan iPhone Anda.
  2. Pilih Display & Brightness Option.
  3. Ubah mode dari light menjadi dark.
  4. Cara mengaktifkan fitur dark mode / mode gelap WhatsApp di Android dan iPhone iOS 13 dan cara mengubah / mengganti mode WhatsApp dari light mode menjadi dark mode terbaru.
  5. Seharusnya tampilan WhatsApp berhasil berubah.

Ok mungkin itu saja untuk mengubah mode tampilan WhatsApp di Android dan iPhone. Saya rasa mode gelap ini memiliki banyak manfaat seperti menghemat baterai, membuat mata lebih nyaman, dan tentunya tampilan menjadi lebih elegan. Jadi bagaimana, mode gelap ini keren kan? silakan berkomentar jika ingn mengungkapkan pendapat ya!