Kacateknologi.com - Semakin parahnya wabah Virus Corona saat ini menjadi ancaman serius maka dari itu kita diwajibkan untuk tetap berada dirumah dan menjaga jarak satu sama lain banyak cara yang sudah dianjurkan agar kita terhindar dari wabah ini kita bisa memantau daerah rawan dengan menggunakan bantuan aplikasi virus corona selain itu saat ini kita bisa melacak keberadaan virus corona melalui Aplikasi Pelindung Diri dimana aplikasi ini bisa melacak keberadaan virus corona. 



aplikasi ini baru saja resmi dirilis beberapa waktu lalu oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika ( Menkominfo ) dimana aplikasi tersebut bernama Peduli Lindungi yang saat ini sudah bisa kita unduh melalui Google Playstore.

Apa itu Aplikasi Peduli Lindungi?

Aplikasi Peduli Lindungi untuk melacak keberadaan corona, aplikasi pelindung diri untuk mendapatkan informasi virus corona, aplikasi corona

Aplikasi Peduli Lindungi adalah aplikasi yang dirancang oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo ) dan juga Kementrian BUMN dan juga digunakan oleh gugus tugas dalam mengatasi wabah virus corona di Indonesia.

Dan saat ini aplikasi peduli lindungi sudah bisa diunduh melalui google playstore secara gratis.

Bagaimana Cara Kerja dari Aplikasi Peduli Lindungi?

Cara kerja dari aplikasi ini sangatlah sederhana dimana tujuan dikembangkannya aplikasi ini sendiri yaitu untuk memutus rantai penyebaran virus corona yang ada di Indonesia, cara kerjanya sendiri dengan mengandalkan kepedulian dan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasi pada saat berpergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita virus corona dapat dilakukan.

Selain itu aplikasi ini juga menggunakan bluetooth untuk saling bertukar informasi yang dibutuhkan, pertukaran data sendiri bisa terjadi dengan gadget lain ketika radius bluetooth yang juga terdaftar didalam aplikasi Peduli Lindungi ini.

Sobat juga bisa terus mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi ini pada saat sobat harus terpaksa berpergian keluar rumah menggunakan fasilitas umum seperti bus, kereta, atau tempat keramaian lainnya.

Dengan mengunduh aplikasi ini kemudian sobat berpartisipasi didalam aplikasi Peduli Lindungi ini, otomatis sobat sudah membantu pemerintah untuk menghentikan pergerakan virus corona agar tidak semakin menyebar.

Amankah Aplikasi Peduli Lindungi? 

Soal keamanan tidak perlu diragukan, karena aplikasi ini dikekola secara langsung oleh Kominfo dan Kementrian BUMN dimana data para pengguna dijamin keamananya serta kerahasiaan data pribadi pengguna datanya sendiri akan dienkripsi dan tidak akan dibagikan ke orang lain dan datanya sendiri hanya akan diakses apabila si pengguna berada di dalam tempat yang rawan terinfeksi virus corona dan harus dihubungi oleh petugas kesehatan.

Sampai saat ini aplikasi Peduli Lindungi ini telah diunduh lebih dari 1 juta orang diseluruh Indonesia.