Cara melihat Barcode WhatsApp di HP sendiri untuk Android dan Ios terbaru. Serta cara login dan logout WhatsApp web PC/laptop lewat HP dengan mudah.
KacaTeknologi.com - WhatsApp memang selalu menarik untuk dibahas karena aplikasi berbagi pesan ini memiliki fitur beragam yang hebat. Aplikasi ini memiliki pengguna sekitar 1,5 milyar orang dari 180 negara lebih yang selalu aktif menggunakannya. Hal ini tentu dikarenakan kemudahan penggunaan WhatsApp dalam berbagai platform baik itu smartphone atau komputer. Kali ini saya ingin membahas tentang bagaimana cara melihat barcode WhatsApp (WA) sendiri agar bisa digunakan pada komputer.

Agar WhatsApp Anda bisa digunakan di PC maka Anda perlu mengintegrasikannya terlebih dahulu antara WhatsApp pada smartphone Anda dengan WhatsApp Web. Anda juga harus memastikan bahwa kedua platform yang akan digunakan harus memiliki koneksi internet yang aktif, karena jika salah satunya tidak aktif maka sambungan WhatsApp akan terputus.

Sebelumnya saya ingin memberitahu para pembaca sekalian, jika Anda menyebut kode yang berbentuk kotak adalah "Barcode" maka itu merupakan penyebutan yang kurang tepat. Penyebutan yang tepat untuk kode tersebut adalah "QR Code". Mari simak gambar di bawah ini untuk melihat perbedaannya.
Untuk yang sebelah kiri itu adalah Barcode dan yang sebelah kanan adalah QR Code. QR Code memiliki fungsi yang lebih luas dibandingkan dengan barcode sehingga perusahaan sekelas WhatsApp pun menggunakan QR Code untuk hal ini.
Untuk yang sebelah kiri itu adalah Barcode dan yang sebelah kanan adalah QR Code. QR Code memiliki fungsi yang lebih luas dibandingkan dengan barcode sehingga perusahaan sekelas WhatsApp pun menggunakan QR Code untuk hal ini.

Namun karena banyaknya pencari tahunya barcode, maka saya akan tetap menuliskan judul dan sub judul menggunakan kata barcode ya!

Cara Melihat Barcode WhatsApp (WA) di HP Sendiri

Artikel kali ini akan menjelaskan cara masuk ke WhatsApp Web atau aplikasi WhatsApp desktop dengan memindai kode QR menggunakan HP Anda. Kemudian WhatsApp akan menghubungkannya dengan smartphone yang sedang aktif digunakan. Apabila sudah selesai dalam menggunakannya, Anda bisa membiarkannya tetap login atau logout. 

Berikut adalah cara melihat Barcode / QR Code WhatsApp (WA) sendiri di Android / iOS:

1. Buka WhatsApp Web Pada Komputer

Untuk yang pertama, Anda bisa buka terlebih dahulu WhatsApp Web nya dengan link berikut: https://web.whatsapp.com/ pada browser. Untuk Anda yang menggunakan aplikasi desktop, Anda bisa membuka aplikasinya yang sudah terpasang pada komputer. Setelah WhatsApp Web / WhatsApp Desktop terbuka, Anda akan melihat halaman depan dari WhatsApp dan tertera QR Code  di sana. Kode tersebut lah yang nanti akan dipindai oleh aplikasi WhatsApp yang ada di HP Anda.

Baca Juga : Cara Melihat Pesan WhatsApp (WA) yang Sudah Dihapus

2. Buka WhatsApp di HP Android / iOS Anda

Pastikan bahwa aplikasi WhatsApp Anda juga sudah terpasang di HP Anda. Jika Anda belum membuat akun, Anda harus memasukkan nomor telepon yang akan didaftarkan terlebih dahulu. Kemudian, Anda akan menerima kode verifikasi akun. Setelah itu, Anda hanya perlu memasukkan kode yang diterima dan aplikasi WhatsApp sudah dapat digunakan dan Anda bisa langsung melanjutkannya ke tahap di bawah.
  1. Sekarang buka aplikasi WhatsApp di HP Anda.
  2. Klik garis tiga / titik tiga yang terdapat di bagian pojok kanan atas, kemudian klik WhatsApp Web.
  3. Klik garis tiga / titik tiga yang terdapat di bagian pojok kanan atas, kemudian klik WhatsApp Web.

3. Arahkan Pemindaian Kamera HP ke Barcode / QR Code ke WhatsApp Web atau WhatsApp Desktop

Langkah ini merupakan bagian ini cara melihat barcode WhatsApp (WA) di HP sendiri. Karena tanpa melakukan cara ini, Anda tidak akan bisa melihat QR Code pada HP Anda 
  1. Setelah Anda mengklik menu WhatsApp web tadi, Anda akan diarahkan ke halaman utama pemindaian kode. Silakan arahkan kamera HP Anda ke QR Code yang tertera.
  2. Pastikan Anda memindai kodenya tepat di bagian tengah kotak yang tersedia dan tahan selama beberapa detik sampai WhatsApp mengenali kodenya.
  3. Pastikan Anda memindai kodenya tepat di bagian tengah kotak yang tersedia dan tahan selama beberapa detik sampai WhatsApp mengenali kodenya.
  4. Jika sudah, maka Anda akan diarahkan ke halaman chat utama persis seperti yang ada di HP Anda.
  5. Jika sudah, maka Anda akan diarahkan ke halaman chat utama persis seperti yang ada di HP Anda.
Jika Anda mengirim pesan WhatsApp melalui komputer, maka perubahan tersebut akan berlangsung juga pada aplikasi WhatsApp di HP Anda (realtime).

Baca Juga : Cara Mengirim Pesan WhatsApp Tanpa Simpan Kontak Penerima

Apakah ponsel harus tetap terhubung ketika membuka WhatsApp Web / WhatsApp Desktop?

Tentu! seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika Anda ingin membuka WhatsApp di komputer maka Anda harus memastikan bahwa WhatsApp di HP Anda juga terhubung. Keduanya harus memiliki koneksi internet, jadi tidak bisa hanya salah satu saja. 

Jika Anda perhatikan pada halaman utama WhatsApp ketika berhasil login, Anda akan melihat pemberitahuannya langsung bahwa Anda diharuskan menjaga ponsel agar tetap terhubung untuk bisa menggunakannya.
Jika Anda perhatikan pada halaman utama WhatsApp ketika berhasil login, Anda akan melihat pemberitahuannya langsung bahwa Anda diharuskan menjaga ponsel agar tetap terhubung untuk bisa menggunakannya.

Bagaimana cara mengatasi loading lama ketika scan Barcode / QR Code di Whatsapp Web?

Ketika Anda mengarahkan kamera ponsel ke kode QR WhatsApp dan loadingnya lama, maka hal tersebut disebabkan karena beberapa hal diantaranya:
  • Koneksi internet terputus atau tidak stabil.
  • Salah satu diantara perangkat yang digunakan gagal terintegrasi.
Solusinya, Anda bisa menutup aplikasi Whatsapp dan nyalakan mode pesawat pada HP Anda. Kemudian, Anda bisa refresh halaman WhatsApp Web untuk mendapatkan kode QR yang baru. Setelah itu, Anda bisa lakukan pemindaian ulang seperti biasa.

Bagaimana caranya agar WhatsApp Web di PC tetap terhubung / login dengan HP kita? 

Jika Anda perhatikan pada bagian bawah QR Code, Anda akan mendapati tulisan "Keep me signed in". Jika Anda menceklis kotak di samping tulisan tersebut, maka Anda akan tetap login meskipun browser ditutup dan begitupun sebaliknya.
Jika Anda perhatikan pada bagian bawah QR Code, Anda akan mendapati tulisan "Keep me signed in". Jika Anda menceklis kotak di samping tulisan tersebut, maka Anda akan tetap login meskipun browser ditutup dan begitupun sebaliknya.

Bagaimana cara logout WhatsApp Web dari PC / Komputer yang kita gunakan?

Untuk keluar dari WhatsApp Web agar tidak terhubung secara terus menerus, Anda bisa lakukan cara berikut:
  1. Buka WhatsApp Web pada komputer Anda.
  2. Klik titik tiga di bagian sudut kanan atas.
  3. Klik Log out.
  4. Buka WhatsApp Web pada komputer Anda. Klik titik tiga di bagian sudut kanan atas. Klik Log out.

Bagaimana cara melihat logged devices WhatsApp di HP Android / iOS?

Setelah Anda login menggunakan WhatsApp Web, Anda bisa melihat perangkat yang terhubung dengan akun Anda. Anda juga akan melihat kapan waktunya dan apa jenis perangkatnya. Untuk mengetahuinya silakan ikuti cara di bawah ini:
  1. Buka aplikasi WhatsApp di HP Anda.
  2. Klik titik tiga di sudut kanan atas.
  3. Klik WhatsApp Web dan Anda akan melihat daftar perangkat yang terhubung.
  4. Klik tanda + untuk menambahkan perangkat baru.
  5. Buka aplikasi WhatsApp di HP Anda. Klik titik tiga di sudut kanan atas. Klik WhatsApp Web dan Anda akan melihat daftar perangkat yang terhubung. Klik tanda + untuk menambahkan perangkat baru.
  6. Anda juga bisa log out dari WhatsApp Web melalui HP, dengan cara klik pada salah satu perangkat yang terhubung kemudian klik Log out.
  7. Anda juga bisa log out dari WhatsApp Web melalui HP, dengan cara klik pada salah satu perangkat yang terhubung kemudian klik Log out.
  8. Klik "Log out from all devices" jika Anda ingin keluar dari semua perangkat yang pernah terhubung sebelumnya.

Nah mungkin itu saja untuk cara melihat barcode WhatsApp (WA) di HP sendiri terbaru. Bagikan artikel ini jika bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.