Kacateknologi.com - Membuka sebuah program pada laptop ataupun komputer tidak selamanya berjalan mulus, terkadang ada saja gangguan yang kita dapatkan seperti halnya Aplikasi Yang Tidak Bisa Ditutup ketika kita ingin keluar dari aplikasi yang sedang kita gunakan, aplikasi tidak bisa ditutup ini biaanya terjadi pada aplikasi desktop yang sudah kita install, lantas bagaimana cara mengatasinya? saya akan berbagi pengalaman pribadi saya tentang bagaimana cara menutup aplikasi yang tidak bisa ditutup di windows.

jika biasanya kita mengalami masalah aplikasi yang tidak bisa dibuka maka terkadang terjadi juga kita tidak bisa menutup aplikasi yang sedang kita buka, dan berikut ini adalah caranya

Cara Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Bisa Ditutup di Windows

ada beberapa faktor yang menyebabkan suatu aplikasi tidak bisa kita tutup secara normal seperti ;
  • Aplikasi Not Responding
  • Kinerja Komputer atau Laptop Terlalu berat
  • spesifikasi laptop atau komputer kurang mensupport
sedangkan dalam kasus aplikasi yang tidak bisa ditutup ini saya seringkali mengalami masalah seperti halnya aplikasi not responding hal ini disebabkan karena komputer ataupun laptop yang kita gunakan sudah mencapai suhu yang tidak sehat dengan kata lain hardware yang kita gunakan sudah terlalu panas dan butuh waktu untuk istirahat.

Bagaimana Cara Mengatasi Aplikasi Yang Not Responding

Karena penyebab utamanya adalah suhu dari komputer atau laptop yang berlebih maka yang biasa saya lakukan adalah melakukan pembersihan pada perangkat hardware yang ada seperti melakukan pembersihan pada heatsink dan juga melakukan pemeliharaan pada processor pada komputer serta menambahkan thermal paste pada processor dimana si thermal paste ini berfungsi setidaknya memberikan rasa adem kepada processor yang kita gunakan.

Penyebab Umum Terjadinya Aplikasi Yang Tidak Bisa Ditutup

Perlu diketahui tentunya apa saja sih penyebab yang sering terjadi sehingga membuat aplikasi yang ingin kita tutup tidak bisa kita tutup, beberapa penyebabnya sebagai berikut 

1. Masalah Pada Sistem Operasi ( OS )

apabila terjadinya suatu masalah di sistem operasi tentunya akan membuat kinerja software yang ada tidak bisa bekerja secara maksimal sebagaimana mestinya, masalah pada Sistem Operasi ini juga bisa menyebabkan file aplikasi yang sedang kita buka menjadi corrupt dan memicu salah satu penyebab kenapa aplikasi tidak bisa ditutup secara normal.

2. Virus Pada Komputer

Virus, siapa yang tidak tahu tentang bahanya virus komputer, virus ini bisa saja menyerang aplikasi yang kita miliki karena memang itu tugas utamanya apalagi ketika si virus ini menyerang dan membahayan file-file penting yang ada di komputer atau laptop kita.


3. Masalah Harddisk 

Masalah harddisk ( HDD ) kerap kali terjadi juga biasanya harddisk akan mulai bermasalah ketika kapasitas penyimpanannya mulai berkurang dan ruang semakin sedikit untuk bisa menampung data yang ingin kita simpan, salah satu cara yang paling sering saya lakukan yaitu menggunakan harddisk eksternal sehingga bisa membantu kinerja harddisk internal.

4. Masalah RAM

kemudian masalah pada RAM biasanya ada aplikasi yang memakan RAM ( Random Access Memory ) cukup besar sehingga membuat aplikasi berjalan tidak normal dan berjalan melambat.

Nah sobat diatas merupakan beberapa faktor yang seringkali menjadi penyebab kenapa suatu aplikasi tidak bisa kita tutup secara normal, mari kita lanjut tentang Cara Mengatasi Aplikasi Yang Tidak Bisa Ditutup di Windows. 

Menutup Aplikasi Windows Secara Paksa

karena kita tidak bisa menutup suatu aplikasi secara normal, maka kita akan melakukannya secara paksa ya sobat, caranya sebagai berikut ;

 Buka Task Manager


Langkah pertama silahkan sobat langsung buka menu Task Manager jika sudah membukanya maka sobat akan melihat beberapa menu tab kecil di bagian atas, nah untuk menutup aplikasi yang tidak bisa ditutup secara normal kita hanya perlu memilih nama aplikasi yang ingin ditutup, kemudian klik tombol end task sampai disini sobat sudah berhasil untuk menutup aplikasi yang tidak bisa ditutup secara paksa.

Nah sobat, bagaiamana? mudah bukan? selamat mencoba ya sobat.