Kacateknologi.com - Pernahkah sobat mengalami tidak bisa membuka situs ketika sobat ingin berselancar di internet? saya yakin bagi sobat yang sering mengakses internet pernah ingin mengakses suatu website atau situs tetapi tidak bisa mengaksesnya, lantas bagaimana Cara Mengatasi Situs Yang Tidak Bisa di Google? 

sebelum masuk ke inti pembahasan alangkah baiknya kita mengidentifikasi terlebih dahulu, kenapa sih saya tidak bisa membuka situs yang ingin saya akses? ada beberapa hal yang menyebabkan suatu website tidak bisa diakses oleh pengguna diantara lain sebagai berikut

Penyebab Tidak Bisa Mengakses Suatu Website atau Situs

Berikut ini adalah beberapa penyebab yang kenapa kita tidak bisa masuk ke situs tertentu 

1. Koneksi Internet

Pastikan internet yang terhubung ke komputer ataupun android sobat sudah terkoneksi dengan benar, biasanya ketika sambungan internet tidak terlalu baik maka suatu situs tidak akan bisa kita akses dan biasanya muncul sebuah notifikasi pada halaman google chrome.

2. Situs Yang Dilarang

Kedua, bisa saja suatu situs yang ingin sobat kunjungi diblokir oleh pemerintah, dan bisa saja keamanan situs yang di blokir tersebut tidak dijamin keamanannya sehingga kita tidak bisa mengakses situs yang dituju.

3. Faktor HTTPS 

Biasanya akan ada penolakan ketika suatu website dianggap tidak memiliki keamanan yang terjamin sehingga Google Chrome akan mendeteksi situs tersebut tidak aman untuk dibuka.

Diatas merupakan 3 hal yang paling saya temukan ketika teman saya yang bertanya kenapa situs yang saya tuju tidak bisa dibuka, kalau tidak nomor 1 yang jadi penyebab biasanya yang nomor 2 atau 3, lantas bagaimana cara memperbaiki google chrome yang tidak bisa membuka situs ? berikut ini adalah caranya.

Cara Mengatasi dan Memperbaiki Situs Yang Tidak Bisa Dibuka di Chrome

Penyebab paling umum selain nomor 2 dan 3 diatas, saya juga sering menemukan suatu website tidak bisa diakses karena faktor Https dan untuk mengatasi faktor https tersebut, sobat bisa melakukan langkah berikut ini 
  • Cek Koneksi internet
  • Atur tanggal dan waktu ( sesuai dengan hari ini )
  • setelah melakukan langkah pengaturan tanggal dan jam, 
  • Selanjutnya restart komputer sobat. 
Jika setelah direstart masih belum bisa untuk mengakses situs yang kita tuju, berarti sobat harus melakukan pengaturan melalui menu BIOS kemudian atur tanggal dan waktunya juga.

Dan jika masih belum berhasil menggunakan cara pertama, masih ada 1 langkah lagi yang tentunya bisa sobat lakukan guna memperbaiki chrome yang tidak bisa mengakses suatu website, berikut ini caranya
  • klik you can add exception yang biasanya terdapat dibawah menu error
  • tap tombol exception
  • langkah selanjutnya get certificate
  • terakhir sobat bisa tap tombol confirm security exception 
Dan biasanya setelah melakukan langkah terakhir diatas maka sobat bisa kembali membuka situs yang sebelmnya tidak bisa dibuka di Google Chrome, selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya sobat.