Cara Mengirim Chat WhatsApp Tanpa Menyimpan Nomor penerima / nomor kontak. Menggunakan perintah wa.me/nomortujuan atau menggunakan WhatsDirect di PC/Android.
KacaTeknologi.com - Cara mengirim chat WhatsApp tanpa menyimpan nomor penerima di HP kita sangatlah mudah. WhatsApp sendiri merupakan salah satu media pengirim pesan yang sangat populer dibandingkan dengan media yang lain. Semenjak WhatsApp diakuisisi oleh Facebook, kini WhatsApp lebih dikenal oleh banyak orang dan memiliki pengguna hampir 1,5 miliar pengguna aktif dari 180 negara.

Jika Anda ingin mengirim pesan di WhatsApp, maka Anda harus menyimpan nomor penerima terlebih dahulu. Namun bagaimana kasusnya jika Anda ingin mengirim pesan tanpa menyimpan kontak penerima?

Hal itu tentu sangat mudah untuk dilakukan baik menggunakan PC/komputer atau smartphone Android/iOS, jika penasaran silakan ikuti cara yang dijelaskan di bawah ini.

Cara Kirim Chat WhatsApp Tanpa Menyimpan Nomor

Saya akan menunjukan dua cara yang sebenarnya masih menggunakan cara yang sama. Adapun yang ditunjukan adalah platform-nya. Untuk yang pertama menggunakan Android dan yang kedua menggunakan PC.

Berikut cara mengirim pesan WhatsApp tanpa menyimpan kontak:

1. Di Smartphone Android / iOS

  1. Silakan buka aplikasi browser pada HP Anda. Anda bisa gunakan Google Chrome, Mozilla, Opera atau browser yang Anda sukai.
  2. Ketikkan di browser perintah berikut:
  3. wa.me/NomorTujuan → Misalnya wa.me/6282120936598
  4. Pastikan Anda mengganti angka 0 menjadi 62 (kode negara nomor telepon Indonesia). Kemudian klik pada url (yang atas) bukan penelusuran Google.
  5. Pastikan Anda mengganti angka 0 menjadi +62 (kode negara nomor telepon Indonesia). Kemudian klik pada url (yang atas) bukan penelusuran Google.
  6. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman WhatsApp. Silakan Anda klik Chat Dengan / Message untuk memulai mengirim pesan.
  7. Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman WhatsApp. Silakan Anda klik Chat Dengan / Message untuk memulai mengirim pesan.
  8. Kemudian tunggu beberapa saat sampai loading selesai.
  9. Jika sudah, aplikasi WhatsApp akan terbuka pada chat room dengan nomor yang Anda tulis tadi.
  10. Jika sudah, aplikasi WhatsApp akan terbuka pada chat room dengan nomor yang Anda tulis tadi.

2. Di PC / Komputer

Untuk cara kedua ini bisa Anda lakukan menggunakan WhatsApp Web atau WhatsApp Desktop. Diantara keduanya masih sama saja, namun saya akan mencontohkan dengan WhatsApp Web.
  1. Pastikan aplikasi WhatsApp yang ada di HP Anda sudah terhubung ke WhatsApp Web.
  2. Setelah itu, Anda bisa ketikkan perintah berikut di browser:
  3. wa.me/NomorTujuan → Misalnya wa.me/6282120936598
  4. Selanjutnya tekan enter.
  5. Untuk memulai percakapan Anda bisa langsung klik Message.
  6. Untuk memulai percakapan Anda bisa langsung klik Message.
  7. Jika Anda menggunakan WhatsApp Desktop, maka Anda akan langsung diarahkan ke chat room. Namun, apabila Anda menggunakan WhatsApp Web maka Anda bisa mengklik use WhatsApp Web.
  8. Jika Anda tidak menggunakan WhatsApp Desktop, maka Anda akan langsung diarahkan ke chat room. Namun, apabila Anda menggunakan WhatsApp Web maka Anda bisa mengklik use WhatsApp Web.
  9.  Sekarang Anda sudah bisa memulai percakapan.
  10. Sekarang Anda sudah bisa memulai percakapan.

Cara Mengatasi Pesan Tautan Salah di WhatsApp

Jika Anda menerima pesan tautan salah saat mencoba cara di atas berarti ada yang bermasalah. Penyebabnya biasanya:
  • Tidak adanya data atau koneksi internet yang berjalan pada aplikasi WhatsApp. Pastikan koneksi internet Anda stabil.
  • Versi aplikasi yang digunakan adalah versi lawas, Anda harus segera memperbaruinya.

Menggunakan perintah Wa.Me tidak berfungsi, apakah ada cara alternatif nya?

Beberapa pengguna melaporkan bahwa menggunakan perintah wa.me tidak berfungsi ketika dimasukkan di browser. Solusinya Anda bisa copy perintah berikut: https://api.whatsapp.com/send?phone=Nomor Tujuan → Misalkan https://api.whatsapp.com/send?phone=6282120936598 lalu lakukan hal yang sama seperti yang dijelaskan di atas.

3. Menggunakan Aplikasi WhatsDirect

Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat diunduh di Play Store. Namun, sampai saat ini saya masih belum menemukan aplikasi sejenis WhatsDirect untuk Desktop. Jika Anda tetap ingin menggunakan aplikasi WhatsDirect di komputer, maka Anda membutuhkan yang namanya emulator untuk bisa menginstal aplikasi tersebut.
  1. Buka aplikasi Play Store di smartphone Anda.
  2. Cari pada menu pencarian "WhatsDirect".
  3. Silakan unduh dan pasang aplikasi tersebut.
  4. Karena WhatsDirect sudah menyertakan kode negara, maka Anda tidak perlu menuliskan angka 62 lagi di awal nomor. Langsung saja tulis dimulai dari angka 8. Anda juga bisa menambahkan pesan langsung pada aplikasi tersebut.
  5. Karena WhatsDirect sudah menyertakan kode negara, maka Anda tidak perlu menuliskan angka 62 lagi di awal nomor. Langsung saja tulis dimulai dari angka 8. Anda juga bisa menambahkan pesan langsung pada aplikasi tersebut.
  6. Klik Send untuk mulai mengirim pesan. Pesan yang Anda ketik di aplikasi tidak akan langsung terkirim ke nomor penerima, namun Anda perlu menekan tombol kirim di aplikasi WhatsApp langsung. Anda juga boleh mengosongkan isi pesan tersebut.
  7. Sekarang Anda sudah bisa memulai percakapan tanpa menyimpan nomor penerima.
  8. Sekarang Anda sudah bisa memulai percakapan tanpa menyimpan nomor penerima.
Meskipun WhatsDirect ini bukan aplikasi resmi dari pihak WhatsApp, namun Anda tidak perlu khawatir akan keamanan data Anda karena aplikasi ini memiliki kredibilitas yang tinggi.

Mungkin itu saja untuk kali ini. Semoga bermanfaat...