Kacateknologi.com - Sistem Operasi atau dalam bahasa inggris dikenal dengan Operating System ( OS ) adalah sebuah perangkat lunak yang mengatur sumber perangkat keras dan perangkat lunak, bisa disebut juga si sistem operasi ini mengatur kendali pada sebuah komputer ataupun smartphone jika tidak adanya sistem operasi maka sebuah perangkat keras seperti laptop ataupun android tidak akan bisa menjalankan fungsinya, di artikel kali ini saya akan membahas Cara Upgrade Operating System Pada Android Dengan Mudah. 

Sebelum masuk ke inti pembahasan disini tentunya kita wajib tahu dong sistem operasi jenis apa yang sedang kita gunakan? jika sobat berencana mengupgrade atau meningkatkan versi OS pada android sobat saat ini, membaca artikel kali ini adalah langkah yang tepat, perlu diketahui ada beberapa tingkatan sistem operasi atau yang lebih dikenal dengan OS pada androd, sebagai berikut

Urutan Tingkatan Sistem Operasi pada Android

Sejak pertama kali dirilis versi pertamanya pada tahun 2008 silam, kini versi OS pada android sudah semakin berkembang dan tumbuh seiring berjalannya waktu sampai saat ini sudah tercatat ada 15 jenis sistem operasi sesuai urutan nya.

Dan berikut ini adalah urutan sistem operasi sesuai dengan urutan nya 
  • Android 1.0 ( Astro ) dan Android 1.1 ( Bender ) 
  • Android 1.5 ( Cupcake )
  • Android 1.6 ( Donut )
  • Android 2.0-2.1 ( Eclair )
  • Android 2.2 : Froyo ( Frozen Yoghurt )
  • Android 2.3 - Android 2.3.7 ( Gingerbread )
  • Android 3.0- Android 3.2 ( Honeycomb )
  • Android 4.0 ( Ice Cream Sandwich ) 
  • Android 4.1- Android 4.3 ( Jelly Bean )
  • Android 4.4 ( Kitkat ) 
  • Android 5.0-5.1 ( Lollipop ) 
  • Android 6.0 ( Mawshmallow )
  • Android 7.0-7.1 ( Nougat ) 
  • Android 8.0-81 ( Oreo )
  • Android 9.0 ( Pie ) 
nah diatas adalah urutan dari tipe sistem operasi pada android sesuai dengan urutannya sejak pertama kali dirilis pada tahun 2008 silam. 

Mengapa Nama Sistem Operasi Pada Android Identik Dengan Makanan?

saya yakin sobat saat ini yang ingin mengupgrade atau meningkatkan OS Android nya sedikit beratnya-tanya kenapa sih nama sistem operasi di android identik dengan makanan? sistem operasi pada android identik dengan makanan karena bisa memberikan rasa senang kepada setiap pengguna smartphone atau ponsel yang menggunakannya, selain itu sistem operasi pada ponsel juga dapat memuaskan apa yang pengguna cari, begitupula dengan makanan manis yang bisa memberikan kenikmatan atau rasa senang ke setiap orang. 

Nah sobat itulah dia kenapa Sistem Operasi di Android identik dengan nama makanan. 

Fungsi Sistem Operasi pada Android

Jangan hanya tahu tentang tingkatan atau urutan pada sistem operasi, kita wajib tahu juga tentang apa sih fungsi dari sistem operasi itu sendiri? Sistem Operasi berfungsi untuk melakukan kontrol pada perangkat keras seperti CPU, memori, Harddisk, dan beberapa perangkat keras lainnya serta berfungsi juga untuk mengatur perangkat lunak yang terhubung langsung dengan perangkat keras tersebut.

Cara Upgrade Sistem Operasi Pada Android Dengan Mudah

Nah, sobat mari kita masuk ke inti pembahasan dari artikel ini yaitu cara upgrade operating system pada android dengan mudah , silahkan sobat pastikan terlebih dahulu sistem operasi tipe berapa yang saat ini sobat gunakan di smartphone sobat?. 

Jika sudah, silahkan pastikan sobat ingin mengupgrade atau meningkatkannya ke versi yang mana, semua itu tentunya bergantung pada kapasitas atau spesifikasi yang tersedia pada smartphone sobat, cara ini bekerja untuk semua smartphone dan bagi yang ingin melakukan upgrade dari sistem operasi jenis apapun itu, contohnya disini saya ingin mengupgrade OS dari Lollipop ke Marshmallow tentu saja bisa, atau ingin meningkatkan sistem operasi saya dari Oreo ke sistem operasi terbaru saat ini yaitu Pie juga bisa dilakukan.

Dan berikut ini adalah caranya 

1. Masuk Ke Menu Pengaturan 

Cara yang akan saya berikan kali ini hanya terdiri dari 2 langkah, ini merupakan cara paling cepat dan mudah yang tentunya bisa sobat lakukan, silahkan sobat masuk ke menu pengaturan dan pastikan kuota sobat memadai karena kita akan mengupgrade sistem operasi menggunakan kuota internet, atau jika ada koneksi Wifi tentunya lebih bagus.

2. Masuk ke Menu Pembaruan Perangkat Lunak

 Langkah berikutnya setelah masuk menu pengaturan maka masuk ke menu pembaruan perangkat lunak, ketika sobat sudah masuk menu perangkat lunak maka sobat akan melihat sebuah instruksi yang menyatakan sobat bisa meningkatkan sistem operasi pada android sobat, untuk meningkatnnya sobat hanya perlu melakukan tap Upgrade OS Android maka tunggu hingga proses instalasi selesai. 



Nah jika sudah berhasil ketika melakukan upgrade maka akan muncul sebuah notifikasi seperti berikut, artinya disini saya sudah berhasil meningkatkan sistem operasi pada android saya ke versi terbaru yaitu 9.0 ( Pie ) sampai langkah ini sobat sudah berhasil untuk mengupgrade operating system pada android dengan mudah.

semoga bermanfaat ya sobat.