Cara mengatasi Google Chrome yang tidak bisa dibuka / diakses / tidak berfungsi di PC / Komputer / Laptop / Smartphone Android terbaru.
KacaTeknologi.com - Google Chrome adalah salah satu browser yang begitu populer dan mungkin tidak asing di telinga para pengguna komputer dan smartphone. Google Chrome juga sangat ringan untuk digunakan dan memiliki tampilan yang modern. Oleh karena itu, pengguna browser terbanya di dunia ditempati oleh Google Chrome.

Jika Anda adalah pengguna smartphone seperti Android, Google Chrome biasanya sudah terpasang secara otomatis di perangkat Anda sebagai browser bawaan. Dikarenakan Android masih produk milik Google, maka sudah pasti Android akan dihubungkan juga dengan produk-produk Google lainnya, salah satunya yaitu Google Chrome. Namun dengan ketentuan seperti itu, Anda tidak memiliki akses untuk menghapus browser Chrome ini.

Hanya saja, sebagus apapun aplikasi pasti selalu ada bug di dalamnya. Contohnya seperti kasus yang sering dialami oleh banyak pengguna di belahan dunia, yaitu Google Chrome tidak bisa dibuka di PC/Laptop atau smartphone Android.

Cara Memperbaiki Google Chrome Tidak Bisa Dibuka di PC/Laptop/Android


Berikut adalah cara mengatasi Google Chrome tidak bisa dibuka di PC / Komputer / Laptop:

1. Hapus Preferences File

Banyak pengguna yang menyatakan bahwa dengan menghapus file preferences yang ada di folder Chrome dapat mengatasi error ini. Berikut caranya:
  1. Buka File Explorer.
  2.  Masuk ke C:\Users\Nama User\AppData\Local\Google\Chrome\User Data\Default.
  3. Cari file bernama Preferences kemudian tekan delete.
  4. Banyak pengguna yang menyatakan bahwa dengan menghapus file preferences yang ada di folder Chrome dapat mengatasi error ini. Berikut caranya:
  5.  Jika sudah terhapus, silakan buka kembali Google Chrome Anda.

2. Menonaktifkan Layanan yang Tidak Perlu

Terkadang ada saja layanan yang berjalan di latar belakang komputer dan bisa saja ini menjadi salah satu penyebab mengapa Google Chrome tidak bisa dibuka. Ikuti cara di bawah ini untuk menonaktifkan layanan yang tidak diperlukan:
  1. Tekan Windows + R secara bersamaan kemudian ketikkan msconfig lalu tekan enter.
  2. Tekan Windows + R secara bersamaan kemudian ketikkan msconfig lalu tekan enter.
  3. Selanjutnya, klik menu Services → Hide all Microsoft services → Disable all.
  4. Selanjutnya, klik menu Services → Hide all Microsoft services → Disable all.
  5. Dilanjutkan lagi dengan mengklik menu Startup disebelahnya, kemudian klik Open Task Manager → Disable semua layanan yang tersedia → OK.
  6. Dilanjutkan lagi dengan mengklik menu Startup disebelahnya, kemudian klik Open Task Manager → Disable semua layanan yang tersedia → OK.
  7. Restart komputer Anda dan silakan cek apakah Chrome masih bermasalah atau tidak.

3. Menambahkan Perintah -No Sandbox

Cara ketiga ini cukup berfungsi dengan baik bagi kebanyakan pengguna. Anda hanya perlu menambahkan perintah -No Sandbox di akhir direktori file Google Chrome. Seharusnya jika cara ini dilakukan, Google Chrome akan bisa terbuka kembali. 


4. Hapus User Profile pada Chrome

Terkadang user profile sering menjadi penyebab dari error yang terjadi pada Chrome. Solusinya Anda bisa hapus user profile terlebih dahulu kemudian gunakan Chrome kembali.
  1. Tekan Windows + R kemudian paste-kan perintah berikut: %USERPROFILE%\AppData\Local\Google\Chrome\User Data lalu tekan enter.
  2. Copy folder Default dan pindahkan ke penyimpanan lain untuk backup-nya.
  3. Sekarang Anda hapus folder Default tersebut.
  4. Jalankan Google Chrome kembali kemudian pergi ke Setelan → Lanjutan → Atur Ulang / Reset.

5. Perbarui Google Chrome

Chrome tidak bisa dibuka bisa saja disebabkan oleh versi yang lawas atau tidak lengkapnya isi data yang terinstal di komputer. Solusinya Anda bisa menghapus Google Chrome versi lama kemudian pasang versi terbarunya. Cara ini juga dikatakan menjadi cara yang paling ampuh dalam mengatasi masalah yang ada pada Google Chrome.

Berikut link unduhnya: https://www.google.com/intl/id_id/chrome/.

Berikut adalah cara mengatasi Google Chrome tidak bisa dibuka di Android:

1. Hentikan Aplikasi Secara Paksa

Cara yang paling mudah yang dapat Anda coba adalah dengan menghentikan paksa (force stop). Dengan ini aplikasi akan diberhentikan oleh sistem dan ketika dijalankan aplikasi akan memulai semuanya dari awal.
  1. Pergi ke Setelan.
  2. Cari dan klik menu Aplikasi.
  3. Pilih Google Chrome.
  4. Klik Force Stop / Hentikan Paksa.
  5. Cara yang paling mudah yang dapat Anda coba adalah dengan menghentikan paksa (force stop). Dengan ini aplikasi akan diberhentikan oleh sistem dan ketika dijalankan aplikasi akan memulai semuanya dari awal.

2. Hapus Cache Google Chrome

Menghapus cache ini bisa Anda lakukan manual atau bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga. Namun karena kita ingin mengatasi Google Chrome yang error, maka kita gunakan cara manual saja agar lebih praktis dan cepat.
  1. Buka Setelan Android.
  2. Pilih menu Aplikasi pada pengaturan tersebut.
  3. Klik pada aplikasi Google Chrome.
  4. Masuk ke Penyimpanan.
  5. Terkahir klik Bersihkan Cache.
  6. Menghapus cache ini bisa Anda lakukan manual atau bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga. Namun karena kita ingin mengatasi Google Chrome yang error, maka kita gunakan cara manual saja agar lebih praktis dan cepat.
Catatan: Mungkin tahapan di atas dengan tahapan yang ada pada smartphone Anda sedikit berbeda.

3. Hapus Data Google Chrome

Jika tadi kita menghapus cache alias file sampahnya saja, sekarang kita perlu menghapus data pada Google Chrome apabila error masih belum bisa diatasi. Namun dengan catatan, semua data yang tersimpan di browser akan hilang.
  1. Masuk ke Setelan smartphone Anda.
  2. Pilih kembali menu Aplikasi.
  3. Pilih aplikasi Google Chrome.
  4. Kemudian, klik menu Penyimpanan.
  5. Lalu, klik opsi Kelola Penyimpanan.
  6. Selanjutnya, silakan pilih Hapus Semua Data / Clear All Data.
  7. Jika tadi kita menghapus cache alias file sampahnya saja, sekarang kita perlu menghapus data pada Google Chrome apabila error masih belum bisa diatasi. Namun dengan catatan, semua data yang tersimpan di browser akan hilang.

4. Perbarui Google Chrome di Play Store

Yap! Cara terakhir yang dapat Anda gunakan kembali adalah dengan meng-update Google Chrome ke versi terbaru melalui Play Store. Cukup buka aplikasi Play Store → cari Google Chrome → Perbarui aplikasi.

Mungkin itu saja untuk cara mengatasi Google Chrome yang tidak bisa dibuka. Semoga bermanfaat..