Apa itu WhatsApp Mod? Apakah WhatsApp Mod / GB WhatsApp aman untuk digunakan? Apakah WhatsApp Mod / GB berbahaya dan akan diblokir / sudah bisa digunakan?
KacaTeknologi.com / Apakah WhatsApp Mod / GB WhatsApp Aman Untuk Digunakan? - WhatsApp menjadi salah satu aplikasi berbagi pesan populer untuk perangkat ponsel baik dari kalangan Android atau iOS. Meskipun WhatsApp dapat diakses melalui web browser dan juga desktop, namun tetap saja WhatsApp di komputer hanya dapat diakses ketika aplikasi WhatsApp di ponsel sedang aktif.

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi berbagi pesan teks yang aman, namun belakangan ini banyak pertanyaan muncul mengenai versi gelap dari WhatsApp yaitu "Apakah WhatsApp Mod / GB WhatsApp Aman Untuk Digunakan Pada Smartphone?".

Kemudian "Apakah WhatsApp mod berbahaya?" Well, sebelum menjawab pertanyaan tersebut alangkah baiknya Anda memahami terlebih dahulu apa itu WhatsApp Mod.

Apa itu WhatsApp Mod atau GB WhatsApp dan Apa yang Membedakannya

Apa itu WhatsApp Mod? Apakah WhatsApp Mod / GB WhatsApp aman untuk digunakan? Apakah WhatsApp Mod / GB berbahaya dan akan diblokir / sudah bisa digunakan?
Ada beberapa perbedaan mencolok antara versi WhatsApp official dan non-official. Sebagai contoh, Anda mungkin tidak dapat membagikan status video melebihi 30 detik di versi resmi WhatsApp bukan? Apakah Anda dapat mengubah jenis 'tick' ketika pesan Anda sudah terbaca? Atau lebih jauh lagi, apakah Anda bisa menyembunyikan status online Anda dari orang lain? 

Beberapa hal yang ditanyakan di atas adalah salah satu alasan mengapa WhatsApp versi mod ini dibuat. Pihak pengembang WhatsApp mod melihat kekurangan dari aplikasi WhatsApp resmi dan mencoba menyempurnakannya di aplikasi yang mereka buat. Ya, intinya mereka ingin aplikasi yang dibuat lebih kompleks dari aplikasi WhatsApp asli tanpa menghilangkan fitur utamanya.
Jadi, WhatsApp Mod / GB WhatsApp adalah versi aplikasi WhatsApp non-official yang menawarkan berbagai macam fitur menarik serta kebebasan kustomisasi tanpa menghilangkan unsur penting dari versi aplikasi WhatsApp resmi.

Apa Saja Kelebihan WhatsApp Mod / GB WhatsApp Dibandingkan Versi WhatsApp Resmi?

WhatsApp Mod atau GB WhatsApp menawarkan berbagai macam fitur yang menarik yang tidak ada pada WhatsApp resmi seperti yang dijelaskan di bawah ini. Berikut adalah kelebihan menggunakan WhatsApp Mod / WhatsApp GB:
  • Dapat menyembunyikan status online dari pengguna WhatsApp yang lain.
  • Dapat menyembunyikan status typing / menulis.
  • Dapat menghilangkan "blue ticks" agar orang lain tidak tahu bahwa kita sudah membaca pesannya.
  • Anda dapat menyembunyikan "last seen" agar orang lain tidak tahu kapan Anda aktif di WhatsApp.
  • Dapat menyembunyikan profil Anda dari melihat status WhatsApp orang lain.
  • Anda dapat menerapkan tema WhatsApp sesuka hati Anda.
  • Anda dapat mengirim video ke status / chat lebih dari 30 detik.
  • Mengizinkan Anda untuk mengirimkan file yang berukuran besar melebihi batas yang ditentukan.
  • Bisa melihat status yang diprivasi atau disembunyikan.
  • dll.
Melihat daftar kelebihan WhatsApp Mod / GB WhatsApp di atas, kita akui bahwa versi yang satu ini jauh lebih unggul dibandingkan versi aslinya.

Akan tetapi, apakah ada resiko yang akan Anda dapatkan jika menggunakan versi mod?

Kekurangan Serta Dampak Menggunakan WhatsApp Mod / GB WhatsApp

Yang namanya aplikasi pasti terdapat kekurangan di dalamnya. Apapun aplikasinya, siapapun pengembangnya pasti ada saja kekurangannya. Berikut adalah kekurangan menggunakan WhatsApp Mod / GB WhatsApp:
  • Akun WhatsApp Anda akan diblokir / di-banned oleh pihak WhatsApp.
  • Tidak terjaminnya privasi Anda.
  • Cenderung memberatkan ponsel dikarenakan fiturnya yang lebih banyak.
  • Tidak menjamin aplikasinya bebas dari malware.
Dampak yang dihasilkan dari poin di atas melebihi itu semua. Anda tidak pernah tahu apa yang akan dilakukan oleh pihak pengembang. Jika Anda menginformasikan seperti nomor kartu kredit, nomor pin rekening kepada lawan chat, bisa saja datanya mereka ambil tanpa sepengetahuan Anda. Mengerikan? Tentu!

Jadi, Apakah WhatsApp Mod / GB WhatsApp Aman Untuk Digunakan? Apakah Berbahaya?

Menurut beberapa pengalaman pengguna termasuk saya sendiri, WhatsApp Mod / WhatsApp GB dapat berbahaya dan tidak aman untuk digunakan apabila Anda mengunduh versi mod nya bukan dari situs pengembang asli.
Untuk menjawab pertanyaan "Apakah WhatsApp Mod / GB WhatsApp Aman Untuk Digunakan?" saya perlu melakukan riset terlebih dahulu. Keismpulannya menurut beberapa pengalaman pengguna, WhatsApp Mod / WhatsApp GB dapat berbahaya dan tidak aman untuk digunakan apabila Anda mengunduh versi mod nya bukan dari situs pengembang asli. Sebaliknya, jika Anda mengunduh aplikasinya dari pihak pengembang yang asli, maka keamanan untuk digunakan adalah sekitar 50%.

Dari mana saya mendapatkan angka tersebut? Angka tersebut saya dapatkan dari pembahasan banyak orang di forum luar. Mereka mengatakan, ketika menggunakan versi non-official sama sekali tidak terjadi pencurian data, adanya malware, dan sebagainya. Akan tetapi, mereka juga tidak menjamin bahwa aplikasinya benar-benar aman. Maka dari itu, mereka menyimpulkan bahwa menggunakan WhatsApp Mod / WhatsApp GB tingkat keamannnya hanyalah 50% saja.

Menurut Pengalaman Saya WhatsApp Mod / GB WhatsApp Cukup Aman Untuk Digunakan

Perlu diketahui, ini menurut pengalaman pribadi dan pendapat saya tentu tidak sepenuhnya benar. Selama saya menggunakan aplikasi kustom WhatsApp, saya belum pernah mendapati hal yang tidak diinginkan. Adapun akun saya sama sekali belum pernah diblokir oleh pihak WhatsApp. Selain itu, kini pengembang WhatsApp Mod / GB sudah merilis fitur 'anti-banned' yang mana dapat mencegah pemblokiran dari pihak WhatsApp.

Adapun aplikasi WhatsApp Mod / WhatsApp GB anti blokir terbaik yang dapat Anda gunakan adalah, FMWhatsApp, WhatsAppPlus, dan YoWhatsApp. Ketiga versi tersebut cukup aman untuk digunakan sepanjang yang saya tahu.

Kesimpulan

Kesimpulannya, apabila Anda ingin WhatsApp yang benar-benar aman maka saya sangat menyarankan Anda untuk menggunakan versi resmi yang dapat Anda unduh di Play Store. Namun, jika Anda menginginkan WhatsApp dengan berbagai macam fitur kustomisasi dan kebebasan penggunaan, pastinya WhatsApp Mod / GB WhatsApp adalah pilihan yang tepat.

Jadi, apakah WhatsApp Mod / GB WhatsApp aman untuk digunakan? Semuanya kembali kepada diri Anda masing-masing dalam meyakini hal tersebut. Jika Anda cukup yakin bahwa versi ini aman, silakan Anda gunakan tanpa perlu menanyakan lagi kepada yang lain.