Cara Sederhana Menggunakan Fitur Voice Typing atau Dikte di Google, Cara Mudah mengaktifkan fitur dikte atau voice typing, cara mengetik dengan berbicara
Kacateknologi.com - Mengetik suatu dokumen, artikel, skripsi, tugas, atau hal-hal lainnya yang berhubungan dengan mengetik memang tidak disukai oleh semua orang terlebih lagi jika ada tugas skripsi yang cukup panjang dan harus diketik tentunya hal ini memakan waktu yang sangat lama dan tentunya bsia membuat jari keriting bagi yang tidak baisa mengetik hehehe.

Namun jangan khawatir ada satu cara yang bisa diandalkan buat sobat yang memang malas mengetik apalagi jika yang ingin diketiknya panjang lebar maka sobat bisa mengandalkan salah satu fitur dari Google fitur tersebut bernama Voice Typing atau jika diartikan kedalam Bahasa Indonesia bernama Dikte fitur ini banyak mendapat respon positif dari para pengguna karena memang dianggap bisa lebih mempermudah seseorang untuk menyelesaikan suatu pekerjaan terlebih lagi yang berhubungan dengan dunia ketik-mengetik.

Apa Itu Fitur Voice Typing

Sebelum masuk ke inti pembahasan rasanya alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa sih fitur voice typing itu dan apa fungsinya? berikut ini sedikit penjelasan yang harus sobat tahu.

Fitur Voice Typing atau Dikte merupakan sebuah fitur yang disediakan di Google Docs dimana dengan menggunakan fitur tersebut ktia bisa mengetik dokumen panjang lebar tanpa harus mengetik, cukup berbicara maka otomatis apa yang kita bicarakan akan tertulis secara otomatis.

sampai disini saya yakin sobat paham, langsung saja kita ke inti pembahasan ya sobat.

Cara Mengaktifkan Fitur Voice Typing atau Dikte di Google

Dengan menggunakan fitur Voice Typing ini memang membuat siapapun yang menggunakannya merasa terbantu karena kemudahan yang ditawarkan tanpa cape-cape mengetik suatu teks yang panjang lebar, lantas gimana sih cara mengaktifkan fitur Voice Typing atau Dikte ini? langkahnya sangatlah mudah kok sobat, dan berikut ini adalah caranya


1. Buka Google Docs

Yang pertama silahakn sobat buka aplikasi Google Docs di kotak pencarian google, jika sudah silahkan masuk ke Google Docs dan masuk menggunakan akun gmail sobat, setelah login silahkan masuk dan memilih dokumen kosong. 

2. Masuk ke Menu Tool dan Pilih Voice Typing

Setelah membuka dokumen baru silahkan sobat masuk ke menu Tool dan memilih Voice Typing, jika kurang jelas silahkan lihat gambar berikut ini.


Cara Sederhana Menggunakan Fitur Voice Typing atau Dikte di Google, Cara Mudah mengaktifkan fitur dikte atau voice typing, cara mengetik dengan berbicara

Nah diatas sobat akan melihat sebuah menu bertuliskan dikte atau dalam bahasa inggris disebut dengan Voice Typing untuk mengaktifkan dan mulai menggunakan nya, silahkan sobat tinggal mengklik tombol tersebut ya.

Cara Sederhana Menggunakan Fitur Voice Typing atau Dikte di Google, Cara Mudah mengaktifkan fitur dikte atau voice typing, cara mengetik dengan berbicara
Setelah mengklik tombol dikte atau voice typing, maka akan muncul sebuah pop up atau menu kecil seperti gambar diatas, untuk mulai berbicara silahkan sobat klik dan mulai berbicara, maka otomatis fitur voice typing tersebut akan aktif dan mulai mengetik apa yang sobat katakan melalui earphone atau mikrophone.

Jika sudah selesai sobat bisa menyimpan file nya jika memang ingin disimpan, nah sobat bagaimana? mudah bukan? hehe.

Tidak Bisa Menemukan Teks Dikte atau Voice Typing

saya yakin nih bagi sobat yang baru pertama kali menggunakan fitur Voice Typing ini tidak bisa menemukan teks yang bertuliskan voice typing ataupun dikte, ya kan? nah lantas bagaimana sih cara agar si teks Dikte atau voice typing ini muncul? langkahnya sangat sederhana silahkan sobat ketika terlebih dahulu beberapa kalimat kemudian hapus, dan masuk kembali ke menu tool atau alat, maka sobat akan melihat teks bertuliskan dikte ataupun voice typing.

Nah sobat, demikianlah Cara Sederhana Menggunakan Fitur Voice Typing atau Dikte di Google 
dengan adanya fitur ini memang membuat pekerjaan terutama yang berhubungan dengan dunia ketik-mengetik jauh lebih mudah karena kita hanya perlu berbicara untuk menuliskan apa yang ingin ditulis. selamat mencoba ya sobat.