Tips Trik Merawat Laptop Agar Tetap Awet Yang Baik dan Benar, cara merawat laptop dengan baik dan benar, merawat laptop agar tidak lemot
Kacateknologi.com - Laptop merupakan sebuah alat elektronik yang lebih ringan daripada komputer sering juga disebut dengan komputer jinjing, laptop, atau bahkan notebook karena ukuran nya yang ringan si laptop sendiri biasanya memiliki  berat sekitar 1-6 KG tergantung dari bahan dan spesifikasi dari laptop itu sendiri, saya yakin sobat ada yang punya laptop kan? tapi tahu gak sih cara atau Tips Trik Merawat Laptop Agar Tetap Awet Yang Baik dan Benar? 

Saya yakin bagi semua pemilik laptop ini tahu bagaimana cara menggunakan laptop tapi gak tahu bagaimana cara merawat laptop itu sendiri nah pada artikel ini saya akan coba berbagi pengalaman pribadi tentang cara merawat laptop yang kita punya agar laptop selalu terjaga dan tentunya semakin nyaman untuk digunakan.

Tips Trik Merawat Laptop Agar Tetap Awet Yang Baik Dan Benar


Baiklah sobat berikut ini adalah tips trik merawat laptop agar tetap awet yang baik dan benar

1. Jangan Terlalu Sering Bermain Game Berat 

Nah saya yakin bagi sobat semua pasti sering sekali yang namanya bermain game, bermain permainan secara online maupun offline di laptop memanglah sangat menyenangakn, terlebih lagi bermain game bisa menghilangkan rasa stress dan menyegarkan pikiran setelah penat beraktifitas seharian tetapi jika terlalu sering bermain game terlebih lagi permainan yang cukup berat tentunya akan membuat komponen yang ada di laptop menjadi overheat dan bisa menyebabkan baterai laptop jadi bocor.

Berbeda halnya jika sobat memiliki laptop yang mana spesifikasinya memang sudah dperuntukkan untuk bermain permainan berat, jadi alangkah baiknya sobat mengatur waktu kapan harus berhenti saat bermain permainan yang cukup berat.

2. Jangan Menggunakan Laptop di Kasur

Mengoperasikan laptop dari atas kasur memang membuat siapapun yang menggunakan nya terasa nyaman, terkadang bermain di atas kasur bsia sambil istirahat kemudian bisa juga sambil rebahan tetapi dibalik rasa nyaman itu menyimpan bahaya tersendiri bagi kesehetan laptop sobat dimana jika menggunakan laptop diatas kasur tentunya akan membuat sirkulasi udara tidak berjalan lancar dan bisa menyebabkan laptop sobat mengalami overheat.

3. Jauhkan Minuman Dari Laptop

Terkesan sepele ya ketika menyimpan minuman didekat keyboard laptop atau bahkan disamping laptop, tetapi dibalik hal sepele tersebut bisa aja mengundang masalah yang besar ketika tidak sengaja menyenggol dan menumpahkan minuman yang berada di samping laptop atau keyboard yang kita punya, setidaknya ini yang saya alami dimana minuman yang saya simpan tidak sengaja tersenggol dan tumpah ke keyboard laptop tentunya minuman ini merupakan musuh utama dari semua perangkat elektronik, nah alangkah baiknya sobat menjauhkan minuman atau menyimpan di tempat yang aman.

4. Hindari Menaruh Barang Berat di Atas Laptop

Pernah melakukan hal ini? saya yakin sobat pernah ada yang melakukan hal tersebut demikian pula saya, menaruh barang yang berat diatas laptop saya rasa sobat sudah tahu akibatnya tetapi kerap kali kita tidak sadar bahwa hal tersebut berhaya bagi layar laptop yang kita punya, jika beban barang yang ditaruh diatas laptop terlalu berat bukan tidak mungkin barang tersebut bisa merusak layar laptop yang sobat punya.

Baca juga : 5 Software Untuk Mempercepat Kinerja PC

5. Rajin Membersihkan Laptop

Debu sangatlah rentan untuk menempel di setiap benda di laptop salah satunya dimana debu bisa saja menempel walau tidak terlihat oleh mata salah satu langkah tips trik merawat laptop agar tetap awet yaitu dengan rajin membersihkan laptop yang sobat punya, sobat bisa membersihkan laptop dengna cairan pembersih mulai dari layar, keyboard hingga permukaan laptop.

debu yang masuk ke keyboard misalnya bisa saja merusak dan membuat error keyboard itu sendiri, jadi sering-seringkah membersihkan laptop yang sobat punya.

6. Jangan Sembarangan Mengunduh Aplikasi atau Software

Nah yang ini saya rasa cukup penting apalagi bagi laptop baru dimana bawannya tentunya ingin memasamg semua aplikasi yang ada di internet, tetapi jangan gegabah jika ingin mengunduh suatu aplikasi di laptop karena bisa saja aplikasi yang hendak diunduh tersebut mengandung virus didalamnya, tentunya agar laptop kita tetap awet perlu dirawat dengan cara yang baik dan benar untuk menangkal setiap virus yang masuk sobat harus mengunduh antivirus terlebih dahulu.

7. Perhatikan Suhu Laptop 

Memerhatikan suhu dari laptop yang sedang digunakan terkadang memang dianggap sepele dan kerap kali diabaikan padahal sangat wajib rasanya untuk mengontrol suhu dari laptop disetiap penggunannya jangan sampai suhu laptop mengalami overheat atau panas berlebih yang bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan, jadi jangan terlalu lama sobat menyalakan laptop.

8. Gunakan Heatasink Laptop

Berikutnya sobat harus menggunakan heatsink agar performa dan suhu dari laptop sobat tidak panas secara berlebih heatsink ini memang kerap dianggap sepele dan dianggap ribet ketika hendak digunakan atau dibawa ke suatu tempat, tapi dibalik keribetan nya ini heatsink bisa memberikan manfaat bagi laptop sobat untuk mengurangi overheat atau panas berlebih.

9. Matikan Laptop Berurutan 

Mematikan laptop, terkadang saya masih sering melihat ada saja teman saya yang mematikan laptop tidak sesuai urutan nya dalam hal ini masih banyak sekali aplikasi atau program yang terbuka tetapi tidak dia tutup terlebih dahulu melainkan langsung mematikan laptop tanpa menutup program yang masih dibuka tersebut.

10. Isi Baterai Laptop Dengan Benar

Mengisi baterai laptop alangkah baiknya ketika persentase si baterai laptop tersebut berada diangka 15% jangan membiarkan laptop baru dicharge ketika daya baterai tersisa 5% karena hal tersebut bisa saja memperpendek umur baterai laptop yang sobat punya.

11. Gunakan Laptop ditempat Yang Datar

Jangan sesekali sobat menggunakan laptop ketika permukaan untuk menaruh laptop tidak datar, sangat disarankan untuk menggunakan laptop ditempat yang datar ya sobat karena bisa saja piranti yang terdapat di laptop saling bergoresan satu sama lain yang tentunya bisa berakibat fatal.

12. Jangan Terburu-buru Menutup Layar Laptop

Kebiasaan yang sering kita lakukan setelah menggunakan laptop salah satunya adalalah langsung menutup si layar laptop padahal butuh waktu beberapa menit sebelum menutup layar laptop hal ini dilakukan untuk menghilangkan panas terlebih dahulu.

13. Pasang Antivirus 

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merawat laptop agar tetap awet ini dengan memasang antivirus didalamnya karena dengan adanya antivirus otomatis laptop akan aman dari ancaman virus berbahaya yang sewaktu-waktu bisa saja menyerang laptop yang kita puinya.


Nah sobat demikianlah Tips Trik Merawat Laptope Agar Tetap Awet Yang Baik Dan Benar ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk merawat laptop diatas sudah saya sebutkan ada 13 point yang bisa sobat lakukan sendiri dirumah tentunya semoga bermanfaat ya sobat.