Cara mengatasi error xinput1_3 dll is missing & was not found from your computer saat bermain game PES, GTA, COD, di Windows 7, 8, 8.1, dan 10.
KacaTeknologi.com - Bagaimana cara mengatasi error "The program can't start because xinput1_3.dll is missing from your computer" atau "xinput1_3.dll was not found"  di Windows 7, 8, 8.1, 10? Error ini biasanya terjadi ketika bermain game seperti Pro Evolution Soccer atau PES 2017, PES 2018, PES 2019, PES 2020, dst serta tidak menutup kemungkinan hal ini terjadi juga pada konsol game yang lain seperti GTA V atau Call Of Duty.

Ada beberapa pesan error yang sering terjadi seperti berikut:
  • The program can't start because xinput1_3.dll is missing from your computer. Try reinstalling the program to fix this problem.
  • There was a problem starting xinput1_3.dll. The specified module could not be found.
  • Error loading xinput1_3.dll. The specified module could not be found.
  • The code execution cannot proceed because xinput1_3.dll was not found. Reinstalling the program may fix this problem.
  • Xinput1_3.dll is either not designed to run on Windows or it contains an error. Try installing the program again using the original installation media or contact your system administrator or the software vender for support.
Penyebab xinput1_3.dll is missing / was not found from your computer:
  • Adanya "glitch" yang terjadi pada PC / komputer Anda.
  • Anda belum memasang atau memperbarui versi DirectX di komputer Anda.
  • Program / Aplikasi bermasalah (biasanya dikarenakan "corrupt" ketika instalasi atau proses pengunduhan berjalan).
  • Driver kartu grafis tidak mendukung game / aplikasi untuk dijalankan.
  • System32 tidak dapat membaca file xinput1_3.dll.
  • Versi Windows tidak mendukung game / aplikasi untuk dijalankan.
Setelah mengetahui beberapa penyebabnya di atas, alangkah baiknya Anda mengecek ulang poin yang mana yang belum Anda penuhi atau yang sekiranya memang menjadi penyebab utama. Jika sudah, silakan Anda perhatikan cara mengatasinya di bawah ini.

Berikut adalah cara mengatasi error The program can't start because xinput1_3.dll is missing / was not found from your computer:

1. Restart Komputer

Loh kok harus restart sih? Meskipun hal ini terlihat sepele bagi Anda namun Anda mungkin tidak tahu bahwa terkadang komputer sering mengalami yang namanya "glitch". Hal ini terjadi karena ada beberapa komponen utama sistem tidak bekerja dengan baik sehingga berdampak pada komponen yang lainnya. Dalam masalah ini, xinput1_3.dll terkadang sering hilang sendiri entah kemana, namun ketika komputer sudah Anda restart maka xinput1_3.dll kembali berada di tempatnya. 

Jadi, silakan Anda restart komputer Anda terlebih dahulu sebelum melangkah ke cara selanjutnya.

2. Reinstall & Update DirectX

Reinstall & Update DirectX
DirectX merupakan salah satu komponen penting dalam masalah ini. Jika pada komputer Anda belum terpasang DirectX, silakan Anda instal terlebih dahulu dan jika pada komputer Anda sudah terpasang silakan Anda instal ulang.

Apabila versi dari DirectX yang terpasang pada komputer adalah versi lama, maka saya sangat menyarankan Anda untuk memperbaruinya ke versi terbaru. Hanya saja, versi terbaru DirectX mungkin akan menambah berat performa PC Anda jika tidak diiringi dengan spesifikasi komputer yang memadai.

Adapun untuk cara menginstalnya bisa Anda perhatikan di bawah. Berikut adalah cara menginstal dan memperbarui DirectX:
  1. Kunjungi situs resmi DirectX Microsoft.
  2. Klik tombol Download yang tertera pada halaman.
  3. Buka file hasil unduhan tadi pada komputer Anda.
  4. Silakan Anda ikuti prosedur instalasi yang diminta sampai DirectX berhasil terpasang.
  5. Jika instalasi sudah selesai, silakan Anda jalankan game / aplikasi yang bermasalah tadi dan seharusnya masalah berhasil teratasi.
Untuk memperbaruinya, cukup Anda mengunduh versi terbaru saja dan nanti versi lama akan otomatis tergantikan.

Untuk cara lengkapnya + gambar bisa Anda lihat artikelnya di sini: Cara Mengatasi Xinput1_3.dll Is Missing.

3. Install Ulang Game / Aplikasi yang Bermasalah

Anda disarankan untuk menginstal kembali game / aplikasi yang bermasalah. Mungkin saja program korup saat proses download atau instalasi berlangsung. Jika Anda memiliki dua buah komputer, saya sarankan Anda untuk memasangnya pada komputer Anda yang satu lagi. Apabila pada komputer lain program dapat dijalankan dengan baik, berarti tidak ada masalah dengannya. Namun, jika ternyata program sama-sama tidak dapat dijalankan maka ada masalah dengan programnya.

Dalam menghapus program agar semua komponen ikut terhapus dengan baik, mungkin "uninstaller program" bawaan saja tidak cukup. Oleh karena itu, saya sarankan Anda untuk menggunakan aplikasi Advanced Uninstaller Pro. Aplikasi tersebut dapat menghapus sebuah program sampai ke akar-akarnya meskipun program sangat sulit dihapus sekalipun.

Kemudian jika ternyata Anda sudah melakukan hal tersebut dengan baik namun masalah tak kunjung selesai, bisa saja masalahnya ketika proses download berlangsung. Jika Anda memiliki waktu luang, silakan Anda coba untuk mengunduh ulang programnya.

4. Unduh File Xinput1_3.dll Dari Dll-Files.com

Dll-files.com adalah salah satu situs yang menyediakan file dll dengan komplit. Di sana terdapat ribuan bahkan puluhan ribu file dll yang dapat Anda unduh dengan gratis. Anda dapat mengunduh file yang sekiranya hilang atau tidak ada pada perangkat komputer Anda contohnya xinput1_3.dll ini. Silakan ikuti cara di bawah ini untuk mengunduh file xinput1_3.dll dari dll-files.com:
  1. Kunjungi situs Dll-Files.com.
  2. Scroll down sampai Anda menemukan tombol Download file-nya.
  3. Setelah file berhasil Anda download, sekarang copy dan paste file-nya ke path berikut: C:\Windows\System32 dan C:\Windows\SysWOW64.
  4. Jika sudah silakan mulai ulang PC Anda dan jalankan kembali program yang bermasalah tadi.

5. Copy File Xinput1_3.dll Dari Komputer Lain

Dikarenakan banyaknya versi dll yang disediakan Dll-files.com, hal tersebut akan membuat kita bingung file mana yang akan bekerja. Cara mudahnya Anda bisa copy file xinput1_3.dll ini dari komputer yang lain. Karena file yang terdapat pada komputer tersebut sudah tentu kompatibel dengan sistem operasi Windows yang Anda gunakan.

6. Perbarui Graphics Card Driver Komputer

Menurut beberapa pengguna, error Xinput1_3.dll ini dapat disebabkan karena driver kartu grafis Anda. Driver Anda mungkin masih versi lawas dan Anda dapat memperbaiki masalah ini dengan memperbarui driver kartu grafis Anda.

Untuk melakukan itu, kunjungi situs web produsen kartu grafis Anda dan unduh driver terbaru untuk model yang sesuai dengan komputer yang Anda gunakan. Setelah driver Anda berhasil diperbarui, masalah ini seharusnya dapat teratasi dengan baik.

Mungkin mencari driver secara manual agak sedikit membingungkan, tetapi jika Anda ingin memperbarui kartu grafis Anda secara otomatis, saya sarankan Anda untuk mencoba TweakBit Driver Updater atau Driver Pack untuk instalasi driver secara penuh.

7. Pastikan Xinput1_3.dll Berada di Folder SysWOW64

Anda mungkin sudah memiliki file xinput1_3.dll ini di folder System32, tetapi Anda juga perlu memastikan bahwa file ini berada pada folder SysWOW64. Langkah mudahnya bisa Anda ikuti di bawah:
  1. Silakan masuk ke direktori C:\Windows\System32.
  2. Copy file xinput1_3.dll yang terdapat di folder System32.
  3. Setelah itu, paste file xinput1_3.dll ke folder C:\Windows\SysWOW64.
  4. Pastikan Xinput1_3.dll Berada di Folder SysWOW64
  5. Jika sudah, silakan mulai ulang PC Anda.

8. Update Versi Windows Anda

Anda perlu memperbarui versi Windows menjadi versi terbaru atau ke versi yang sekiranya mendukung game / aplikasi untuk dijalankan. Contohnya seperti ini, misalkan Anda ingin bermain game PES 2020 yang setidaknya membutuhkan spesifikasi komputer yang lumayan serta versi Windows 7 ke atas. Namun bagaimana jika Anda menggunakan Windows XP? Tentu game tidak dapat dijalankan. 

Jadi, silakan Anda perbarui versi Windows ke versi yang mendukung.

9. Jalankan SFC dan DISM Scan

Seperti yang kita ketahui, scan SFC dan DISM ini terbukti ampuh dalam mengatasi error yang sering terjadi pada komputer. Pada masalah ini juga berlaku demikian. Hanya saja, yang Anda harus ketahui mengenai scan ini adalah perihal waktunya yang lama.

SFC dan DISM scan dapat memakan waktu paling sebentar 15 menit. Namun pada beberapa komputer, scan ini jauh lebih lama dari itu yang bisa memakan waktu sekitar 1-2 jam. Saya tekankan lagi, ketika Anda menjalankan scan ini Anda harus sabar menunggu dan jangan sekali-kali mematikan komputer / laptop dengan paksa karena hal tersebut hanyalah memperburuk keadaan.

Untuk caranya bisa Anda lihat pada artikel ini NO. 9: Cara Scan SFC dan DISM.

Mungkin cukup sekian tentang cara mengatasi error xinput1_3.dll is missing / was not found from your computer di Windows 7, 8, 8.1, dan 10 pada game seperti Pro Evolution Soccer (PES), Grand Theft Auto (GTA), Call Of Duty (COD), atau aplikasi dan program lainnya. Bagikan artikel ini jika bermanfaat dan silakan berkomentar jika ada yang ingin ditanyakan. Terima kasih!