Cara aktivasi / mengaktifkan Shopee Paylater di Android, iOS, dan PC / komputer terbaru. Serta cara verifikasi ktp, wajah, pembayaran, & syarat menggunakannya.
KacaTeknologi.com - Cara aktivasi Shopee Paylater di Android & PC sangatlah mudah dilakukan bagi para pengguna Shopee yang gemar berbelanja online. Anda mungkin terbiasa belanja online karena kemudahan yang ditawarkannya. Dimulai dari tidak perlu keluar rumah, pembelian yang praktis, serta benefit lainnya yang tidak dapat disebutkan.

Tetapi, apakah Anda pernah mengalami suatu kondisi dimana Anda ingin belanja online namun uang atau saldo ShopeePay tidak mencukupi untuk membeli barang yang diinginkan? Dalam hal ini Anda dapat memanfaatkan layanan yang ditawarkan Shopee yaitu Shopee Paylater.

Mengenal Fitur Shopee Paylater


Apa itu Shopee Paylater? Shopee Paylater adalah salah satu layanan peminjaman saldo yang ditawarkan oleh Shopee kepada para penggunanya agar dapat menggunakan saldo pinjaman tersebut untuk membeli produk Shopee dan Shopee akan memberkan pinjaman secara instan yang bernilai dari Rp.750.000 sampai Rp.1.000.000 atau bahkan lebih sesuai dengan seberapa tinggi tingkat transaksi pembelian yang Anda lakukan.

Semakin sering aktivitas belanja Anda di Shopee, maka nilai pinjaman pun akan semakin besar. Pinjaman tersebut dapat memudahkan Anda untuk melakukan transaksi di aplikasi Shopee dalam kurun waktu 1 bulan tanpa bunga atau bisa dengan fasilitas cicilan 2x atau 3x per bulan tanpa memerlukan kartu kredit. Pada Shopee Paylater terdapat limit dalam menggunakannya, namun Anda dapat mengajukan penambahan limit kepada pihak Shopee untuk Shopee Paylater yang terdaftar pada akun Anda.

Jadi cara menaikan limit Shopee Paylater adalah dengan memperbanyak aktivitas belanja Anda pada aplikasi Shopee.

Keuntungan dan Syarat yang Harus Dipenuhi Pada Shopee Paylater


Lalu mengapa Anda harus menggunakan Shopee Paylater? Menurut pendapat orang-orang, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika menggunakan fitur baru ini. Berikut adalah keuntungan menggunakan Shopee Paylater:
  • Dapat membeli barang terlebih dahulu dan bayar belakangan alias ngutang online :D.
  • Pinjaman Shopee Paylater dapat digunakan untuk semua jenis keperluan.
  • Anda bisa mendapatkan limit pinjaman maksimal sampai Rp.1.800.000.
  • Pembayaran yang fleksibel dan jelas.
  • Bisa berhutang tanpa bunga untuk sekali bayar dan dengan bunga yang minim untuk fitur cicilan.
Adapun jika Anda ingin menggunakan fitur Shopee Paylater pada aplikasi Android, iPhone, atau PC Anda perlu memenuhi syarat yang dijelaskan di bawah. Berikut adalah syarat agar bisa menggunakan Shopee Paylater:
  • Akun Shopee harus terdaftar dan terverifikasi serta memiliki identitas yang benar.
  • Akun Shopee minimal sudah berumur 3 bulan.
  • Akun Shopee harus sering digunakan bertransaksi, minimal sebulan sekali.
  • Anda harus memiliki aplikasi Shopee terbaru yang dapat diperbarui melalui Play Store atau App Store.
Jika Anda sudah memenuhi persyaratan yang telah disebutkan di atas, silakan Anda coba untuk membeli barang dengan nominal di bawah Rp. 1.000.000 dan pilih Shopee Paylater sebagai metode pembayaran. Apabila Shopee Paylater masih belum tersedia di akun Anda, berarti akun Anda masih belum memenuhi syarat. Inilah yang menyebabkan mengapa menu Shopee Paylater tidak muncul di aplikasi yang digunakan.

Baca Juga : 3 Cara Mengubah Username & Nama Toko di Shopee

Jika Anda ingin mengaktifkan Shopee Paylater di akun baru, pastikan akun baru tersebut memenuhi syarat menggunakan Shopee Paylater.

Syarat dan Ketentuan Belanja Menggunakan Shopee Paylater


Sebelumnya ada beberapa poin penting yang harus Anda ketahui mengenai syarat dan kentuan dalam berbelanja menggunakan fitur Shopee Paylater:
  • Checkout harus sesuai dengan limit yang ada pada akun Anda.
  • Anda wajib memiliki KTP / KITAS serta berusia minimal 17 tahun. Jadi mengenai cara mengaktifkan Shopee Paylater untuk pelajar harus lah pelajar yang memenuhi persyaratan tersebut.
  • Anda tidak dapat mengaktifkan Shopee Paylater tanpa KTP karena pihak Shopee hanya menerima KTP / KITAS saja.
  • Anda tidak diperbolehkan untuk mengubah metode pembayaran atau membatalkan pesanan selama pengajuan penambahan limit sedang berlangsung / diproses.
  • Shopee Paylater tidak dapat digunakan untuk membeli produk yang termasuk pada kategori "Voucher" dan "Produk Digital".

Cara Aktivasi Shopee Paylater Terbaru di Android, iOS, dan PC

Sekali lagi, Shopee Paylater hanya dapat diaktifkan oleh para pengguna terpilih saja yang sudah memenuhi syarat yang telah disebutkan di atas. Proses verifikasi Shopee Paylater ini diawasi secara langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Berikut adalah cara mengaktifkan Shopee Paylater terbaru untuk semua platform:

1. Buka Aplikasi Shopee

Silakan Anda buka aplikasi Shopee terlebih dahulu yang bisa diakses melalui smartphone atau komputer.

2. Klik Menu Saya → ShopeePayLater

Setelah aplikasi Shopee berhasil Anda buka, selanjutnya Anda perlu masuk ke menu Saya lalu pilih menu ShopeePayLater yang terdapat diantara menu lainnya. 
Setelah aplikasi Shopee berhasil Anda buka, selanjutnya Anda perlu masuk ke menu Saya lalu pilih menu ShopeePayLater yang terdapat diantara menu lainnya.

3. Klik Tombol Aktifkan Sekarang

Kemudian Anda hanya perlu mengklik tombol Aktifkan Sekarang untuk segera mengaktikan fitur Shopee Paylater ini.
Kemudian Anda hanya perlu mengklik tombol Aktifkan Sekarang untuk segera mengaktikan fitur Shopee Paylater ini.

4. Masukkan Kode Verifikasi / Kode OTP

Setelah Anda melewai langkah ketiga, Anda akan dikirim Kode OTP ke nomor HP yang terdaftar di akun Anda kemudian klik Lanjut. Silakan masukkan kode tersebut dan jangan memberikan kodenya kepada siapapun karena alasan keamanan.
Setelah Anda melewai langkah ketiga, Anda akan dikirim Kode OTP ke nomor HP yang terdaftar di akun Anda kemudian klik Lanjut.

5. Upload Foto KTP dan Foto Diri Beserta KTP

Silakan unggah foto KTP Anda berserta diri Anda alias selfie sambil menunjukan foto KTP sebagai cara verifikasi wajah di Shopee Paylater. Lalu Anda foto kembali KTP bagian belakang menggunakan kamera belakang HP Anda dan pastikan gambar terambil pada frame yang telah disesuaikan.
Silakan unggah foto KTP Anda berserta diri Anda alias selfie sambil menunjukan foto KTP sebagai cara verifikasi wajah di Shopee Paylater.

6. Tunggu Proses Verifikasi

Anda hanya perlu menunggu proses verifikasi. Biasanya proses ini memakan waktu selama 2 hari kerja. Setelah itu, Anda bisa cek pada bagian notifikasi apakah verifikasi yang dilakukan berhasil atau tidak.
Anda hanya perlu menunggu proses verifikasi. Biasanya proses ini memakan waktu selama 2 hari kerja.
Selesai deh dan Anda sudah bisa menggunakan Shopee Paylater untuk keperluan Anda. Biasanya ketika Shopee Paylater diaktifkan seringkali muncul masalah yang tidak diinginkan.

Baca Juga : 2 Cara Top Up ShopeePay Melalui ATM Mandiri Online Mudah

Masalah yang sering muncul adalah perihal Shopee Paylater hilang dari menu aplikasi. Shopee Paylater hilang dikarenakan menurunnya pembelian yang Anda lakukan, Anda tidak pernah membuka aplikasi Shopee dalam waktu yang cukup lama, atau terdapat identitas yang tidak sesuai dengan akun Anda pada verifikasi yang dilakukan.

Jika Shopee Paylater hilang terus menerus, silakan Anda kontak saja Customer Service Shopee.

Cara Menonaktifkan atau Menghapus Shopee Paylater

Jika Anda ingin menghapus atau menutup fitur Shopee Paylater dari perangkat dan akun Anda, caranya pun masih sama yaitu dengan menghubungi Customer Service Shopee. Anda juga dapat menghubungi mereka melalui email dan telepon.
E-mail : support@shopee.co.id
E-mail : 1500702

Bagaimana Sistem Pembayaran dan Tagihan di Shopee Paylater?

Sistem pembayaran dan tagihan pada Shopee Paylater ini mirip dengan kartu kredit, setelah Anda bertransaksi menggunakan Shopee Paylater Anda akan diwajibkan membayarnya sesuai periode yang dipilih pada saat bertransaksi. Shopee sendiri menyatakan bahwa bunga Shopee Paylater ini sangat minim sehingga Anda tidak perlu khawatir terbebani karena bunga tersebut.

Biasanya keterangan batas tanggal pembayaran terdapat di bawah total yang harus dibayar. Metode pembayaran Shopee Paylater dapat dilakukan menggunakan ShopeePay, Alfamart, Indomaret, M-Banking, Transfer Bank, dan metode lainnya seperti yang digunakan saat ingin belanja menggunakan Shopee.

Nah bagaimana gampang kan? Sekarang Anda bisa ngutang online deh. Pastinya Anda harus menggunakan fitur ini sebaik mungkin dan jangan pernah membeli barang yang tidak Anda perlukan. Hal ini guna menghindari tagihan yang melonjak di akhir bulan. Itulah cara aktivasi Shopee Paylater terbaru. Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat!