Bagaimana cara memperkecil / compress / mengecilkan ukuran video di Adobe Premiere Pro saat export untuk produksi video seperti Youtube? KLIK DISINI!
KacaTeknologi.com - Adobe Premiere Pro merupakan salah satu aplikasi edit video terbaik yang banyak digunakan oleh para Youtuber bahkan sampai perusahaan film atau animasi. Hal menarik dari Adobe Premiere Pro adalah mengenai kemudahannya, tampilannya, dan juga fiturnya yang tidak bisa disebutkan. Namun, karena Adobe Premiere Pro mampu mengeluarkan video kualitas tinggi, tak jarang ukuran videonya menjadi besar. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara memperkecil ukuran video di Adobe Premiere Pro terbaru.

Cara kompres / compress ukuran video di Adobe Premiere Pro tanpa mengurangi kualitas videonya sangatlah mudah dilakukan. Ada beberapa cara yang dapat Anda coba dimulai dari mengurangi bitrate sebelum melakukan export video, mengkompresnya menggunakan aplikasi tambahan seperti Handbrake atau Videopad, dan mengubah format video yang dapat mengecilkan ukuran video menjadi lebih sempurna.

Cara Memperkecil Ukuran Video di Adobe Premiere Pro


Metode ini sangat cocok dilakukan terutama bagi Anda yang ingin mengecilkan ukuran video untuk Youtube. Selain itu, cara yang dijelaskan di bawah juga sangat berguna agar size video Adobe Premiere Pro kecil ketika di-export.

1. Mengurangi Bitrate Video

Bitrate merupakan salah satu faktor terpenting dalam kualitas video. Dengan nilai bitrate yang tinggi, maka resolusi video yang dihasilkan pun tinggi. Hanya saja, bitrate yang terlalu tinggi justru akan menghasilkan ukuran video yang cukup besar. Oleh sebab itu, Anda perlu menyesuaikan pengaturan bitrate ini sesuai kebutuhan.
  1. Buka aplikasi Adobe Premiere Pro Anda.
  2. Silakan Anda pilih Project yang akan diekspor videonya, shortcutnya adalah dengan menekan CTRL + M.
  3. Setelah itu, Anda akan melihat jendela baru dari Adobe Premeire. Silakan perhatikan pada menu Export Settings → pilih Video → Bitrate Settings → perkecil angka pada Target Bitrate [Mbps] sesuka hati Anda. Agar ukuran video yang dihasilkan Adobe Premiere Pro sangat kecil namun tidak mempengaruhi kualitas video, saya sarankan Anda mengatur nilai bitrate menjadi 2.
  4. Bitrate merupakan salah satu faktor terpenting dalam kualitas video. Dengan nilai bitrate yang tinggi, maka resolusi video yang dihasilkan pun tinggi
  5. Jika sudah silakan Anda lihat Estimated File Size yang terdapat di bagian bawah, kemudian klik Export jika ukuran video sesuai dengan yang Anda inginkan.

2. Mengubah Format Video Menjadi H.264

H.264 adalah teknologi kompresi video, atau codec, yang dikembangkan oleh International Telecommunications Union dan International Organization for Standardization/International Electrotechnical Commission Moving Picture Experts Group. Format H.264 dikatakan mampu mengkompres ukuran video lebih sempurna dibandingkan format video yang lain.
  1. Masih lakukan hal yang sama yaitu buka aplikasi Adobe Premiere Pro Anda.
  2. Silakan pilih Project yang akan Anda export.
  3. Pada saat jendela export terbuka, pada bagian Export Settings pilih formatnya H.264.
  4. H.264 adalah teknologi kompresi video, atau codec, yang dikembangkan oleh International Telecommunications Union dan International Organization for Standardization/International Electrotechnical Commission Moving Picture Experts Group.
  5. Anda juga dapat mengurangi bitrate video seperti yang dijelaskan di atas agar hasilnya lebih maksimal.
  6. Silakan export videonya dan lihat hasilnya.

3. Gunakan Aplikasi Pengkompres Video Seperti Handbrake

Ada cara alternatif lainnya yang dapat Anda gunakan untuk mengecilkan ukuran video di Adobe Premeire salah satunya adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi ini cara kerjanya masih sama dengan cara pertama di atas, yaitu menurunkan nilai bitrate pada video. Hanya saja dengan aplikasi ini cukup memakan waktu yang lebih lama lagi karena Anda perlu me-render video sebanyak dua kali.

Mengenai cara menggunakan Handbrake, bisa Anda lihat caranya di sini.

Nah itulah cara mengecilkan ukuran video di Adobe Premiere Pro terbaru saya harap artikel ini dapat membantu Anda menyelesaikan masalah ukuran yang terjadi pada video Anda. Semoga bermanfaat!