Cara Mengatasi Harddisk Eksternal Tidak Terbaca di Windows 7,8 dan 10
Kacateknologi.com - Bagaimana cara mengatasi harddisk eksternal yang tidak terbaca di windows 7,8 dan 10? tidak terbacanya harddisk eksternal ini memang menjadi masalah yang cukup serius bagi para pengguna komputer ataupun laptop karena harddisk eksternal biasanya digunakan untuk menyimpan data-data penting dan biasa digunakan sebagai tempat untuk membackup data juga.

Nah tentunya akan sangat ribet jika Harddisk eksternal yang kita punya tidak terbaca saya pun pernah mengalami hal tersebut lalu bagaimana cara mengatasinya? ktia akan membahasnya pada artikel kali ini.

Penyebab Tidak Terbacanya Harddisk Eksternal 

sebelum membahas cara mengatasinya alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa sih penyebab tidak terbacanya harddisk eksternal? berikut ini adalah beberapa penyebabnya.

  1. Windows Tidak mengenali Drive, terkadang ketika harddisk disambungkan ke komputer atau laptop windows tidak bisa mendeteksi adanya perangkat baru yang masuk bisa jadi sistem bermasalah.
  2. Masalah pada Port USB , bisa menjadi salah satu penyebab kenapa hdd eksternal tidak terbaca baik di laptop atau komputer
  3. USB Harddisk longgar, pastikan terlebih dahulu agar kabel usb yang tersambung ke harddisk sudah kencang dan tidak longgar.
  4. Efek Terjatuh, seperti yang kita tahu harddisk eksternal ini sangat rentan akan sebuah guncanngan, apalagi sampai terjatuh ini bisa mengakibatkan bad sector.
  5. Harddisk Sudah Tua, bisa jadi harddisk yang cukup berumur menjadi salah satu penyebabnya.

Cara Memperbaiki Harddisk Eskternal Yang Tidak Terbaca

Jika sudah tahu penyebab yang membuat hdd eksternal tidak terbaca, mari kita lanjut ke cara memperbaiki harddisk eksternal yang tidak terbaca.

1. Install Ulang Driver Harddisk

Cara Mengatasi Harddisk Eksternal Tidak Terbaca di Windows 7,8 dan 10

Ketika sebuah perangkat beru disambungkan otomatis sistem windows akan mendeteksi kalau ada tamu yang masuk, tapi terkadang ada sistem windows yang tidak bisa mendeteksi harddisk eksternal ini termasuk di windows 10, mengatasinya silahkan reinstall driver pada laptop atau komputer.

jika sudah silahkan restart ulang komputer sobat kemudian sambungkan kembali harddisk eksternal.

2. Bersihkan dan Ganti Port USB

Biasanya masalah utama terdapat pada port usb, dimana slot USB bisa jadi kotor dan berdebu sehingga membuat sambungan USB tidak terdeteksi silahkan sobat bersihkan lubang USB dari kotoran atau debu dan coba pindahkah sambungan USB ke slot yang lain.

3. Ganti Kabel Casing Harddisk Eksternal

Jika tidak ada masalah pada port USB di laptop atau komputer, silahkan sobat coba ganti kabel usb yang terdapat di casing harddisk eksernal bisa jadi kabel usb casing yang membuat windows tidak mampu membaca driver baru.


4. Cek Driver Harddisk Eksternal

Pastikan kembali harddisk eksternal sobat sudah terpasang, jika belum biasanya terdeteksi dengan tanda seru berwarna kuning untuk memeriksanya sobat bisa memeriksanya melalui menu device manager. 

5. Gunakan Fitur Disk Management

kita juga bisa memanfaatkan fitur yang memang dikhususkan untuk mengatasi masalah driver eksternal yang tidak terbaca di windows, salah satunya adalah harddisk eskternal.

  1. ketikkan kata kunci "disk" di search engine windows
  2. kemudian pilih "Create and format harddisk parititon"
  3. akan muncul sebuah jendela baru yaitu computer management, disini sobat bisa melakukan berbagai macam hal yang ingin dilakukan dan disini sobat bisa meakukan format pada harddisk. 
nah sobat itulah dia beberapa cara yang bisa dilakukan oleh sobat untuk mengatasi harddisk yang tidak terbaca di windows 7,8 maupun 10 jika masalah yang saya alami membersihkan port usb yang kotor merupakan hal yang efektif, semoga harddisk sobat bisa kembali digunakan.