Cara menulis kalimat Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam, Allah Subhanahu Wa Ta'ala, Radhiyallahu Anhu, Rahimahullah, Azza Wa Jalla di Microsoft Word pada komputer.
KacaTeknologi.com - Penyebutan atau penulisan Nabi Muhammad harus diiringi dengan kalimat Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam yang artinya "Semoga Allah memberi kebahagiaan dan keselamatan kepadanya". Hanya saja penulisan dalam Bahasa Indonesia memiliki kata yang terlalu panjang. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menggunakan simbol ﷺ yang dapat ditulis pada Microsoft Word agar menjadi lebih singkat.

Penulisan kalimat sholawat Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam yang disingkat menjadi SAW seringkali membuat bingung para pembaca, terlebih lagi bagi mereka yang tidak paham apa singkatan dari SAW tersebut. Padahal menulis kalimat sholawat yang benar dapat membuat pembaca ikut turut mengucapkan sholawat yang benar pula dan hal tersebut tentu akan berbuah pahala.


Menulis simbol kalimat Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam pada Microsoft Word tidak dapat dilakukan dengan menulis huruf Arab secara terpisah. Jika memang dilakukan maka hasilnya tidak menjadi simbol seperti ini ﷺ melainkan menjadi terpisah juga seperti ini صلى الله عليه و سلم.

Hal tersebut memang sama saja, namun pada umumnya seperti pada jurnal ilmiah, makalah, skripsi, dan lain sebagainya penggunaan simbol ﷺ adalah yang paling sering digunakan. Alasannya mungkin karena lebih menghemat tempat, lebih cepat penulisannya, lebih indah untuk dilihat, serta lebih mudah dibaca karena memiliki harakat.

Cara Menulis Kalimat Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam ﷺ Pada Microsoft Word

Penulisan kalimat Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam dapat Anda lakukan pada PC / komputer dan juga Android. Adapun pada Android Anda perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk menginstal font pada ponsel. Apabila Anda tidak mau dibuat rumit olehnya, cukup kunjungi situs ini saja kemudian copy simbol yang diinginkan.

Pada Microsoft Word sendiri terdapat dua cara utama, yaitu menggunakan fitur simbol dan shortcut. Penggunaan fitur simbol dapat Anda pilih jika Anda tidak mengetahui shortcut simbol yang ingin digunakan namun hal ini akan memakan waktu yang sedikit lebih lama. Sebaliknya, penggunaan shortcut menjadi salah satu cara menulis simbol Arab yang lebih cepat.

Sedangkan pada cara ketiga, Anda dapat mengunduh font yang berisikan simbol kalimat seperti Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam, Subhanallah, Subhanahu Wa Ta'ala, Radhiyallahu Anhu, Rahimahullah, Azza Wa Jalla dan masih banyak lagi.

Berikut adalah cara menulis kalimat Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam ﷺ dan simbol tulisan Arab di Microsoft Word:

1. Menggunakan Fitur Symbol pada Microsoft Word

Microsoft sendiri sudah menyediakan simbol tulisan Arab pada aplikasinya Office Word. Hal ini bertujuan untuk memudahkan para penulis yang bernotabene sebagai seorang muslim, dimana mereka lebih sering menggunakan tulisan Arab dalam kehidupan sehari-harinya termasuk dalam menulis dokumen.
  1. Untuk langkah pertama, Anda perlu membuka aplikasi Microsoft Office Word terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, buat halaman kosong sebagai media penulisannya nanti.
  3. Selanjutnya, klik pada menu Insert → Symbol → More Symbol.
  4. Selanjutnya, klik pada menu Insert → Symbol → More Symbol.
  5. Setelah itu, akan muncul jendela baru. Pada tahap ini silakan Anda ubah jenis font menjadi Arabic Typesetting.
  6. Setelah itu, akan muncul jendela baru. Pada tahap ini silakan Anda ubah jenis font menjadi Arabic Typesetting.
  7. Akan muncul banyak sekali simbol tulisan dalam Bahasa Arab, klik dua kali pada simbol yang dipilih dan otomatis simbol tersebut akan muncul pada lembar kerja dokumen Anda.
  8. Akan muncul banyak sekali simbol tulisan dalam Bahasa Arab, klik dua kali pada simbol yang dipilih dan otomatis simbol tersebut akan muncul pada lembar kerja dokumen Anda.
  9. Lakukan hal yang sama pada simbol yang lain jika Anda menginginkannya.

2. Menggunakan Shortcut Symbol di Microsoft Word

Cara kedua ini memiliki hasil yang sama seperti cara pertama. Bedanya jika tadi Anda diharuskan membuka menu Insert sampai mengubah font agar bisa menulis simbol tulisan Arab, kali ini Anda hanya perlu mengetikkan shortcut-nya saja.
  • Simbol lafadz Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam (ﷺ) : Ketikkan huruf FDFA kemudian tekan tombol ALT + X maka hasilnya akan menjadi ﷺ.
  • Simbol lafadz Allah (ﷲ):  Ketikkan huruf FDF2 kemudian tekan tombol ALT + X maka hasilnya akan menjadi ﷲ.
  • Simbol lafadz Muhammad (ﷴ):  Ketikkan huruf FDF4 kemudian tekan tombol ALT + X maka hasilnya akan menjadi ﷴ.
  • Simbol lafadz Jalla Jalaluhu (ﷻ):  Ketikkan huruf FDFB kemudian tekan tombol ALT + X maka hasilnya akan menjadi ﷻ.
  • Simbol lafadz Basmallah (﷽):  Ketikkan huruf FDFD kemudian tekan tombol ALT + X maka hasilnya akan menjadi ﷽.
  • Simbol lafadz Wassalam (ﷸ):  Ketikkan huruf FDF8 kemudian tekan tombol ALT + X maka hasilnya akan menjadi ﷸ.

3. Dengan Cara Menginstal Font Arabic Symbols

Simbol bahasa Arab pada Microsoft Word kurang lengkap dibandingkan dengan Font Arabic Symbols. Pada cara ketiga ini, Anda diwajibkan untuk memasang font pada komputer Anda terlebih dahulu setelah itu baru Anda bisa menggunakannya. 

Kelebihan pada cara ini adalah Anda dapat menggunakannya pada aplikasi lain tidak sebatas Microsoft Word saja. Misalnya seperti, Adobe Photoshop, Wordpad, Corel Draw, atau aplikasi lainnya yang mendukung penulisan.
  1. Unduh dan pasang font Arabic Symbols (link download dapat diakses di akhir artikel) dengan cara klik dua kali pada font → pilih Install.
  2. Unduh dan pasang font Arabic Symbols (link download dapat diakses di akhir artikel) dengan cara klik dua kali pada font → pilih Install.
  3. Buka aplikasi apa saja yang mendukung penulisan, di sini saya masih menggunakan Microsoft Word.
  4. Ubah jenis font pada aplikasi yang digunakan menjadi KFGQPC Arabic Symbols 01. Mudahnya Anda dapat langsung mengetikkan nama font pada menu.
  5. Ubah jenis font pada aplikasi yang digunakan menjadi KFGQPC Arabic Symbols 01. Mudahnya Anda dapat langsung mengetikkan nama font pada menu.
  6. Setelah font berhasil dipilih, selanjutnya Anda hanya perlu mengetikkan huruf secara sembarang sampai Anda mendapatkan tulisan Arab yang Anda maksud. Untuk lafadz Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam silakan tekan huruf G pada keyboard.
  7. Setelah font berhasil dipilih, selanjutnya Anda hanya perlu mengetikkan huruf secara sembarang sampai Anda mendapatkan tulisan Arab yang Anda maksud. Untuk lafadz Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam silakan tekan huruf G pada keyboard.
  8. Silakan lakukan eksplorasi pada keyboard untuk menemukan tulisan yang lain.


Demikianlah artikel mengenai Cara Menulis Kalimat Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam (ﷺ), Allah (ﷲ), Muhammad (ﷴ), dan tulisan Arab di PC / komputer. Saya harap Anda tidak kebingungan lagi setelah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat!