Cara Mudah Menghidupkan Bluetooth di Laptop Windows 7,8 dan 10 dan cara mengatasi laptop yang tidak ada fitur bluetoothnya agar bisa digunakan
Kacateknologi.com - Bluetooth merupakan salah satu fitur penting yang wajib ada di laptop karena dengan adanya bluetooth ini bisa memudahkan aktifitas kita sebagai pengguna entah itu untuk menyambungkan laptop ke speaker, smartphone atau ke platform lain yang mendukung fitur bluetooth, bagaimanakah cara menghidupkan bluetooth di windows 7,8 atau bahkan windows 10? saya akan membahasnya di artikel ini.

Untuk menyalakan bluetooth sendiri tidaklah terlalu sulit tapi terkadang ada kendala yang membuat sulit dan tidak semua pengguna laptop tahu cara menggunakan bluetooth di laptopnya sendiri tapi tenang saja saya akan berbagi pengalaman tentang cara mudah menghidupkan bluetooth di laptop baik itu di windows 7,8 dan 10.


Cara Mengaktifkan Bluetooth di Windows 7,8 dan 10

Cara menghidupkan suatu bluetooth di laptop sendiri sangatlah mudah ya sobat tidak membutuhkan waktu lama, berikut ini cara yang biasa saya lakukan untuk menyalakan bluetooth dan kebetulan saya menggunakan sistem operasi windows 8.
  1. Ketikkan kata kunci "Bluetooth" di search windows
  2. jika sudah buka atau klik program bluetooth
  3. Ubah bluetooth ke mode on 
  4. Bluetooth aktif
Cara Mudah Menghidupkan Bluetooth di Laptop Windows 7,8 dan 10 dan cara mengatasi laptop yang tidak ada fitur bluetoothnya agar bisa digunakan

nah sampai disini kita sudah berhasil menghidupkan bluetooth di windows 8 lalu bagaimana cara menghidupkannya juga di windows 7 dan 10? berikut ini caranya.

Menyalakan Bluetooth di Windows 7

Secara langkah yang saya lakukan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan windows 8, hanya saja berbeda dari segi tampilan berikut ini caranya.
  1. Buka menu windows
  2. ketik bluetooh
  3. buka program bluetooth.

Menyalakan Bluetooth di Windows 10

  1. Buka menu windows
  2. ketik bluetooth
  3. buka program bluetooth
  4. bluetooth aktif.
Diatas saya menggunakan cara yang paling mudah dalam menghidupkan bluetooth ya sobat, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan seperti melalui menu control panel, dan lain-lain tapi disini saya menggunakan cara yang paling mudah.


saya sudah melakukan cara diatas tapi fitur bluetooth tidak ditemukan? saya yakin sobat pasti ada yang mengalami hal tersebut ketika mencari fitur bluetooth di laptop tapi tidak menemukan fitur tersebut, jangan khawatir hal tersebut masih bisa diatasi dengan cara menginstall bluetooth di laptop sobat.

Cara Menginstall Bluetooth di Laptop Yang Tidak Ada Bluetoothnya

cara memasang bluetooth di laptop yang belum ada bluetooth nya sendiri sangatlah mudah ya sobat hanya perlu melakukan beberapa langkah agar fitur bluetooth bisa terpasang di laptop sobat dan berikut ini cara menginstall bluetoothnya.

Untuk bisa memasang bluetooth di laptop sendiri memerlukan 2 langkah berikut.
  • Driver Bluetooth agar fitur tersebut bisa aktif
  • Cek Driver Bluetooth silahkan sobat cek terlebih dahulu apakah driver bluetooth sudah terpasang atau belum.
Untuk memeriksa apakah driver bluetooth sudah terpasang di laptop atau belum sobat cukup membuka menu device manager di laptop dan cek di bagian bluetooth.

Cara Mudah Menghidupkan Bluetooth di Laptop Windows 7,8 dan 10 dan cara mengatasi laptop yang tidak ada fitur bluetoothnya agar bisa digunakan
jika driver sebuah bluetooth sudah terpasang bsia sobat lihat contoh gambar diatas, jika driver bluetooth belum terpasang biasanya akan ditandai dengan notifikasi tanda seru berwarna kuning.

jika driver belum terpasang maka kita harus menginstallnya terlebih dahulu

Cara Memasang Driver Bluetooth di Laptop

Cara memasangnya sendiri saya bagi jadi 2 kelompok 
  1. Yang pertama menggunakan CD Drive, biasanya ketika membeli sebuah laptop turut disertakan juga kaset CD Drive atau DVD Driver bawaan tinggal masukan ke DVD room kemudian install.
  2. Yang kedua, dengan mengunduhnya melalui situs resmi laptop yang digunakan, contoh disini saya menggunakan laptop sony vaio e series otomatis saya harus mengunjungi situs sony vaio untuk mendapatkan link download driver bluetooth.
bagi sobat yang menggunakan laptop sony vaio e series, sobat bisa mengunduh drivernya melalui link ini https://www.sony.co.uk/electronics/support/downloads/Z0004164 ( windows 8, 64bit ).
pada umumnya memasang driver bluetooth di laptop ini sama saja seperti sobat mengunduh suatu aplikasi atau software ke laptop dimana hanya perlu klik tombol next sampai selesai.

sampai disini menginstall driver bluetooth pada laptop sudah selesai.

Nah sobat demikianlah Cara Mudah Menghidupkan Bluetooth di Laptop Windows 7,8 dan 10 juga sudah saya jelaskan jika fitur bluetooth tidak ada, artinya harus melakukan installasi driver bluetooth terlebih dahulu sebelum bisa digunakan.

Menggunakan dan memanfaatkan fitur bluetooth memang sangat membantu aktifitas kita bisa digunakan untuk mendengarkan musik yang disambungkan ke speaker atau mengirim sebuah file dari smartphone ke laptop, semoga artikel yang saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi ini bermanfaat ya sobat.