Apa perbedaan antara MAC Address dan IP Address? Apakah MAC Address & IP Address dapat dilacak?
KacaTeknologi.com - MAC Address dan IP Address biasa digunakan untuk mendefinisikan perangkat di internet secara unik. Vendor NIC Card / kartu jaringan menyediakan MAC Address, di sisi lain Internet Service Provider (ISP) atau Penyedia Layanan Jaringan menyediakan IP Address.

Perbedaan antara MAC Address dan IP Address adalah pada layernya dalam layer OSI. MAC Address berada pada layer 2 (data-link layer) sedangkan IP Address berada pada layer 3 (network layer). Dalam artian, MAC Address digunakan untuk mendefinisikan alamat fisik komputer. Sementara IP Address digunakan untuk mendefinisikan alamat pada koneksi jaringan yang terpasang di perangkat.

Dikarenakan MAC Address merupakan alamat fisik komputer, maka MAC Address tidak bisa sama dan juga tidak bisa diganti dengan perangkat lain. Berbeda halnya dengan IP Address yang merupakan alamat logic, IP Address dapat diganti alamatnya namun tetap tidak bisa sama dengan perangkat lain yang sudah menggunakan alamat tersebut, karena akan menyebabkan masalah yaitu berbenturnya alamat IP.

Biasanya bentuk MAC Address adalah seperti ini: 00:2B:B9:EE:EA:4F di mana angka tersebut menandakan produsennya. Adapun IP Address biasanya berbentuk seperti ini: 192.168.200.1, di mana angka tersebut menandakan konektivitas jaringan pada komputer.

Dalam dunia peretasan, MAC Address cenderung sulit dilacak karena tidak dapat dijangkau pada jaringan kecuali pemiliknya memberikan MAC Address kepada publik. Namun ada teknik yang biasa digunakan para peretas untuk memanipulasi MAC Address yang bernama MAC Spoofing.

Sebaliknya, IP Address sangat mudah dilacak bahkan menggunakan aplikasi pihak ketiga sekali pun. Hal tersebut disebabkan karena IP Address terdapat pada jaringan yang terhubung serta sifatnya tidak privat.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah MAC Address berada pada layer 2 (data-link layer) dan IP Address berada pada layer 3 (network layer) dalam layer OSI, MAC Address tidak dapat diganti, dirubah, atau sama dengan perangkat lain sedangkan IP Address dapat diganti, dirubah, namun tetap tidak dapat memiliki alamat yang sama dengan perangkat lain, MAC Address cenderung sulit dilacak oleh orang lain sedangkan IP Address mudah untuk dilacak orang lain.

Anatara MAC Address dan IP Address keduanya memiliki peran penting agar stabilitas komputer pada jaringan dapat bekerja dengan baik. Jika salah satunya tidak ada, maka kemungkinan besar tidak akan ada juga yang namanya internet di dunia ini.

Mungkin itu saja untuk kali ini, saya harap artikel ini dapat membuat Anda mengetahui perbedaannya. Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan berkomentar. Terima kasih!