Aplikasi Penghemat Kuota Internet Untuk Android All Operator Terbaru
Kacateknologi.com - Di zaman yang serba canggih ini memang mempermudah segala aktifitas manusia mulai dari membaca berita, belanja online, bermain game, sosial media hingga melakukan transaksi penting hanya dengan satu kali sentuhan melalui smartphone android, tapi pernahkah sobat bertanya Kenapa kuota cepat habis padahal baru beli? atau mungkin mengalami ketika kuoa internet sobat begitu cepat habis? dan apakah ada solusinya untuk menghemat kuota internet di android?

Jawabannya ada, ada aplikasi yang mampu menghemat dan mengatur pemakaian kuota sobat dan dengan menggunakan beberapa aplikasi berikut ini rasanya akan sangat membantu apalagi jika sudah memasuki tanggal tua pasti sudah saatnya masuk ke mode hemat kuota.

Penyebab Kenapa Kuota Internet Cepat Habis

sebelum masuk ke inti pembahasan mari kita simak terlebih dahulu apa sih penyebab kuota cepat habis? ada beberapa penyebab kenapa kuota internet cepat habis diantaranya : 
  • Banyaknya aplikasi 
  • Mode GPS aktif
  • Menggunakan aplikasi yang menyedot data
diatas merupakan 3 hal yang mungkin terlihat sepele tetapi cukup menguras data internet yang kita punya.

Tips Menghemat Paket Data Internet

ada sedikit tips bagi yang ingin menghemat kuota internet yaitu dengan cara menonaktifkan fitur-fitur yang sekiranya tidak dibutuhkan seperti layanan lokasi ( GPS ) kemudian matikan juga notifikasi dari aplikasi sosial media seperti instagram karena ini salah satu aplikasi yang menyedot data cukup besar.

Kemudian sobat bisa mengaktifkan mode hemat data yang terdapat di pengaturan smarpthone masing-masing.

Aplikasi Penghemat Kuota Internet Untuk Android 

Nah dengan menggunakan beberapa aplikasi berikut ini bisa lebih menghemat serta bisa mengatur penggunaan paket data sobat.

1. Data Usage Monitor

Daftar aplikasi untuk menghemat kuota internet
yang pertama ada nama Data Usage Monitor dengan aplikasi ini sobat bisa memantau aplikasi mana saja yang menggunakan kuota secara berlebih selain itu bisa diatur juga tentang aplikasi mana yang ingin menggunakan kuota internet atau tidak.

sesuai dengan namanya Data Usage Monitor ini akan membantu kalian memonitor penggunaan paket data secar detail dan lengkap dan tentunya bisa menghemat pemakaian kuota.


2. Internet Speed Meter Lite

Aplikasi untuk menghemat paket data internet
Berikutnya ada nama Internet Speed Meter Lite sebagai salah satu aplikasi penghemat data aplikasi ini memang berfungsi untuk melakukan penghematan kuota internet dimana kita juga bisa melakukan kontrol penuh dan memeriksa aplkasi apa saja yang menggunakan data internet. 

Cara kerjanya sendiri sangalah sederhana dimana kita hanya perlu mengaktifan apliaksi ini kemudian app ini akan memberikan laporan secara real time di status bar smarpthone kita dan menampilkan total berapa GB kuota yang sudah digunakan.

3. My Data Manager


software penghemat paket data
Berikutnya didalam daftar aplikasi penghemat kuota internet ada nama My Data Manager masih sama dengan aplikasi sebelumnya, My Data Manager ini juga turut mengatur pemakaian kuota itnernet dan mampu mengontrol app apa saja yang menyedot kuota.

selain itu kelebihan lain dari app ini bisa memberikan informasi ketika kuota internet sobat akan habis.

4. Loopkita

aplikasi penghemat kuota internet telkomsel

Bagi sobat yang menggunakan paket data dari telkomsel rasanya wajib menggunakan aplikasi loop kita ini dimana aplikasi loop kita ini bisa menghemat pemakian paket data atau internet sobat, didalamnya kita bisa memiilih app mana yang ingin dihubungkan dengan internet atau tidak.

selain itu app ini juga bisa memberikan laporan update setiap bulan tentang berapa banyak kita menghabiskan kuota internet, menurut saya ini aplikasi yang harus dicoba bagi para pengguna kartu jaringan telkomsel.
\

5. Samsung Max - Penghemat Data

penghemat paket data internet samsung

Berikutnya ada nama Samsung Max sebagai aplikasi penghemat kuota yang cukup sederhana, simple tetapi dengan fitur yang luar biasa dimana aplikasi ini secara otomatis akan langsung melakukan penghematan ketika pertama kali diaktifkan.

App ini akan langsung melakukan routing kesemua aplikasi yang ada pada smarpthone untuk melakukan penghematan kuota.


6. Google Chrome

Aplikasi penghemat kuota google chrome
Mungkin semua orang tahu Google Chrome hanya sebatas browser yang digunakan untuk berselancar di internet, tapi tahukah sobat kalau si Google Chrome ini juga merupakan salah satu Browser yang bisa menghemat kuota internet di android? dengan berbagai fitur yang memanjakan ditambah dengan Browser yang bisa menghemat kuota internet tentunya merupakan hal yang cukup komplit untuk sebuah browser.

Agar kuota internet sobat tetap irit pada saat berselancar di internet sobat bisa mengaktifkan fitur mode hemat kuota yang terdapat di pengaturan google chrome, untuk caranya saeperti berikut 
  • Masuk ke menu setting
  • Pilih tab Advanced
  • Masuk menu Data Saver
  • Kemudian atur opsi ON

7. Data Usage 


aplikasi penghemat data

Berikutnay ada nama Data Usage sebagai aplikasi yang bisa mengontrol dan melakukan penghematan kuota internet app ini cukup simple dengan fitur yang cukup lengkap dimana ktia bisa mendapatkan rincian tentang app yang menggunakan kuota internet.

8. Data Eye - Save Mobile Data

aplikasi penghemat kuota internet

Aplikasi Penghemat Kuota Internet berikutnya ada nama Data Eye dengan aplikasi ini kita bisa mengatur aplikasi mana saja yang mengkonsumsi data secara berlebih selain itu aplikasi ini juga bisa mengontrol aplikasi yang berjalan dibelakang layar untuk dipantau juga penggunan data internetnya.

satu kelebihan lain aplikasi ini bisa mengehmat kapasitas baterai smartphone juga karena app ini memang mendukung fitur tersebut.

9. Facebook Lite

aplikasi penghemat kuota facebook

Bagi sobat yang suka berselancar di jejaring sosial media Facebook, rasanya wajib mengunduh aplikasi facebook lite ini karena dengan app ini juga bisa menghemat kuota android berbeda dengan aplikasi facebook pada umumnya data yang dikonsumsi oleh versi lite ini jauh lebih irit dan hemat tapi tetap bisa berselancar di facebook.

10. Net Guard - Simple Data Saver

aplikasi penghemat kuota internet

Yang terakhir ada nama Net Guard dengan menggunakan aplikasi ini membuat kuota internet kita jauh lebih irit dan tidak boros selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur menarik yang bisa dijalankan.


Nah sobat itulah dia Aplikasi Penghemat Kuota Internet Android All Operator selamat mencoba