Cara download status, foto, & video WA (WhatsApp) menggunakan file cache, aplikasi WhatsApp status saver, WhatsApp Mod, atau tanpa menggunakan aplikasi / apk.
KacaTeknologi.com - Membuat status / story WhatsApp dapat menjadi salah satu sarana untuk melakukan promosi yang dapat meningkatkan kualitas penjualan. Status WhatsApp dapat berupa foto dan video yang dapat dilihat oleh semua kontak ponsel. Ada juga orang yang membuat status WhatsApp hanya untuk membagikan kondisi dirinya, perasaan hati, atau sekedar sharing saja.

Status WhatsApp yang menarik dapat kita download dengan mudah baik itu berupa foto atau video. Caranya beragam, dimulai dari memanfaatkan file manajer, WhatsApp Mod, Status Saver, dan masih banyak lagi. Cara download status wa ini juga mendukung berbagai macam tipe HP seperti, HP Samsung, HP Oppo, HP Vivo, bahkan iPhone.

Baik, langsung saja kita beralih ke cara download status WA (WhatsApp) orang lain atau teman sendiri.

Cara Download Status WA (WhatsApp) Orang Lain atau Teman Terbaru

Pada cara yang dijelaskan terdapat dua metode utama, yaitu dengan menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi / tanpa apk. Masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi silakan Anda pilih sesuai kebutuhan Anda.

Dirangkum dari KacaTeknologi.com, berikut adalah cara download status WA (WhatsApp) terbaru:


1. Memanfaatkan File Cache

File cache merupakan berkas yang sudah terunduh pada suatu perangkat agar dikemudian hari file tersebut tidak perlu diunduh kembali sehingga dapat menghemat waktu pemuatan untuk kedua kalinya. Anda dapat memanfaatkan file cache ini sebagai teknik menyimpan status orang ke galeri HP kita.
  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melihat status WhatsApp teman Anda sampai selesai. Pastikan foto atau video status WhatsApp terunduh dengan baik, karena jika tidak maka status tidak akan masuk ke dalam daftar file cache.
  2. Cara download status, foto, & video WA (WhatsApp) menggunakan file cache, aplikasi WhatsApp status saver, WhatsApp Mod, atau tanpa menggunakan aplikasi / apk.
  3. Kemudian buka File Manager yang terpasang pada ponsel Anda.
  4. Selanjutnya buka Settings pada File Manager kemudian aktifkan Show Hidden System Files. Settings dapat diakses dengan mengklik menu titik tiga / garis tiga. Biasanya setiap ponsel memiliki cara yang berbeda.
  5. Cara download status, foto, & video WA (WhatsApp) menggunakan file cache, aplikasi WhatsApp status saver, WhatsApp Mod, atau tanpa menggunakan aplikasi / apk.
  6. Sekarang kembali ke halaman utama File Manager, lalu buka Internal Storage → WhatsApp → Media → Statuses. Folder Statuses muncul karena Anda sudah mengaktifkan fitur Show Hidden System Files. Pada folder tersebut juga terdapat kumpulan status WhatsApp yang pernah Anda lihat sebelumnya, silakan cari status WhatsApp yang akan disimpan ke galeri.
  7. Cara download status, foto, & video WA (WhatsApp) menggunakan file cache, aplikasi WhatsApp status saver, WhatsApp Mod, atau tanpa menggunakan aplikasi / apk.
  8. Untuk memindahkan status WhatsApp ke galeri, tap dan tahan foto / video lalu pilih Copy atau Move. Saya di sini memilih Move karena file akan langsung dipindahkan ke folder yang kita inginkan tanpa membuatnya menjadi duplikat.
  9. Cara download status, foto, & video WA (WhatsApp) menggunakan file cache, aplikasi WhatsApp status saver, WhatsApp Mod, atau tanpa menggunakan aplikasi / apk.
  10. Sekarang buka folder yang Anda inginkan, misalnya DCIM → Camera. Setelah itu, klik Move Here untuk memindahkan status WhatsApp ke folder kamera.
  11. Cara download status, foto, & video WA (WhatsApp) menggunakan file cache, aplikasi WhatsApp status saver, WhatsApp Mod, atau tanpa menggunakan aplikasi / apk.
  12. Silakan cek folder Camera Anda dan seharusnya status WhatsApp berhasil terimpan di galeri foto.

2. Menggunakan WhatsApp Status Saver

WhatsApp Status Saver merupakan aplikasi pihak ketiga yang memiliki cara kerja kurang lebih sama dengan cara pertama di atas. Aplikasi ini akan membuka seluruh file cache yang terdapat pada smartphone Anda kemudian Anda dapat menyimpan foto atau video WhatsApp ke penyimpanan utama.
  1. Lihat status WhatsApp teman Anda sampai terunduh dengan sempurna.
  2. Unduh aplikasi WhatsApp Status Saver di Play Store.
  3. Setelah aplikasi berhasil terunduh, silakan buka dan jalankan aplikasinya.
  4. Pada tampilan utama, Anda akan melihat daftar status WhatsApp yang sudah Anda lihat. Anda bisa memanfaatkan menu Images dan Videos untuk memilih jenis status yang ingin Anda simpan.
  5. Cara download status, foto, & video WA (WhatsApp) menggunakan file cache, aplikasi WhatsApp status saver, WhatsApp Mod, atau tanpa menggunakan aplikasi / apk.
  6. Pilih status WhatsApp yang akan disimpan kemudian pilih Save untuk menyimpannya ke galeri HP. Anda juga bisa langsung me-repost status tersebut dengan mengklik opsi Repost.
  7. Cara download status, foto, & video WA (WhatsApp) menggunakan file cache, aplikasi WhatsApp status saver, WhatsApp Mod, atau tanpa menggunakan aplikasi / apk.
  8. Silakan cek galeri Anda dan seharusnya status berhasil tersimpan.

3. Menggunakan WhatsApp Mod

WhatsApp Mod hadir dengan menawarkan berbagai macam fitur unggulan yang tidak bisa Anda dapatkan pada aplikasi WhatsApp biasa. WhatsApp Mod juga dapat digunakan sebagai penyimpan status WA orang lain yang dapat digunakan di berbagai macam tipe smartphone. Namun sebelum menggunakan WhatsApp Mod, saya sarankan Anda untuk membaca materi mengenai kemanan WhatsApp Mod terlebih dahulu.
  1. Silakan unduh WhatsApp Mod terlebih dahulu. Ada banyak versi WhatsApp Mod seperti, Yo WhatsApp, WhatsApp Plus, GB WhatsApp dll.

  2. Perhatian!

    Menggunakan WhatsApp Mod dapat menghilangkan seluruh chat pada akun WhatsApp Anda. Silakan backup chat terlebih dahulu jika sebelumnya Anda menggunakan aplikasi WhatsApp official dan ingin menggunakan WhatsApp Mod.  
  3. Apabila WhatsApp Mod sudah berhasil terpasang pada ponsel Anda, silakan buka aplikasinya kemudian buka status WhatsApp teman yang ingin disimpan.
  4. Langsung saja klik ikon download (tanda panah kebawah) yang terdapat di pojok kanan bawah status.
  5. Cara download status, foto, & video WA (WhatsApp) menggunakan file cache, aplikasi WhatsApp status saver, WhatsApp Mod, atau tanpa menggunakan aplikasi / apk.
  6. Setelah itu, silakan cek galeri Anda dan foto atau video akan berada pada perangkat ponsel yang Anda miliki.
Catatan: saya menggunakan WhatsApp Plus versi 8.


4. Menggunakan WhatsApp Web (Khusus PC / Komputer)

Jika Anda menggunakan desktop, Anda juga masih bisa menyimpan status WhatsApp teman Anda. Namun, status yang dapat diunduh hanya berupa foto saja. Sebenarnya pihak WhatsApp sendiri tidak mengizinkan kita untuk mengunduh status orang lain, akan tetapi kita dapat mengakalinya dengan menggunakan aplikasi edit foto pada tahap ini.
  1. Buka WhatsApp Web pada laptop / komputer Anda. Pastikan HP dan WhatsApp Web sudah terhubung dengan cara scan QR Code. Jika Anda belum mengetahui caranya, silakan cek di sini: Cara Scan QR Code WhatsApp Web.
  2. Setelah Anda terhubung dengan WhatsApp Web, klik ikon circle yang terdapat di bagian atas chat.
  3. Cara download status, foto, & video WA (WhatsApp) menggunakan file cache, aplikasi WhatsApp status saver, WhatsApp Mod, atau tanpa menggunakan aplikasi / apk.
  4. Selanjutnya klik pada status teman Anda yang ingin diunduh. Seperti biasa, pastikan Anda melihatnya sampai termuat dengan baik.
  5. Saat status sudah berhasil dimuat, klik dan seret status WhatsApp ke search bar browser.
  6. Cara download status, foto, & video WA (WhatsApp) menggunakan file cache, aplikasi WhatsApp status saver, WhatsApp Mod, atau tanpa menggunakan aplikasi / apk.
  7. Anda akan memiliki URL baru di search bar, biasanya URL berawalan blob:https://. Jika URL sudah berubah silakan tekan enter pada keyboard untuk memuat status.
  8. Klik salin gambar pada foto status WhatsApp tadi agar Anda bisa menyimpannya pada perangkat komputer.
  9. Cara download status, foto, & video WA (WhatsApp) menggunakan file cache, aplikasi WhatsApp status saver, WhatsApp Mod, atau tanpa menggunakan aplikasi / apk.
  10. Sekarang buka aplikasi edit foto seperti Paint atau Adobe Photoshop. Di sini saya mencoba menggunakan paint. Setelah Paint dapat dijalankan, silakan tekan CTRL + V pada keyboard untuk mem-paste gambar tadi kemudian klik Crop untuk menyesuaikan ukuran gambar.
  11. Cara download status, foto, & video WA (WhatsApp) menggunakan file cache, aplikasi WhatsApp status saver, WhatsApp Mod, atau tanpa menggunakan aplikasi / apk.
  12. Terakhir Anda hanya perlu menyimpannya ke direktori yang diinginkan. Tekan File → Save as → pilih JPG / PNG picture.
  13. Cara download status, foto, & video WA (WhatsApp) menggunakan file cache, aplikasi WhatsApp status saver, WhatsApp Mod, atau tanpa menggunakan aplikasi / apk.
  14. Anda bisa lihat foto pada folder yang tadi Anda pilih untuk menyimpan status WhatsApp.
Cara ini memang sedikit rumit dibandingkan dengan cara sebelumya, namun itulah caranya. Seperti yang sudah dijelaskan, cara download video di WhatsApp Web tidak dapat dilakukan karena fitur Save as di browser tidak dapat digunakan. Berbeda dengan foto yang menggunakan fitur salin gambar kemudian dibantu dengan aplikasi edit foto untuk men-download gambar di WhatsApp Web.

Dari berbagai cara di atas kira-kira kalian lebih suka yang mana? Saya pribadi lebih menyukai menggunakan WhatsApp Status Saver dan WhatsApp Mod karena lebih mudah. Itulah cara download status WA (WhatsApp) teman di HP / PC menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi. Semoga bermanfaat!