Cara Mengaktifkan Keyboard On Screen atau Touch Keyboard di Windows 7,8 dan 10
Kacateknologi.com - Keyboard merupakan salah satu komponen perangkat keras yang wajib ada di seatiap laptop atau komputer tapi tahukah sobat kalau ada satu fitur keyboard virtual yang biasa disebut dengan Keyboard On Screen atau Touch Keyboard? ya ini merupakan salah satu fitur yang disediakan windows dimana bisa menjadi opsi ketika terjadi kerusakan pada keyboard utama yang kita punya.

Jadi dengan menggunakan papan ketik virtual ini kita tetap bisa mengoperasikan komputer sebagaimana mestinya walaupun tanpa papan ketik berbentuk fisik, nah bagi yang penasaran gimana sih cara mengaktifkan keyboard on screen atau papan ketik virtual ini? saya akan memerikan tutorial sederahana nya dibawah ini.

Apa Itu Keyboard On Screen atau Touch Keyboard?

mengaktifkan menu touch keyboard
Keyboard On Screen/ Keyboard Virtual

bagi sobat yang penasaran tentang gimana sih bentuk dari papan ketik dilayar ini? nah kira-kira seperti diatas bentuknya dimana si keyboard ini akan muncul dilayar desktop kita ketika kita mengaktifkannya.


si papan ketik virtual ini sebenarnya berbasis layar sentuh dimana diperuntukkan bagi laptop yang sudah mendukung fitur layar sentuh, tapi tentang saja bagi sobat yang menggunakan komputer dan ingin mencoba fitur ini masih bisa kok menampilkan papan ketik virtual ini kita bahas satu persatu.

Cara Menampilkan Keyboard On Screen atau Virtual di Windows 7,8 dan 10

nah untuk cara menyalakan fitur papan ketik virtual atau keyboard layar sentuh ini juga cukup mudah ya sobat dimana hanya perlu beberapa langkah saja untuk bisa mengaktifkan si keyboard virtual ini.

Menyalakan Fitur Touch Keyboard Windows 8

untuk menyalakan nya sendiri sangat sederhaana sekali seperti berikut ;
  • Klik kanan pada menu taskbar
  • arahkan pointer ke menu toolbars
  • Kemudian pilih menu Touch Keyboard 
  • Pastikan kotak touch keyboard dalam keadaan centang
Jika masih kurang jelas mari lihat gambar berikut.

cara menampilakn menu keyboard virtual
Menyalakan keyboard virtual melalui taskbar

Menyalakan Fitur Touch Keyboard di Windows 7

Tidak jauh berbeda dengan cara mengaktifkan keyboard on screen di windows 8, cara menyalakannya di windows 7 pun sangat sederahana ya sobat langkahnya sebagai berikut : 
  • Klik menu Start 
  • Pilih All Program 
  • Pilih Accessories
  • Masuk ke menu Ease of Access 
  • Terakhir pilih menu Keyboard On Screen 

Menyalakan Fitur Touch Keyboard di Windows 10 

tidak jauh berbeda dengan windows 7 atau 8 di windows 10 pun sangatlah mudah ya untuk mengaktifkan si fitur keyboard on screen ini, berikut langkah-langkahnya :
  • Klik menu Start
  • Masuk Menu Setting
  • Pilih Ease of Access 
  • Terakhir Pilih Keyboard
aplikasi keyboard virtual pun muncul di layar laptop sobat. 

nah itulah langkah cara mengaktifkan keyboard on screen atau touch keyboard di windows 7,8 dan 10 dimana cara ini khusus hanya bisa dilakukan oleh laptop yang sudah mendukung fitur touch screen tapi meskipun demikian bukan berarti laptop non-touchscreen tidak bisa melakukannya juga karena si keyboard on screen ini juga support fitur tanpa disentuh alias kita bisa mengetik menggunakan mouse.

jadi gimana cara menyalakan fitur keyboard virtual ini pada laptop baisa? mari simak penjelasan berikut.

Mengaktifkan Keyboard On Screen Untuk Laptop Non Touchscreen

ada 2 cara yang biasa saya lakukan untuk menyalakan menu keyboard virtual di laptop non-touchscreen diantaranya sebagai berikut : 

1. Menyalakan Melalui menu Run

Cara Mengaktifkan Keyboard On Screen atau Touch Keyboard di Windows 7,8 dan 10 dan cara menyalakan keyboard virtual melalui menu run dan cmd
Menyalakan Keyboard Virtual melalui menu Run


hanya dengan melalui menu run kemudian ketikkan kata kunci osk lalu tekan enter maka si papan ketik virtual akan muncul secara otomatis, tidak ada perbedaan jika mengaktifkannya dengan cara diatas yang saya tulis, dengan mengaktifkannya melalui menu run ini membuat tampilan si keyboard virtual menjadi sedikit berbeda saja tapi tetap punya fungsi yang sama.

2. Menyalakan Melalui menu CMD 


Cara Mengaktifkan Keyboard On Screen atau Touch Keyboard di Windows 7,8 dan 10 dan cara menyalakan keyboard virtual melalui menu run dan cmd
Menyalakan Keyboard Virtual melalui CMD

si Command Prompt ini memang serbaguna dimana kita juga bisa mengaktifkan fitur Keyboard On Screen ini melalui CMD loh ... silahkan buka CMD jika sudah kemudian ketik kata kunci OSK kemudian enter, maka otomatis keyboard virtual akan muncul.

nah itulah dia sobat cara menyalakan menu keyboard on screen atau touch keyboard melalui perintah menu run dan command prompt. 


Fungsi Keyboard On Screen / Papan Ketik Virtual

fungsi utamanya sendiri sama seperti keyboard pada umumnya yang membedakan hanya dari segi fisiknya saja dan bisa menjadi opsi ketika papan ketik utama kita dalam keadaan error, atau terkunci sehingga ada opsi lain yaitu menggunakan Keyboard on Screen ini salah satunya.


Nah demikianlah sobat artikel tentang Cara Mengaktifkan Keyboard On Screen atau Touch Keyboard di Windows 7,8 dan 10 semoga apa yang disampaikan mudah dipahami, selamat mencoba.