Langkah mudah cara scan dokumen ke PDF tanpa scanner dengan mengandalkan HP Android, iPhone / iOS, laptop yang menghemat lebih banyak biaya serta waktu.
KacaTeknologi.com - Terdapat dua metode utama pada cara scan dokumen ke PDF tanpa scanner. Cara yang pertama adalah dengan membuat PDF dari gambar hasil pindaian biasa, dan yang kedua adalah menggunakan ponsel Anda sebagai pemindai.

Scan dokumen ke PDF menggunakan printer sudah menjadi hal biasa, terlebih lagi bagi Anda yang kerap berjibaku dengan berbagai macam aktivitas administrasi yang tentunya mengharuskan Anda mengunggah dokumen dalam bentuk pindaian.

Akan tetapi, kini sudah banyak aplikasi smartphone yang memiliki fitur scanning dokumen sehingga memudahkan pekerjaan Anda hanya dalam beberapa klik saja. Selain itu, menggunakan aplikasi scanner pada HP akan menghemat biaya dan juga pemakaian listrik.

Dengan ini, Anda tidak perlu men-scan dokumen menggunakan printer atau mesin scanner sendiri. Nyatanya, kini Anda bisa menyulap HP Anda menjadi mesin scanner tanpa membutuhkan biaya tambahan. Oh iya, cara ini dapat Anda lakukan pada ponsel Android dan iPhone / iOS.

Cara Scan Dokumen ke PDF Tanpa Scanner Dengan Mudah

Untuk memulai scan dokumen dan mengubahnya menjadi format PDF, Anda dapat mengubahnya secara langsung menggunakan fitur bawaan aplikasi atau dengan mengkonversi gambar menjadi PDF menggunakan aplikasi dan konverter online.

Berikut adalah cara scan dokumen ke PDF di laptop dan HP terbaru:

1. Scan Dokumen Menggunakan Google Drive

Kita dapat memanfaatkan aplikasi besutan Google yaitu Google Drive. Selain digunakan sebagai tempat penyimpanan, Google drive juga sering digunakan sebagai alat pemindai dokumen yang handal. Berikut adalah langkah-langkah scan dokumen menggunakan Google Drive:
  1. Pada langkah pertama Anda bisa membuka aplikasi Google Drive yang terpasang pada ponsel Anda terlebih dahulu. Jika Anda belum memilikinya silakan unduh di Play Store.
  2. Kita dapat memanfaatkan aplikasi besutan Google yaitu Google Drive. Selain digunakan sebagai tempat penyimpanan, Google drive juga sering digunakan sebagai alat pemindai dokumen yang handal.
  3. Langkah berikutnya Anda buka aplikasi Google Drive tersebut kemudian klik tanda + yang terdapat di pojok kanan bawah dilanjutkan dengan mengklik Scan.
  4. Kita dapat memanfaatkan aplikasi besutan Google yaitu Google Drive. Selain digunakan sebagai tempat penyimpanan, Google drive juga sering digunakan sebagai alat pemindai dokumen yang handal.
  5. Kemudian Anda hanya perlu memfoto dokumen menggunakan kamera ponsel Anda. Pastikan Anda mengambil gambar dengan posisi sejajar lurus dari atas agar hasilnya maksimal. Anda juga dapat menggunakan fitur crop untuk menyesuaikan area scan pada foto yang diambil.
  6. Kita dapat memanfaatkan aplikasi besutan Google yaitu Google Drive. Selain digunakan sebagai tempat penyimpanan, Google drive juga sering digunakan sebagai alat pemindai dokumen yang handal.
    • Catatan: Tanda + dapat Anda gunakan apabila Anda ingin menambah foto scan lagi sebelum dikonversi menjadi PDF. Tanda bulat melingkar bertujuan untuk mengambil ulang foto yang baru saja diambil. Sedangkan tanda ceklis berarti Anda setuju jika dokumen diubah menjadi PDF. 
  7. Jika semuanya sudah sesuai dengan keinginan, tekan simbol ceklis lalu ubah nama dokumen yang tidak beraturan dengan nama yang mudah diingiat. Terakhir klik tombol Simpan / Save.

2. Cara Scan Dokumen ke PDF Dengan Ukuran Kecil di Cam Scanner

Cam Scanner memiliki kemampuan kompres gambar yang sangat baik sehingga foto hasil scan tidak akan membengkak ukurannya. Cam Scanner juga dapat dikataka memiliki keunggulan tersendiri dalam memindai berbagai macam dokumen dimulai dari, dokumen, ID Photo, ID Card, buku, dan lain sebagainya.
  1. Unduh dan instal Cam Scanner di Play Store.
  2. Buka aplikasi Cam Scanner.
  3. Klik ikon kamera yang terdapat di sudut kanan bawah aplikasi.
  4. Pilih mode Docs jika yang ingin difoto adalah dokumen seperti kertas, setelah itu sesuaikan angle kamera dengan posisi terbaik dan ambil gambar jika sudut kamera sudah sesuai.
  5. Cam Scanner memiliki kemampuan kompres gambar yang sangat baik sehingga foto hasil scan tidak akan membengkak ukurannya. Cam Scanner juga dapat dikataka memiliki keunggulan tersendiri dalam memindai berbagai macam dokumen dimulai dari, dokumen, ID Photo, ID Card, buku, dan lain sebagainya.
  6. Klik Next / tanda panah kanan (→) untuk menyimpan gambar hasil tangkapan kamera. Untuk menambahkan dokumen lainnya silakan ulangi langkah 3 dan 4 di atas.
  7. Pilih filter foto yang jelas agar hasil scan dapat terlihat dengan baik. Disarankan untuk menggunakan filter yang sama pada setiap dokumen yang Anda foto.
  8. Cam Scanner memiliki kemampuan kompres gambar yang sangat baik sehingga foto hasil scan tidak akan membengkak ukurannya. Cam Scanner juga dapat dikataka memiliki keunggulan tersendiri dalam memindai berbagai macam dokumen dimulai dari, dokumen, ID Photo, ID Card, buku, dan lain sebagainya.
  9. Jika semua dokumen sudah terpindai kini saatnya untuk lanjut ke cara menggabungkan hasil scan menjadi 1 file PDF. Untuk menggabungkan semua foto yang sudah diambil, Anda hanya perlu menekan pada setiap foto yang akan dijadikan PDF → pilih Share → pilih Share PDF.

  10. Cam Scanner memiliki kemampuan kompres gambar yang sangat baik sehingga foto hasil scan tidak akan membengkak ukurannya. Cam Scanner juga dapat dikataka memiliki keunggulan tersendiri dalam memindai berbagai macam dokumen dimulai dari, dokumen, ID Photo, ID Card, buku, dan lain sebagainya.
Seperti yang kita lihat, ukuran file PDF yang dihasilkan cenderung kecil dan hal ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mendaftar menjadi PNS yang membutuhkan file PDF dengan ukuran tidak terlalu besar.

Selain itu, jika Anda mencari mengenai cara memindahkan hasil scan dari hp ke laptop / PC, Anda hanya perlu mengikuti langkah ke-7 di atas kemudian pilih Send to PC. Adapun cara alternatifnya, silakan tekan gambar yang akan diekstrak → Save to Gallery → pindahkan file dari HP ke laptop / PC menggunakan media kabel data, bluetooth, atau melalui media berbagi pesan seperti WhatsApp dan Telegram.

3. Cara Scan Dokumen ke PDF Dengan Printer / Scanner Fisik

Cara ini sama persis dengan yang Anda temui pada tempat fotocopy-an atau pada printer yang sekaligus memiliki scanner. Memang metode ketiga ini memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan cara di atas, hanya saja hasilnya memiliki kualitas yang lebih baik.

Mengenai caranya, bisa Anda lihat di sini: Cara Scan Dokumen Menggunakan Printer Epson dan Canon pada metode ke-2.

Kekurangan scan dokumen menggunakan printer adalah tidak bisa dilakukan secara leluasa terlebih lagi jika Anda sedang berada di lapangan yang tidak memiliki daya listrik serta peralatannya. Dengan demikian, menggunakan cara pertama dan kedua sangat disarankan pada kondisi seperti ini.

Daftar Aplikasi Scanner Untuk HP Android / iPhone Terbaik

Selain Cam Scanner dan Google Drive, Anda dapat memilih aplikasi scanner alternatif lainnya yang bisa Anda dapatkan di Play Store dan App Store.
  • ScanBot
  • Turbo Scan
  • Easy Scanner
  • Simple Scan
  • Adobe Scan
  • Office Lens
  • FineScanner Pro
  • Scanner For Me + OCR
  • Scanner Pro
  • dll.
Semua aplikasi yang dibahas pada artikel ini rata-rata sudah mendukung teknologi OCR. Berkat teknologi OCR, aplikasi pemindai dapat mengekstrak konten dari gambar dan menyimpannya sebagai format PDF dan Anda dapat menyimpannya ke dalam ruang penyimpanan cloud Google Drive Anda.

Cara Mengubah Dokumen Hasil Scan ke PDF

Pada aplikasi yang terdapat pada ponsel mungkin sudah memiliki fitur image to PDF Converter, namun bagaimana jika hasil scan Anda terdapat pada komputer? Pada kasus ini Anda diharuskan untuk mengubah hasil scan menjadi PDF dengan bantuan PDF Converter Online.
  1. Buka Google.com kemudian ketikkan kata kunci "image to pdf" tanpa tanda petik dan klik telusur.
  2. Pilih salah satu situs yang tersedia di Google.
  3. Unggah foto hasil scan ke situs tersebut sebanyak yang Anda mau. 
  4. Silakan konfirmasi apabila Anda sudah selesai dengan susunan dokumen beserta daftar dokumen yang akan dikonversi.
  5. Klik download untuk mengunduh dokumen yang sudah berubah menjadi format PDF.
Jika kurang jelas Anda bisa merujuk pada tautan berikut: Langkah Praktis Mengubah Gambar Menjadi Format PDF.

Langkah Mudah Memperkecil Ukuran PDF

Jika ternyata hasil file yang Anda konversi melebihi batas maksimum unggah, Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi PDF Compressor yang bisa didapatkan secara online maupun offline. Berikut adalah cara memperkecil ukuran PDF:
  1. Kunjungi situs smallpdf.com pada komputer atau ponsel Anda.
  2. Unggah dokumen PDF Anda pada situs smallpdf.com.
  3. Tunggu beberapa saat sampai file berhasil terunggah.
  4. Pilih Kompresi Dasar (Gratis) untuk mengkompres ukuran file PDF Anda menjadi lebih kecil.
  5. Klik tombol Unduh untuk segera mendapatkan file PDF yang ukurannya sudah disusutkan.  
Cara lebih lengkapnya bisa Anda dapatkan di sini: Cara Ampuh Compress File PDF.

Masih banyak aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk memindai dokumen dengan mudah serta menyimpannya dalam format PDF. Adapun cara yang dijelaskan di atas adalah menggunakan aplikasi terbaik dan cara termudah versi KacaTeknologi.com.

Cara pada artikel juga sangat cocok digunakan untuk Anda yang ingin mengubah scan ijazah, CPNS, akta lahir, transkip nilai, KTP, paspor menjadi PDF.

Bagaimana sekarang mudah bukan jika Anda ingin men-scan namun tidak memiliki scanner? Tentu saja dengan berbekal ponsel Android kini Anda sudah bisa men-scan dokumen kapan saja yang Anda mau tanpa harus keluar biaya dan waktu yang banyak.

Itulah 3 Cara Scan Dokumen ke PDF Tanpa Scanner di HP, PC, & Laptop Terbaru. Silakan berkomentar jika Anda memiliki masalah saat pengoperasian aplikasi. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini jika bermanfaat. Terima kasih!