cara mempercepat kinerja laptop
Kacateknologi.com - Ketika mengoperasikan sebuah laptop terkadang tidak selamnya berjalan mulus terkadang masalah seperti lemot, hang, atau lag kerap kali muncul seiring berjalannya waktu dan semakin sering penggunaan laptop dan disebabkan beberapa aspek seperti spesifikasi yang rendah, kapasitas harddisk ( hdd ) yang sudah mulai penuh dan RAM yang sudah mulai tidak cukup bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Lambatnya kinerja dari sebuah laptop tentunya membuat siapapun yang mengoperasikannya merasa jengkel dan kesal akan kinerja laptop tersebut tetapi hal ini masih bisa diatasi dengan cara-cara berikut ini.

Dan berikut ini adalah Kiat Praktis Mempercepat Kinerja Laptop di Windows 7,8 dan 10 


Cara Mempercepat Kinerja Laptop Yang Lemot

Ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kinerja laptop yang lemot atau lambat dibawah rata-rata adn cara ini bisa dilakukan untuk laptop yang memang punya spesifikasi yang rendah.

1. Buka Control Panel 

cara mudah meningkatkan kinerja laptop agar tidak lemot

Yang pertama silahkan sobat buka menu control panel dan silahkan masuk ke menu Ease of access 
jika sudah mari kita masuk ke langkah berikutnya.

2. Buka Menu Make Computer Easier to See

cara agar windows tidak lemot

langkah berikutnya silahkan sobat buka menu make the computer easier to see disini kita akan mematikan animasi pada laptop yang bisa mempercepat dan menambah kecepatan kinerja dari laptop itu sendiri.

3. Ceklis Kotan Turn Off All Unnecessary Animations

mempercepat kinerja di semua windows

Langkah terakhir silahkan sobat ceklis kotak yang saya tandai diatas dimana dengna mencentang kotak tersebut akan mematikan semua animasi yang tidak diperlukan oleh laptop dan setidaknya bisa sedikit mengangkat performa laptop yang lemot baik itu di windows 7,8 dan juga 10 cara ini juga bisa meringankan beban berat pada laptop.


Lantas apakah ada cara lain yang bisa dilakukan agar laptop bisa bekerja lebih cepat dan setidaknya meminimalisir lemot, hang ataupun lag? tentu saja ada cara lain yang bisa dilakukan untuk meminimalisir lambatnya kinerja pada sebuah laptop, caranya sebagai berikut.

Hapus Sampah Yang Tersimpan di Recyle Bin

Sebagian pengguna laptop atau komputer terkadang tidak sadar bahwa file atau dokumen atau sampah apapun yang telah dihapus di laptopnya tidak akan langsung hilang melainkan akan tersimpan telebih dahulu di sebuah folder bernama Recycle Bin nah silahkan sobat hapus sisa file sampah yang masih tersimpan di folder tersebut guna mengurangi lemotnya kinerja pada sebuah laptop. 

Untuk bisa mengkases Recycle Bin ini sendiri biasanya terdapat sebuah shortcut pada masing-masing desktop.

Upgrade Harddisk dan RAM

Tidak bisa dipungkiri Harddisk ( HDD ) dan RAM ( Random Access Memory ) merupakan salah satu komponen penting dan memegang pernanan penting juga pada sebuah laptop guna mempercepat kinerja laptop itu sendiri sobat bisa menambah Kapasitas Harddisk salah satunya dengan cara menggunakan bantuan harddisk eksternal yang akan menambah kapasitas Harddisk serta meminimalisir lambatnya kerja laptop.

Tutup Program Yang Tidak Diperlukan

Silahkan sobat minimalkan program yang dibuka secara bersamaan karena semakin banyak program yang dibuka pada sebuah laptop akan membuat kinerja pada laptop semakin berat juga, saya sarankan untuk membuka program yang memang benar-benar diperlukan saja dengan demikian akan mengurangi beratnya kinerja dari laptop sobat.

Cara ini juga sama persis dengan langkah yang saya sebutkan diatas dimana menimimalkan aplikasi dan animasi yang berjalan setidaknya bisa meringankan beban berat pada laptop.

Uninstall Program Tidak Penting

Biasanya kita ingin sekali mendownload banyak program pada laptop padahal dengan melakukan hal tersebut hanya akan membuat harddisk menampung data aplikasi lebih banyak, silahkan hapus program yang sekiranya dianggap tidak terlalu penting dan jarang digunakan.

Gunakan Fitur Disk Cleanup

Kemudian sobat juga bisa menggunakan fitur disk cleanup yang biasanya bisa dilakukan sendiri dengan menggunakan disk clean up ini setidaknya bisa memberikan ruang bernafas lebih lega terhadap harddisk pada laptop.

Nah sobat demikianlah artikel tntang Kiat Praktis Mempercepat Kinerja Laptop di Windows 7,8 dan 10 yang bisa sobat lakukan.