Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

10 Cara Mengatasi Error “Your PC Ran Into a Problem and Needs to Restart”

4 min read

cara mengatasi your pc ran into a problem and needs to restart
Bagaimana cara mengatasi error blue screen of death "Your PC Ran Into a Problem and Needs to Restart - WHEA Uncorrectable Error - INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE" pada Windows 8/8.1/10. masalah ini disebabkan setelah pembaruan Windows atau driver, korupsi file sistem, karena serangan virus atau karena masalah memori.

Bagaimana cara mengatasi error blue screen of death “Your PC Ran Into a Problem and Needs to Restart – WHEA Uncorrectable Error – INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE” pada Windows 8/8.1/10.

Pesan error tersebut muncul di komputer yang menjalankan OS Windows 10 atau 8 (atau Windows 8.1) dengan alasan yang berbeda dari komputer ke komputer. Lebih khusus lagi, masalah ini dapat muncul setelah pembaruan Windows atau driver, file sistem yang korup, karena serangan virus atau karena masalah memori.

Ketika pesan error tersebut muncul di layar, komputer tidak akan merespon untuk menerima perintah user dan setelah angka persentase mencapai 100%, sistem akan me-restart secara otomatis atau mungkin Anda tidak bisa melakukan apa-apa terhadap komputer (hang) dan satu-satunya cara untuk menutup dan me-restart Windows adalah dengan menggunakan tombol power komputer.

Penyebab error Your PC ran into a problem and needs to restart

Sebelum mengatasi masalah ini alangkah baiknya Anda juga mengetahui apa penyebabnya ? karena mengetahui penyebab error dapat memudahkan Anda dalam mengatasinya. Berikut adalah penyebab utamanya:
  • Adanya perubahan pada file Registry.
  • Terdapat perubahan pada perangkat keras / sistem.
  • Melakukan shutdown komputer yang tidak benar (mematikan paksa).
  • Terdapat instalasi driver baru yang tidak sesuai / error.
  • Terdapat kesalahan saat melakukan updating Windows.
  • Terkena virus / malware.

Cara memperbaiki error Your PC ran into a problem and needs to restart pada Windows 8/8.1/10

Terdapat banyak cara dalam mengatasi masalah ini karena setiap komputer memiliki penyebab yang berbeda-beda. Jadi pastikan Anda mencobanya satu persatu sampai masalah benar-benar teratasi.

1. Memperbaiki File Registry yang rusak

Ketika pesan error muncul biasanya sistem akan otomatis me-restart komputer dan mengarahkan pada menu “Automatic Repair – Your PC did not start correctly” di mana pada menu tersebut terdapat tombol Restart dan Advanced Options.
  1. Ketika Anda sudah masuk pada menu Automatic Repair, klik tombol Advanced Options → Troubleshoot → Advanced Options → Command Prompt → Administrator.
  2. Nanti akan muncul CMD (Command Prompt), lalu ketikkan C: yang bertujuan agar masuk ke partisi C atau partisi sistem.
  3. Kemudian, ketikkan kembali CD WindowsSystem32 untuk masuk ke direktori System32.
  4. Masih sama, ketikkan kembali CD config untuk masuk ke direktori config. Perhatikan besar dan kecilnya huruf dalam mengetik serta spasi yang digunakan.
  5. Bagaimana cara mengatasi error blue screen of death "Your PC Ran Into a Problem and Needs to Restart - WHEA Uncorrectable Error - INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE" pada Windows 8/8.1/10. masalah ini disebabkan setelah pembaruan Windows atau driver, korupsi file sistem, karena serangan virus atau karena masalah memori.
  6. Setelah itu ketikkan lagi DIR untuk melihat seluruh isi yang ada pada direktori config. Nanti pada direktori ini akan terdapat folder Regback di sini lah Anda bisa memperbaiki file Registry yang rusak.
  7. Ketik CD RegbackDIR, maka nanti akan muncul isi folder Regback.
  8. Bagaimana cara mengatasi error blue screen of death "Your PC Ran Into a Problem and Needs to Restart - WHEA Uncorrectable Error - INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE" pada Windows 8/8.1/10. masalah ini disebabkan setelah pembaruan Windows atau driver, korupsi file sistem, karena serangan virus atau karena masalah memori.
  9. Ketik CD untuk kembali ke direktori config.
  10. Pada folder Regback sebelumnya, terdapat lima folder utama yaitu DEFAULT, SAM, SECURITY, SOFTWARE, SYSTEM. Sekarang Anda perlu menduplikat lima folder tersebut dengan nama yang berbeda dengan mengetikkan perintah:
  • REN DEFAULT → DEFAULT1
  • REN SAM → SAM1
  • REN SECURITY → SECURITY1
  • REN SOFTWARE → SOFTWARE1
  • REN SYSTEM → SYSTEM1
  • Masuk kembali ke folder Regback dengan perintah CD Regback.
  • Kemudian copy folder hasil duplikat tadi dengan perintah COPY * cWINDOWSSystem32config.
  • Bagaimana cara mengatasi error blue screen of death "Your PC Ran Into a Problem and Needs to Restart - WHEA Uncorrectable Error - INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE" pada Windows 8/8.1/10. masalah ini disebabkan setelah pembaruan Windows atau driver, korupsi file sistem, karena serangan virus atau karena masalah memori.
  • Selanjutnya ketik exit untuk kembali ke menu dan pilih Turn off your PC.
  • Nyalakan ulang PC Anda, seharusnya masalah sudah berhasil teratasi.
  • Jika cara pertama belum bisa menyelesaikan masalah Anda, lanjutkan membaca cara kedua dan seterusnya.

    2. Ubah Memory Dump settings

    1. Tekan “Windows + R” lalu ketikkan control sysdm.cpl lalu klik OK.
    2. Masuk tab Advanced dan pada menu Start up and Recovery klik Settings
    3. Bagaimana cara mengatasi error blue screen of death "Your PC Ran Into a Problem and Needs to Restart - WHEA Uncorrectable Error - INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE" pada Windows 8/8.1/10. masalah ini disebabkan setelah pembaruan Windows atau driver, korupsi file sistem, karena serangan virus atau karena masalah memori.
    4. Kemudian, unchecklist pada Automatically restart dan pada Write debugging information pilih Complete memory dump setelah itu klik OK.
    5. Bagaimana cara mengatasi error blue screen of death "Your PC Ran Into a Problem and Needs to Restart - WHEA Uncorrectable Error - INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE" pada Windows 8/8.1/10. masalah ini disebabkan setelah pembaruan Windows atau driver, korupsi file sistem, karena serangan virus atau karena masalah memori.

    3. Cek stabilitas komputer pada safe mode dan perbarui driver

    Dalam beberapa kasus masalah ini juga dapat disebabkan karena driver perangkat yang kedaluwarsa atau rusak. Untuk memecahkan masalah ini, anda bisa masuk ke dalam Safe Mode dan lihat apakah kesalahannya masih ada.
    1. Untuk masuk safe mode klik disini.
    2. Jika pesan error “Your PC Ran Into a Problem and Needs to Restart” tidak muncul saat dalam safe mode, maka Anda mungkin memiliki masalah dengan perangkat lunak atau driver perangkat keras. Pada kasus ini:
    • Coba untuk menghapus antivirus.
    • Hapus instalan dan instal ulang beberapa driver perangkat penting di sistem Anda untuk mencari tahu apakah salah satu di antaranya menyebabkan masalah. Untuk melakukan itu, hapus instalan driver berikut dalam urutan ini (satu setiap kali selesai reinstall dan kemudian restart komputer).
      • Display Adapter Driver
      • Wireless Adapter Driver
      • Ethernet Adapter Driver
    • Perhatian : Setelah menghapus driver, restart komputer dan periksa apakah kesalahan berlanjut sebelum melanjutkan untuk menghapus driver perangkat berikutnya. Ketika Anda menemukan driver perangkat mana yang menyebabkan masalah ini, kemudian lanjutkan untuk mengunduh dan menginstal ulang versi driver terbaru (untuk perangkat itu) dari situs web pabrikan tanpa menghapus instalan driver perangkat lain dari sistem Anda. 
  • Untuk menghapus driver Anda bisa tekan “Windows + R” kemudian ketikkan devmgmt.msc.
  • Nanti Anda akan diarahkan ke Device Manager, klik kanan pada daftar driver yang sudah dijelaskan di atas dan klik Uninstall.
  • Bagaimana cara mengatasi error blue screen of death "Your PC Ran Into a Problem and Needs to Restart - WHEA Uncorrectable Error - INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE" pada Windows 8/8.1/10. masalah ini disebabkan setelah pembaruan Windows atau driver, korupsi file sistem, karena serangan virus atau karena masalah memori.
  • Ketika operasi Uninstall selesai, hapus juga semua perangkat lunak yang terkait dengan perangkat yang dihapus dari program yang diinstal (Control Panel > Programs and Features).
  • Restart komputer Anda.
  • Install driver versi terbaru.
  • Restart komputer dan lihat apakah error masih muncul atau tidak.
  • 4. Pindai dan perbaiki Windows System Files

    Bagaimana cara mengatasi error blue screen of death "Your PC Ran Into a Problem and Needs to Restart - WHEA Uncorrectable Error - INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE" pada Windows 8/8.1/10.
    Pada masalah ini juga mungkin disebabkan oleh sistem file yang rusak. Untuk mengatasi ini, gunakan perintah sfc /scannow (System File Checker) untuk memperbaiki file sistem Windows.
    1. Buka CMD (Command Prompt) dalam mode Administrator.
    2. Kemudian, ketikkan perintah sfc /scannow lalu tekan enter.
    3. Tunggu sampai proses perbaikan selesai.
    4. Ketika pemeriksaan dan perbaikan file Sistem selesai, nyalakan kembali komputer Anda dan periksa apakah komputer Anda bekerja dengan lancar.

    5. Gunakan Restore Point

    Bagaimana cara mengatasi error blue screen of death "Your PC Ran Into a Problem and Needs to Restart - WHEA Uncorrectable Error - INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE" pada Windows 8/8.1/10.
    Restore point berfungsi untuk mengembalikan komputer/laptop ke keadaan dimana Anda membuat restore point tersebut. Sebagai contoh, Anda membuat sebuah restore point pada saat laptop belum terkena virus, kemudian satu bulan kemudian laptop Anda terkena virus. Maka Anda dapat dengan mudah mengembalikan laptop ke kondisi sebelum terkena virus dikarenakan restore point yang Anda buat.
    1. Tekan Tombol Windows + S dan ketikkan System Restore. Pilih Create a restore point dari daftar hasil yang muncul.
    2. Selanjutnya akan muncul System Properties, klik pada tombol System Restore.
    3. Setelah System Restore terbuka, lanjutkan dengan mengklik tombol Next.
    4. Pilih Restore Point yang terdapat pada sistem, kemudian klik Next.
    5. Ikuti instruksi yang diberikan oleh sistem dan tunggu sampai prosesnya selesai.
    6. Restart komputer Anda dan cek apakah masalah masih ada atau tidak.
    Untuk cara yang lebih lengkap dapat Anda baca disini.

    6. Update Windows Anda

    Bagaimana cara mengatasi error blue screen of death "Your PC Ran Into a Problem and Needs to Restart - WHEA Uncorrectable Error - INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE" pada Windows 8/8.1/10.
    Microsoft akan selalu memperbarui versi Windows-nya dengan merilis pembaruan sistem pada beberapa bulan kedepan. Bisa jadi masalah ini merupakan bug yang terdapat pada Windows. Oleh karena itu, Anda sangat disarankan untuk memperbarui versi Windows yang Anda gunakan ke versi terbaru agar bug semacam ini dapat diperbaiki.
    Berikut adalah cara update Windows untuk memperbaiki bug:
    1. Masuk ke Settings.
    2. Pilih menu Update & Security.
    3. Klik pada tombol Check for Updates yang terdapat di menu Windows Update.
    4. Tunggu beberapa saat sampai proses update selesai.

    7. Gunakan Startup Repair Option

    Bagaimana cara mengatasi error blue screen of death "Your PC Ran Into a Problem and Needs to Restart - WHEA Uncorrectable Error - INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE" pada Windows 8/8.1/10.
    Cara ini dapat dilakukan untuk memperbaiki error apabila Anda tidak bisa booting ke layar login Windows. Ketika hal itu terjadi, layar recovery screen akan muncul kemudian Anda dapat memilih opsi Startup Repair.
    Perlu diperhatikan bahwa cara ini membutuhkan CD/DVD instalasi Windows. Anda juga dapat menggunakan flashdisk sebagai media penggantinya dengan syarat diharuskan burning file ISO ke flash drive terlebih dahulu.
    1. Colokkan flashdisk/CD/DVD pada komputer atau laptop Anda.
    2. Silakan masuk ke BIOS, kemudian pastikan Anda sudah mengatur priority boot sesuai media yang Anda gunakan yang terdapat file ISO instalasi Windows. 
    3. Simpan pengaturan, lanjutkan dengan menekan CTRL + ALT + DEL pada keyboard untuk me-restart komputer.
    4. Ketika Startup Repair muncul, pilih opsi Repair your computer.
    5. Selanjutnya pilih menu Troubleshoot > Advanced Options > Startup Repair.
    6. Kemudian, pilih target sistem operasi yang akan diperbaiki.
    7. Tunggu proses perbaikan sampai selesai dan seharusnya error sudah tidak muncul lagi.
    Beberapa solusi lain yang dapat mengatasi error “Your PC Ran Into a Problem and Needs to Restart”:
    1. Periksa apakah terdapat kerusakan perangkat keras?
    2. Periksa juga pada bagian RAM dari komputer Anda apakah baik-baik saja?
    3. Putuskan sambungan dari semua external device seperti harddisk eksternal, printer, dll.

    Mungkin itu mengenai Cara Mengatasi Error “Your PC Ran Into a Problem and Needs to Restart”, saya harap artikel ini dapat mengatasi masalah Anda. Jangan lupa berkomentar jika ada yang ingin ditanyakan. Terima kasih…
    Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

    Cara Membuat File Setup / Installer Aplikasi Sendiri (.exe)…

    Cara Membuat File Setup / Installer Aplikasi Sendiri dengan Inno Setup Compiler Pernahkah anda bertanya-tanya bagaimana caranya membuat file setup / installer / installan...
    Kaca Teknologi
    1 min read

    8 Replies to “10 Cara Mengatasi Error “Your PC Ran Into a…”

    1. Mas, laptop saya dari awal nyalain sampe blue screen tulisannya restart 0 complete. Kek gitu terus diulang ulang. Gimana caranya yaa? Huhu sedih

    2. Halo mas, laptop sata pada saat mode sleep setelah mau dinyalakan kembali selalu blue screen ini menggunakan tahap yg mana yaah ?? mohon dibantu

    3. Halo mas, jika laptop sudah 100% complete tapi tidak otomatis restart itu kenapa ya? Blue screen ini muncul karena laptop hampir jatuh dan tertekan dibeberapa tombol

      1. Halo Ka Dewi,

        Jika laptop sudah 100% namun tidak otomatis restart dikarenakan sistem sedang memproses. Apabila sudah lebih dari 4-6 jam tidak kunjung mati, bisa dimatikan manual dengan cara menekan tombol power yang lama.

        Kerusakan komponen komputer juga bisa menyebabkan bluescreen semakin parah, jadi pastikan hardwarenya dicek juga ya ka.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *