6 Langkah Memulai Penataan Rack Server di Ruang Server

6 Langkah Memulai Penataan Rack Server di Ruang Server

oleh | Nov 4, 2020 | Tips Informasi

KacaTeknologi.com – Ruang server merupakan aset integral untuk bisnis karena merupakan ruang fisik yang menampung semua data yang berjalan melalui jaringan komputer. Sebagian besar waktu dan sumber daya departemen IT di perusahaan manapun dihabiskan untuk memecahkan masalah server atau jaringan dan melakukan pemeliharaan rutin termasuk untuk perangkat yang ada pada rack server nya.

Ada kebutuhan untuk mendesain ruang server yang bisa saja memiliki puluhan atau ratusan rack server yang sesuai dengan faktor keselamatan perusahaan. Hal tersebut dibutuhkan untuk memastikan pilihan infrastruktur yang aman, luas, dan ramah komputer untuk seluruh tim IT. Sebagai tips, berikut beberapa langkah untuk penataan ruang server perusahaan Anda.

6 Langkah Memulai Penataan Rack Server di Ruang Server

6 Langkah Memulai Penataan Rack Server di Ruang Server

Tentukan ukuran ruangan yang sesuai

Langkah pertama untuk memulai penataan di ruang server adalah dengan merencanakan luas ruang fisik ruang server.  Ini harus direncanakan sedemikian rupa sehingga akan ada cukup ruang untuk server, kabel, kabel, dan peralatan lain yang diperlukan agar tetap nyaman. Departemen IT harus memastikan bahwa data harus disimpan jauh dari dinding luar ruangan untuk aliran udara.

Siapkan perangkat keras untuk penyimpanan

Langkah selanjutnya untuk menata ruang server Anda adalah mengoptimalkan memaksimalkan ruang yang ada untuk perangkat keras server. Beberapa perangkat seperti rack server dapat dirancang untuk menyimpan mesin fisik yang terkait seperti saklar dan soket listrik di ruang server.  Memiliki ruang server yang terencana dengan baik akan membantu dalam perawatannya.

Jaga agar ruangan tetap dingin

Setelah Anda mengatur ruang server seperti mengatur baris rack server nya, pastikan agar ruangan tetap dingin dan kering untuk menghindari peralatan menjadi terlalu panas dan terjadi malfungsi. Opsi yang layak untuk dipertimbangkan adalah dengan adalah dengan memasang lantai yang ditinggikan untuk mendistribusikan pendinginan di seluruh ruang.  

Namun sebagai opsi lainnya, Anda juga dapat menggunakan unit pendingin di baris rack server 42U atau jenis lainnya yang tidak membutuhkan lantai yang ditinggikan.  Sebagai tips tambahan, pastikan juga ada termometer dan dehumidifier di dalam ruangan untuk memastikan suhu ruangan sesuai dan juga tidak ada kelembaban.

Beri ruang untuk kabel

Memberi ruang untuk kabel juga cara yang sama untuk memberikan ruang untuk aliran udara. Selain itu, memberi ruang untuk kabel terutama yang ada pada rack server juga akan menjaga kabel tetap aman dan teratur saat diperlukan. Jangan biarkan kabel bertebaran di lantai tanpa diikat dan diberi pengaman. Bisa saja kabel tersebut secara tidak sengaja tercabut.

 

Kembangkan prosedur keamanan ruang server

Selain menjaga rack server agar tidak mudah rusak karena suatu kecelakaan, hal yang perlu ada dalam mengembangkan ruang server adalah mengembangkan proses keamanan. Ruang server memiliki semua data yang selain penting namun bisa juga sensitif bagi perusahaan. Oleh karena itu, ruang server harus dibatasi hanya untuk beberapa orang saja.

Sebagai tambahan, akan lebih baik juga dipersiapkan memiliki sistem kontrol akses untuk memastikan bahwa hanya orang yang memiliki akses kuncinya yang bisa pergi ke ruang server untuk bekerja.

Pemantauan

Tak peduli seberapa amannya ruang server, akan lebih baik pula jika ada proses pemantauan untuk menangani aktivitas yang terjadi di dalam ruangan atau data yang disimpan di dalam ruangan server. Hal ini dikarenakan bahwa serangan terhadap data bukan hanya dari luar melalui kontak fisik saja namun juga bisa bersifat maya.

Itulah beberapa hal yang perlu dipersiapkan dalam mengatur ruang server mulai dari rack server hingga fasilitas pendukung lainnya. Apabila Anda membutuhkan rack server 42U yang berkualitas, Anda bisa mengunjungi kedaitekno.com untuk mendapatkannya. Selamat mencoba untuk memulai menata ruang server Anda.

Oleh Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

Postingan Terkait:

0 Komentar

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *