Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

7 Langkah Awal Memulai Usaha Tas Wanita untuk Pemula

3 min read

7 Langkah Awal Memulai Usaha Tas Wanita untuk Pemula

KacaTeknologi.com – Tas merupakan salah satu fashion item yang paling sering digunakan karena fungsi utamanya adalah sebagai wadah penyimpanan untuk berbagai macam barang. Namun seiring dengan perkembangannya, tas saat ini tidak lagi hanya dilihat dari sisi fungsionalitas, lebih dari itu tas sudah menjadi fashion item yang wajib dimiliki khususnya oleh seorang wanita.

Banyak wanita yang memiliki tas lebih dari satu tas dengan berbagai macam bentuk serta warna yang berbeda untuk dijadikan sebagai penunjang outfit yang sedang dikenakan.

Oleh sebab itu, tak mengherankan jika bisnis tas wanita merupakan salah satu bisnis yang potensial serta menjanjikan untuk dijalani, atau bahkan kamu memang sudah berniat untuk terjun ke dalam bisnis ini.

Namun sebelum memulainya, ada beberapa hal penting yang harus kamu pahami, salah satunya adalah memahami jenis-jenis tas wanita yang ada dipasaran. Simak jenis-jenis tas berikut agar kamu tidak kebingungan dalam memulai usaha tas.

Jenis Tas Wanita yang Cocok Dijadikan Bisnis

Jenis Tas Wanita yang Cocok Dijadikan Bisnis

Jenis tas berikut memiliki potensi yang tinggi bagi kamu yang ingin memulai bisnis tas. Selain modelnya yang memang populer dan digandrungi banyak wanita, modal usaha tas wanita tersebut juga tidak terlalu memakan banyak biaya, sehingga modal bukanlah menjadi kendala yang besar.

1. Tote Bag

Langkah Mudah Memulai Bisnis Tote-Bag

Jenis tas satu ini adalah jenis tas yang sangat umum digunakan oleh wanita untuk keperluan pekerjaan karena bentuknya yang ringkas serta kapasitasnya yang cukup besar.

Tak heran jika tas ini merupakan salah satu jenis tas wanita paling laris karena selain fungsionalitas tas jenis ini juga dapat digunakan untuk bergaya.

2. Shoulder Bag

Tips Memulai Usaha Shoulder Bag

Sesuai dengan namanya, jenis tas ini adalah tas yang penggunaanya diselempangkan pada bahu dengan tali yang bisa diatur panjang pendeknya.

Secara kapasitas tas ini bisa dibilang kecil karena umumnya hanya dapat menampung dompet, handphone serta perlengkapan kecil lain namun secara bentuk tas ini sangat menarik sehingga sangat cocok dipadupadankan dengan pakaian apapun.

3. Baguette Bag

Tips Memulai Usaha Tas Baguette Bag

Penggunaan tas jenis ini serupa dengan shoulder bag namun yang membedakan adalah pada tali tas ini yang sangat pendek dan tidak dapat diatur ulang.

Secara fungsionalitas tas ini kurang mumpuni karena memiliki ukuran serta kapasitas yang kecil namun secara estetik tas ini sangat cocok dipadupadankan pada outfit apapun.

4. Clutch Bag

Tips Memulai Bisnis Tas Clutch Bag

Jenis tas satu ini memiliki bentuk kotak dengan tali kecil yang dililitkan pada pergelangan tangan yang secara penggunaan cukup merepotkan karena tas jenis ini harus digenggam terus menerus.

Meskipun memiliki penggunaan yang kurang praktis namun secara fungsi dan estetik tas ini cukup fleksibel tak heran jika tas ini menjadi salah satu item tas wajib yang harus dimiliki oleh wanita.

5. Kelly Bag

Tips Memulai Bisnis Tas Kelly Bag

Nama tas ini diambil dari nama seorang aktris bernama Grace Kelly, dan umumnya jenis tas ini menjadi jenis tas yang umum diproduksi oleh brand-brand ternama seperti Hermes dan Gucci.

Tas ini memiliki bentuk trapesium sama kaki dengan tali kecil dengan kapasitas besar dan tentu saja bentuk yang sangat estetik serta cocok digunakan pada acara apapun.

6. Sling Bag

Jenis Tas Sling Bag yang Kekinian

Secara umum jenis tas ini memiliki kapasitas yang tidak cukup besar dengan tali panjang yang umumnya terbuat dari rantai besi.

Cara menggunakan tas jenis ini adalah dengan menyilangkan tali panjang di badan dan tas ini cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

7. Backpack

Model tas Backpack untuk Bisnis

Umumnya orang-orang menyebut tas ini sebagai ransel yang biasanya digunakan untuk membawa keperluan sehari-hari yang cukup banyak.

Secara umum tas ini didesain untuk mengakomodir fungsionalitas karena kapasitas yang sangat besar namun dari segi estetik tas ini tidak cukup menarik. 

Setelah kamu mengetahui jenis tas di atas maka selanjutnya kamu dapat menentukan jenis tas apa yang akan kamu buat dan tawarkan kepada konsumen. Selain itu, kamu juga dapat memasarkan tas secara online sehingga produk lebih mudah untuk dijangkau. Akan tetapi, sebelum memulai ke tahap pemasaran dari usaha tas kamu, alangkah baiknya untuk memerhatikan beberapa tips dalam memulai bisnis jualan tas.

Tips Memulai Usaha Tas untuk Pemula dengan Mudah

Tips Memulai Usaha Tas untuk Pemula dengan Mudah

Memulai usaha tas baik itu untuk wanita/pria dapat dikatakan memiliki kesulitan yang sedang, hanya saja jika kamu mampu memahami segmentasi pasar serta positioning dari produk yang akan dijual, sukses dalam bisnis tas bukanlah suatu hal yang mustahil.

1. Tentukan Target Konsumen

al penting pertama yang harus kamu lakukan dalam memulai bisnis ini adalah menentukan konsumen yang akan kamu jadikan target pasar.

Kenapa penting? Karena dengan menentukan target konsumen kamu dapat lebih mudah dalam menyesuaikan produkmu dengan target pasar.

2. Siapkan Modal untuk Memulai

Hal ini merupakan hal yang tidak kalah penting dalam proses memulai bisnis karena tentu saja untuk memulai usaha kamu memerlukan modal. 

Modal yang kamu persiapkan ini akan menentukan skala usaha yang akan kamu jalani serta modal yang kamu miliki juga dapat digunakan untuk membiayai promosi usahamu.

3. Tentukan Jenis Usaha yang Akan Dibangun

Poin ini sangat berkaitan dengan poin sebelumnya karena dalam hal ini jenis usaha yang bisa kamu pilih sangat tergantung dengan modal yang harus dipersiapkan.

Bila kamu memiliki modal yang besar kamu bisa memulai bisnis ini sebagai produsen tas namun jika kamu memiliki modal terbatas kamu bisa memanfaatkan sistem reseller dengan menjual kembali produk yang sudah jadi.

4. Kelola Sosial Media untuk Promosi

Selain digunakan sebagai sarana bersosialisasi, sosial media juga dapat kamu manfaatkan sebagai sarana untuk melakukan promosi usaha.

Beberapa platform sosial media seperti Instagram, Facebook hingga Twitter menyediakan fitur ads dimana kamu bisa gunakan untuk mempromosikan produk tas-mu kepada pengguna platform tersebut.

5. Analisa Pasar

Poin ini tidak kalah penting dengan poin-poin sebelumnya karena tentunya sebagai pelaku yang baru saja merintis usaha kamu harus memahami peta kompetisi pada produk yang kan kamu jual.

Analisis ini meliputi banyak hal mulai dari branding, harga kualitas serta segmentasi pasar yang tentunya akan dapat kamu jadikan modal untuk menghadapi persaingan yang akan terjadi.

6. Pahami Strategi Marketing yang Tepat

Satu hal yang pasti, sebagus apapun produk yang kamu miliki akan percuma jika kamu tidak bisa memasarkan-nya dengan baik kepada konsumen.

Maka dari itu penting bagi kamu untuk memulai usaha ini dengan pengetahuan strategi marketing yang tentunya akan sangat berguna jika kamu aplikasikan pada usahamu.

7. Manfaatkan Platform E-Commerce

Hadirnya platform e-commerce di era saat ini sangat membantu proses transaksi yang terjadi dan secara perlahan mendorong perubahan pada perilaku belanja di masyarakat.

Maka dari itu penting bagi kamu untuk memanfaatkan platform e-commerce yang ada, dan salah satu platform yang dapat kamu manfaatkan untuk kegiatan ini adalah LaDaRa dimana ribuan UMKM dari seluruh Indonesia berkumpul di sana untuk memasarkan produk unggulan mereka.

Kesimpulan

Itulah tadi, berbagai macam jenis tas wanita yang sangat diminati di pasaran serta tips untuk kamu sebelum memulai bisnis tas, semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam memulai usahamu, dan untuk memudahkan hal tersebut kamu dapat memanfaatkan platform e-commerce LaDaRa.

Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com