Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

4 Cara Mengatasi Penyimpanan Google Drive Penuh

2 min read

4 Cara Mengatasi Penyimpanan Google Drive Penuh

Kacateknologi.com – 4 Cara Mengatasi Penyimpanan Google Drive Penuh, Google Drive merupakan sebuah layanan dari Google dimana berfungsi untuk menyimpan berbagai macam file secara online sehingga tidak memakan ruang memori pada perangkat Laptop ataupun Smartphone kita. Kapasitas yang cukup besar ( 15 GB ) yang diberikan oleh Google, sudah cukup untuk menyimpan file-file kita di dalamnya.

Google Drive sendiri merupakan salah satu Media Cloud terbaik, dimana Google memberikan kapasitas penyimpanan drive sebanyak 15 GigaByte per 1 akunnya.

Tak menutup kemungkinan kapasitas sebanyak 15GB tersebut bisa saja habis, entah untuk melakukan backup file-file penting, atau mencadangkan foto, arsip chat WhatsApp dan beberapa kebutuhan lainnya.

Nah, bagi sobat yang bertanya-tanya tentang bagaimana cara mengatasi kapasitas penyimpanan yang penuh pada Google Drive, disini akan saya bahas tentang 4 Cara Mengatasi Penyimpanan Google Drive Penuh.

Baca juga : Media Cloud Storage atau Penyimpanan Online Terbaik

4 Cara Mengatasi Penyimpanan Google Drive Penuh

Setidaknya ada 4 cara yang bisa sobat lakukan ketika kapasitas Google Drive nya penuh, dan berikut ini adalah caranya.

1. Hapus File Yang Tidak Penting

Yang pertama adalah dengan menghapus file-file yang dirasa sudah tidak lagi penting yang masih tersimpan didalam akun Google Drive kita, cara ini salah satu cara yang paling mudah untuk kita lakukan.

Kemudian bagaimana cara menghapus file nya? cara menghapus file di google drive sendiri sangatlah mudah ya sobat.

Klik Menu Penyimpanan

Disini saya mengakses Google Drive melalui PC ya sobat, caranya mudah cukup klik saja menu penyimpanan seperti pada gambar berikut.

Klik menu penyimpanan
Klik menu Penyimpanan Google

setelah di klik menu penyimpanan tersebut, otomatis kita akan dibawa ke sebuah menu baru seperti berikut ini.

File yang tersimpan di google drive
File yang tersimpan di Google Drive

Nah diatas merupakan contoh file yang tersimpan di akun media penyimpanan drive saya, bisa dilihat ukuran atau size dari sebuah file nya cukup besar, bagi sobat yang juga demikian maka menghapusnya adalah pilihan terbaik.

Catatan : hanya hapus file yang menurut sobat sudah tidak lagi penting.

Baca juga : 2 Cara Mudah Mengembalikan File Terhapus di Google Drive

2. Kosongkan Google Foto

Sama seperti langkah pertama, yang kedua opsinya adalah menghapus beberapa file foto yang sudah tidak lagi penting, contoh bagi sobat yang mencadangkan foto-foto dari smartphone ke Google Foto, otomatis akan memakan ruang penyimpanan yang tersedia pada Google Drive.

Dengan menghapus beberapa foto yang dirasa tidak lagi penting, juga turut membantu menjaga kapasitas dari Google Drive yang sobat punya.

3. Tambahkan Akun Google Baru

Saya yakin, setiap orang punya lebih dari 1 akun google di HP nya, untuk apa? salah satunya adalah memanfaatkan penyimpanan yang tersedia. Bayangkan, dari 2 akun google yang kita punya kita sudah mendapat kapasitas sebesar 30 Gb.

Cara ini merupakan cara yang cukup lumrah untuk dilakukan, karena saya sendiri pun sering menemukan seseorang punya lebih dari 1 akun google.

4. Beli Kapasitas Penyimpanan Google Drive

Yang terakhir dalam 4 Cara Mengatasi Penyimpanan Google Drive Penuh adalah dengan membeli kapasitas penyimpanan Google Drive. Yup, sobat harus mengeluarkan uang perbulannya agar bisa menikmati fitur berbayar tersebut.

Tapi, jangan khawatir meskipun berbayar hal ini sepadan dengan kapasitas yang kita dapatkan kok, mari simak gambar berikut ini.

Google Drive Bulanan
Google Drive Bulanan

Google Drive sendiri menyediakan 2 Jenis pembayaran yaitu Bulanan dan Tahunan perihal masa pembayaran. Dan menyediakan 3 paket pilihan yang bisa kita beli mulai dari Dasar, Standar, dan Premium. Sementara untuk kapasitasnya tergantung dari paket yang kita ambil, contohnya seperti gambar diatas.

Dan berikut ini adalah pilihan paket Google Drive Tahunan.

Google Drive Tahunan
Paket Google Drive Tahunan

Sama seperti paket bulanan, Google Drive Tahunan pun menawarkan 3 pilihan paket mulai dari Dasar, Standar, sampai Premium yang bisa kita pilih sesuai keinginan.

Yang jadi pembeda hanyalah dari segi masa pembayarannya saja. Tinggal sobat menyesuaikan dengan budget dan kebutuhan masing-masing ya.

Demikianlah artikel tentang 4 Cara Mengatasi Penyimpanan Google Drive Penuh

Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com