Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

5 Penyebab Layar Laptop Bergaris dan Cara Memperbaikinya

2 min read

5 Penyebab Layar Laptop Bergaris dan Cara Memperbaikinya

Kacateknologi.com – 5 Penyebab Layar Laptop Bergaris dan Cara Memperbaikinya, Layar Laptop merupakan sebuah perangkat keras yang paling penting peranannya, karena sudah pasti sebuah laptop tidak akan bisa berjalan tanpa adanya layar, Laptop sendiri merupakan sebuah hardware yang multifungsi, selain bentuknya yang ramping, Laptop juga mudah dibawa kemana-mana dan membantu dalam berbagai macam aktifitas manusia yang berhubungan dengan internet.

Tapi, tak selamanya penggunaan laptop akan berjalan mulus, terkadang ada saja masalah yang timbul layaknya seperti pada PC, contohnya layar Laptop yang bergaris baik itu Vertikal ataupun Horizontal.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Hardisk Laptop Tidak Terbaca dan Terdeteksi

Dapatkan 8 Pelatihan Hard + Soft-skills Ekslusif Hanya 90rb
Reskillience Bootcamp

Bagi sobat yang saat ini mengalami masalah serupa yaitu bergarisnya layar laptop, kemudian bertanya-tanya “apa sih yang jadi penyebabnya?” lalu bagaimanakah cara memperbaikinya? semua itu akan saya bahas pada artikel ini tentang 5 Penyebab Layar Laptop Bergaris dan Cara Memperbaikinya.

5 Penyebab Layar Laptop Bergaris dan Cara Memperbaikinya

Ada 5 penyebab utama kenapa sebuah laptop layarnya bergaris, dan berikut ini adalah penyebabnya.

1. Layar Laptop Terkena Air

Yang pertama adalah layar laptop terkena air, ini merupakan faktor penyebab yang paling sering terjadi dan saya pun pernah mengalaminya, ketika layar laptop saya ketumpahan secangkir kopi yang secara tak sengaja tersenggol oleh tangan saya.

Kemudian layar laptop berubah menjadi error, dan tak berselang lama munculah sebuah garis pada tampilan layar.

2. Layar Laptop Tertindih Benda Berat

Layar laptop sendiri merupakan area yang cukup sensitif dan sangat rawan mengalami kerusakan, jika lengah sedikit saja otomatis akan terjadi kerusakan, misalnya tertindih sebuah benda yang memiliki tekanan dan berat, tentu layar laptop akan error, bermasalah dan muncul garis pada layarnya.

3. Terjadi Benturan Pada Laptop

yang ketiga dalam 5 Penyebab Layar Laptop Bergaris dan Cara Memperbaikinya adalah Terjadi Benturan Pada Laptop, hal ini juga yang jadi salah satu faktor umum kenapa sebuah laptop bergairs baik itu vertikal ataupun horizontal.

4. Permasalahan pada RAM, VGA ataupun Harddisk

Yang keempat dalam 5 Penyebab Layar Laptop Bergaris dan Cara Memperbaikinya, adalah adanya sebuah masalah pada komponen yang ada didalamnya seperti RAM, VGA ataupun Harddisk.

Silahkan sobat periksa terlebih dahulu ketiga komponen utama tersebut.

5. Sistem Error Pada Laptop

Yang terakhir penyebab kenapa sebuah laptop muncul layar bergaris, adalah ketika sistem mengalami error yang berdampak munculnya garis pada layar laptop, hal ini bisa terjadi ketika display adapter telah usang atau bermasalah.

Diatas merupakan kelima penyebab kenapa sebuah layar laptop muncul garis baik itu secara vertikal ataupun horizontal.

Baca Juga : Cara Termudah Mengatasi No Internet Access di Laptop dan HP 2021

Cara Memperbaiki Layar Laptop Bergaris

Bagaimana cara menghilangkan garis di layar laptop? dan apakah bisa ada cara mengatasi layar laptop bergaris? tentu saja ada langkah yang bisa sobat lakukan ketika laptop yang digunakan masalah tersebut.

Dan berikut ini adalah beberapa langkahnya ….

1. Lakukan Restart Laptop

5 Penyebab Layar Laptop Bergaris dan Cara Memperbaikinya
Restart Laptop

Langkah pertama sobat bisa melakukan Restart Laptop dimana dengan melakukan restart pada laptop bisa meminimalisir terjadinya bug atau service system yang sedang bermasalah.

Cara ini sangat efektif ketika masalah yang dialami masih dalam tahap ringan dan tidak terlalu berat, sekali lagi cara ini efektif apabila penyebab utamanya adalah terjadi tabrakan pada system service.

2. Cek Kondisi RAM, VGA dan Harddisk

Seperti yang saya tuliskan diatas dimana RAM ( Random Access Memory ), VGA ( Video Graphic Adapter ) dan Harddisk merupakan salah satu penyebab kenapa terjadinya layar bergaris pada laptop, maka sangat disarankan bagi sobat untuk memeriksa ketiga komponen tersebut.

Periksa apakah ada masalah atau tidak, jika kurang paham sobat bisa meminta bantuan teman atau membawa ke ahlinya untuk diperiksa lebih lanjut.

Baca Juga : Cara Mengatasi Laptop Mati Karena Overheating atau Terlalu Panas Padahal Baterai Masih Penuh 2021

3. Gunakan Software Pixel Repair

Pixel Repair merupakan sebuah software yang mampu menganalisis dan memberikan saran ketika terjadi kerusakan pada layar laptop, contohnya layar laptop yang bergaris.

Tak hanya menganalisis, software tersebut juga bisa memperbaiki beberapa masalah yang jadi penyebab layar laptop bergairs.

Sobat bisa mengunduhnya di google.

4. Perbarui Driver Display Adapter

Berikutnya dalam 5 Penyebab Layar Laptop Bergaris dan Cara Memperbaikinya, sobat juga bisa melakukan pembaruan pada Driver Display Adapter yang bisa dicek pada menu Device Manager ada kemungkinan jika pusat masalahnya ada pada Display Adapter, ada driver yang tidak terinstall dengan benar atau mungkin telah usang.

5 Penyebab Layar Laptop Bergaris dan Cara Memperbaikinya
Perbarui Driver Display Adapter

Nah kira-kira tampilannya seperti diatas ya sobat, silahkan sobat perbarui driver Display Adapter.

5. Bawa Ke Toko Service Laptop / Komputer

Yang terakhir dalam 5 Penyebab Layar Laptop Bergaris dan Cara Memperbaikinya, jika dianggap belum menemukan solusinya, maka membawanya ke toko service komputer adalah opsi terakhir yang paling baik, bawa laptop sobat ke toko service yang terpercaya dan memiliki ulasan yang bagus.

Nah sobat demikianlah artikel tentang 5 Penyebab Layar Laptop Bergaris dan Cara Memperbaikinya semoga apa yang saya tulis bermanfaat ya sobat, selamat mencoba.

Dapatkan 8 Pelatihan Hard + Soft-skills Ekslusif Hanya 90rb
Reskillience Bootcamp
Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *