Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

Cara Termudah Mengatasi No Internet Access di Laptop dan HP 2021

2 min read

Cara Termudah Mengatasi No Internet Access di Laptop dan HP 2021

Kacateknologi.com – Cara Termudah Mengatasi No Internet Access di Laptop dan HP 2021. Penggunaan internet tidak selamanya akan berjalan lancar, terkadang ada saja masalah yang melanda ketika menggunakan internet seperti error ataupun muncul sebuah notifikasi internet no access baik itu pada perangkat laptop ataupun smartphone yang kita gunakan.

Kemudian ketika sobat mengecek sambungan internet berjalan dan lancar, tetapi perangkat yang terhubung dengna koneksi wifi justru tidak bisa mengakes internet yang biasanya ditandai dengan tulisan no internet access ataupun tidak ada data yang muncul pada notifikasi smartphone.

Masalah seperti ini sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang, tetapi akan terasa asing bagi sobat yang mungkin baru memasang provider internet di rumahnya, kemudian internet yang nyala tetapi tidak bisa diakses oleh perangkat yang ada tentunya cukup menjengkelkan.

Tapi jangan khawatir, karena saya akan membahas masalah tersebut pada artikel kali ini Cara Termudah Mengatasi No Internet Access di Laptop dan HP 2021, ya saya mengambil cara paling mudah yang bisa dilakukan bagi sobat yang mungkin masih asing dengan yang namanya perangkat internet.

Baca Juga : 4 Cara Mengatasi Wifi Laptop Putus Nyambung atau Disconnecting Sendiri

Cara Termudah Mengatasi No Internet Access di Laptop dan HP 2021

Cara Termudah Mengatasi No Internet Access di Laptop dan HP 2021 sendiri sangatlah mudah dimana hanya perlu beberapa langkah saja untuk mengatasinya, dan berikut ini adalah caranya.

1. Restart Router

Langkah pertama yang paling sering saya lakukan yaitu dengan melakukan restart pada router yang ada, biarkan dalam kurun waktu sekitar 10 detik, jika sudah silahkan sobat nyalakan kembali routernya.

Apabila sudah di restart sekarang sambungkan lagi perangkat laptop ataupun smartphone yang ada dengan koneksi wifi yang tersedia.

2. Cabut Kabel Power Router/Modem

Saya pernah mendapatkan arahan dari salah satu petugas provider yang saya gunakan untuk mencabut kabel power yang terhubung kedalam router ataupun modem apabila cara pertama masih belum berfungsi.

Yang perlu diingat untuk mencabut kabel power router maupun modem, harus dalam keadaan mati, diamkan selama 10 detik, jika sudah silahkan pasangkan kembali kabel powernya, sekarang kembali sambungkan laptop ataupun smartphone yang ada dengan koneksi internet.

3. Restart Laptop

Jika di smartphone sudah berhasil connect, tetapi pada laptop belum bisa terhubung silahkan sobat restart laptop yang ada, biasanya jika sudah melakukan restart pada laptop, otomatis jaringan yang disconnect khususnya no internet access akan kembali normal.

Baca Juga : 5 Daftar Aplikasi Virtual Private Network ( VPN ) Agar Internetan Lancar di Laptop

4. Reconnect dari SSID Wifi

Langkah keempat dalam Cara Termudah Mengatasi No Internet Access di Laptop dan HP 2021 adalah dengan melakukan reconnect dari SSID Wifi yang terhubung dengan perangkat, silahkan sobat lakukan langkah tersebut apabila cara ketiga belum berhasil.

5. Pastikan Internet Dalam Keadaan Connect

Langkah kelima dalam Cara Termudah Mengatasi No Internet Access di Laptop dan HP 2021 yaitu dengan memastikan internet dalam keadaan terhubung, bagaimana cara melihatnya? yaitu dengan melihat indikator lampu internet berwarna hijau yang biasanya terdapat pada router ataupun modem yang terpasang.

Jika lampu internet berwarna merah, artinya koneksi internet yang ada tidak bisa terhubung alias tidak connect, maka sobat harus menghubungi provider penyedia layanan apabila belum terselesaikan juga masalahnya.

6. Lakukan PING pada CMD

Cara keenam dalam Cara Termudah Mengatasi No Internet Access di Laptop dan HP 2021 yaitu dengan melakukan ping dalam program Command Prompt ( CMD ) caranya, silahkan buka CMD kemudian ketik ping, kira-kira seperti berikut ini.

program ping
Ping CMD

Fungsi mengirim pesan PING kepada CMD sendiri, untuk membuktikan dan memeriksa apakah koneksi berjalan lancar atau tidak. Jika berjalan lancar, maka jawaban yang sobat dapat adalah akan muncul pesan reply jika koneksi bermasalah maka pesan yang akan sobat dapatkan adalah time out

7. Disable dan Enable Adapter

Langkah terakhir dalam Cara Termudah Mengatasi No Internet Access di Laptop dan HP 2021 adalah dengan melakukan disable dan enable adapter pada laptop sobat, caranya sendiri sangatlah mudah silahkan sobat masik ke menu network connections kemudian pada nama jaringan internet yang terhubung silahkan sobat lakukan disable dan enable pada adapter yang tersedia.

Baca Juga : 7 Ciri Laptop Harus di Install Ulang

Kurang lebih seperti berikut ini tampilannya

Disable dan Enable Adapter
Fitur Disable dan Enable Adapter

Silahkan lakukan cara diatas dan coba lagi kembali hubungkan laptop ke jaringan interent yang tersedia.

Bagi sobat yang menggunakan provider indihome, kemudian masih belum bisa menyelesaikan masalahnya silahkan hubungi langsung pihak indihome untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Nah sobat demikianlah artikel tentang Cara Termudah Mengatasi No Internet Access di Laptop dan HP 2021 semoga bermanfaat.

Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *