Mengatasi Laptop Mati Karena Overheating

Cara Mengatasi Laptop Mati Karena Overheating atau Terlalu Panas Padahal Baterai Masih Penuh 2020

oleh | Agu 21, 2020 | Dunia Komputer

Cara Mengatasi Laptop Mati Karena Overheating atau Terlalu Panas Padahal Baterai Masih Penuh

Kacateknologi.com – Cara Mengatasi Laptop Mati Karena Overheating atau Terlalu Panas Padahal Baterai Masih Penuh Laptop merupakan sebuah perangkat elektronik yang di design mirip seperti PC atau Personal Computer namun dengan kelebihan nya tersendiri yang fleksibel dan mudah untuk dibawa kemana-mana serta cukup mudah untuk digunakan meskipun sudah dibuat dengan segala kelebihan nya laptop tentunya punya sisi kelemahan, misalnya laptop yang mati sendiri atau tiba-tiba mati karena terlalu panas atau yang lebih dikenal dengan istilah overheat, hal ini tentunya bisa saja terjadi jika penggunaan laptop secara berlebihan yang menyebabkan perangkat pada laptop menjadi panas.

Lantas bagaimana cara mengatasi laptop yang mati karena overheating atau terlalu panas? pada artikel ini saya akan berbagi pengalaman pribadi tentang hal tersebut.

Cara Mengatasi Laptop Mati Karena Overheating atau Terlalu Panas Padahal Baterai Masih Penuh

Cara Mengatasi Laptop Mati Karena Overheating

Untuk mengatasi laptop yang mati karena terlalu panas akibat penggunaan masih bisa kita atasi dengan melakukan beberapa cara berikut ini.

1. Membersihkan Cooling Fan dari Debu

Yang pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi laptop yang mati tiba-tiba karena overhating padahal kondisi baterai masih penuh bisa dilakukan dengan membersihkan Cooling fan yang terdapat pada laptop, silahkan sobat bersihkan cooling fan dari debu dan fungsi utama dari cooling fan ini yaitu mengeluarkan hawa panas dari processor dan komponen lainnya, ketika debu sudah bersarang tentunya kinerja cooling fan ini akan melambat.

2. Gunakan Alas Laptop Yang Benar

Hal ini terkadang masih dianggap sepele oleh beberapa orang yang menganggap bahwa alas laptop tidak terlalu penting padahal penggunaan alas laptop yang tepat bisa memperlancar dan mengeluarkan udara panas dari dalam laptop usahakan gunakan alas laptop yang benar biasanya ketika membeli laptop kita sudah mendapat satu buah kipas yang juga berfungsi sebagai alas selain itu harus dihindari penggunaan alas seperti halnya bantal, selimut, ataupun kasur karena jelas akan membuat laptop mudah panas atau overheat.

3. Jangan Terlalu Banyak Membuka Software Bersamaan

Kemudian berikutnya jangan terlalu banyak membuka software secara bersamaan karena semakin banyak membua aplikasi di waktu yang sama bisa membuat kinerja laptop semakin berat dan menimbulkan panas secara berlebih pada komponen laptop.

Baca Juga: Kiat Praktis Mempercepat Kinerja Laptop

4. Ganti Baterai dan Charger Laptop

Ketika laptop terlalu sering digunakan sampai keadaan overheat bukan tidak mungkin baterai dan charger pada laptop akan mengalami kerusakan atau biasa disebut dengan istilah ‘soak’ nah soak nya baterai laptop ini diakibatkan oleh terlalu panasnya suhu baterai apalagi jika menggunakan laptop dalam keadaan di charge, hal ini yang juga menyebabkan laptop mati sendiri ketika keadaan di charge walaupun indikator baterai menunjukkan kapasitas baterai masih 50% atau lebih.

5. Jangan Memaksakan Laptop Kerja Terlalu Berat

Berikutnya Cara Mengatasi Laptop Mati Karena Overheating atau Terlalu Panas Padahal Baterai Masih Penuh 2020 usahakan berikan sedikit jeda bagi sobat yang menggunakan laptop secara nonstop sama halnya dengan manusia yang perlu istirahat laptop juga demikian matikan laptop beberapa saat sehingga tidak menimbulkan panas berlebih hal ini bisa mencegah terjadinya overheat pada laptop.

6. Upgrade Komponen Laptop

Melakukan pembaruan atau upgrade komponen pada laptop rasanya wajib dilakukan jika sobat punya budget lebih untuk melakukannya seperti menambah kapasitas RAM ( Random Access Memory ) misalnya dengan demikian akan memberikan nafas lebih kepada laptop sobat.

Baca Juga : Cara Mengatasi Laptop Hibernating Ampuh

7. Install Software Yang Sesuai Dengan Spesifikasi

Hal ini kerap kali diacuhkan oleh para pemilik laptop yang ‘sembarangan’ menginstall suatu software tanpa melihat terlebih dahulu apakah spesifikasi dari software tersebut kompatible atau cocok dengan laptop yang digunakan atau bahkan tidak karena jika terlalu memaksa menginstall software yang tidak cocok dengan spesifikasi laptop akan membuat laptop menjadi overheat akibat kerja yang terlalu berat.

8. Gunakan Cooling Fan Eksternal

Langkah terakhirCara Mengatasi Laptop Mati Karena Overheating atau Terlalu Panas Padahal Baterai Masih Penuh 2020 yang bisa sobat lakukan untuk setidaknya meminimalisir terjadinya overhating pada laptop yaitu menggunakan cooling fan eksternal untuk cooling fan eksternal ini bisa sobat dapatkan di toko-toko aksesoris komputer fungsinya sama yaitu untuk meminimalisir terjadinya panas berlebihan terhadap laptop yang sedang digunakan, tapi tentu saja harus rutin melakukan perawatan dari debu yang menempel agar kinerja cooling fan eksternal ini berfungsi dengan baik.

Nah demikianlah sobat Cara Mengatasi Laptop Mati Karena Overheating atau Terlalu Panas Padahal Baterai Masih Penuh 2020 semoga bisa membantu.

Oleh Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

Postingan Terkait:

1 Cara Mengatasi Tempered Glass Bergelembung

1 Cara Mengatasi Tempered Glass Bergelembung

Kacateknologi.com - 1 Cara Mengatasi Tempered Glass Bergelembung semakin lama perkembangan teknologi semakin pesat dan semakin berkembang khusunya dalam urusan smartphone dimana para produsen smartphone berlomba-lomba untuk membuat sebuah smartphone yang kini sudah...

baca lainnya

0 Komentar

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *