Mengenal Apa itu Cisco Systems?

Mengenal Apa itu Cisco Systems?

oleh | Sep 3, 2020 | Tips Informasi

KacaTeknologi.com / Mengenal Apa itu Cisco Systems? Pengelolaan jaringan pada komputer semakin berkembang pesat dengan hadirnya perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang jaringan komputer. Perusahaan terkenal yang bergerak di bidang jaringan atau networking adalah Cisco Systems dan MikroTik. Namun, pada kali ini kita akan kupas tuntas mengenai apa itu Cisco Systems? layanan apa saja yang diberikan oleh Cisco? dan macam-macam sertifikasi cisco yang bisa Anda dapatkan untuk membangun karir sebagai seorang network administrator yang baik.

Apa itu Cisco Systems?

Mengenal Apa itu Cisco Systems? Pengertian Cisco adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jaringan komputer atau internet yang terletak di San Jose, California dan menjadi perusahaan jaringan terkemuka di dunia dikarenakan berhasil mengontrol jaringan menjadi jauh lebih mudah dengan produk yang ditawarkannya.

Cisco adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jaringan komputer atau internet yang terletak di San Jose, California dan menjadi perusahaan jaringan terkemuka di dunia dikarenakan berhasil mengontrol jaringan menjadi jauh lebih mudah dengan produk yang ditawarkannya. Cisco Systems dikenal dengan pengembangan perangkat keras jaringan, aplikasi, dan teknologi tinggi lainnya yang sangat kaya akan fiturnya.

Sejarah Cisco Systems dimulai dari dua ilmuwan komputer dari Universitas Stanford yang mencari cara untuk menghubungkan berbagai jenis sistem dan jaringan komputer menjadi jauh lebih mudah. Mereka adalah Leonard Bosack dan Sandy Lerner. Mereka juga yang memelopori konsep Local Area Network (LAN) yang bertujuan untuk menghubungkan komputer yang berbeda kedalam jaringan yang sama.

Hingga akhirnya mereka resmi mendirikan Cisco pada tahun 1984 dan mulai go public pada tahun 1990. Hingga kini, Cisco Systems berhasil menjadi perusahaan multinasional, dengan lebih dari 35.000 karyawan di lebih dari 115 negara. Cisco memiliki target pasar untuk Internet Service Provider (ISP), bisnis kecil hingga menengah, perusahaan, lembaga pemerintah, dan lembaga pendidikan.

Cisco Networking Solutions membantu untuk menghubungkan perangkat komputasi dan jaringan komputer yang memungkinkan orang untuk mengakses dan mentransfer informasi tanpa perlu memperhatikan perbedaan waktu, tempat, atau jenis sistem komputer yang digunakan.

Nah apakah Anda masih bingung mengenai Apa itu Cisco Systems sekarang?

Produk dan Layanan yang Diberikan Oleh Cisco Systems

Produk dan Layanan yang Diberikan Oleh Cisco Systems

Setelah mengetahui apa itu Cisco Systems, Anda juga harus mengetahui perihal produk dan layanan yang diberikan oleh Cisco. Cisco menyediakan produk dan layanannya dalam lima bidang utama yaitu:

  • Networking termasuk ethernet, optical, wireless dan mobility.
  • Security.
  • Collaboration termasuk voice, video, dan data.
  • Data Center.
  • dan Internet of Things.

Cisco berhasil memasarkan produknya dengan baik dan berkembang pesat di asia pasifik dalam waktu tiga dekade terakhir. Cisco juga merupakan vendor utama di pasar Australia yang memimpin semua segmen pasar teknologi. Untuk kawasan di Asia Pasifik, Cisco memilih Australia sebagai kantor utamanya.

Adapun mengenai detail produk dan layanan yang diberikan oleh Cisco adalah sebagai berikut:

1. Layanan Voice Over Internet Protocol (VOIP)

Cisco menjadi salah satu penyedia VOIP terkemuka untuk saat ini yang memiliki target pasar untuk home user melalui akuisisi Scientific Atlanta dan Linksys. Scientific Atlanta bergerak pada ketersediaan peralatan VoIP bagi penyedia layanan kabel seperti Cablevision, UPC, Time Warner, dan lain sebagainya. Sedangkan Linksys merupakan mitra perusahaan seperti Yahoo! Skype, dan Microsoft untuk mengintegrasikan layanan VoIP dengan cordless phone dan wireless.

Jika Anda tidak tahu bagaimana VOIP digunakan dalam jaringan, maka Anda cukup menelpon teman melalui WhatsApp, Line, Telegram atau media berbagi pesan lainnya yang mendukung audio dan audio visual. Nah ketika Anda berkomunikasi suara dengan seseorang melalui jaringan internet, maka Anda sedang menggunakan teknologi VOIP. Paham kan?

2. Hosted Collaboration Solution (HCS)

Hosted Collaboration Solution adalah istilah baru yang digunakan untuk menggambarkan komunikasi teknologi tinggi melalui berbagai media. Hal ini termasuk telephone conferencing, web and video conferencing, messaging, presence, dan mobile communications. Hosted Collaboration bertujuan untuk membuat komunikasi antara bisnis, karyawan, dan pelanggan dapat berjalan selancar mungkin. Partner Cisco menawarkan layanan HCS berbasis cloud atau awan berdasarkan Unified Computing System (UCS) virtual Cisco sehingga komunikasi dapat berjalan jauh lebih baik.

3. Network Emergency Response Vehicle (NERV)

Network Emergency Response Vehicles (NERV) merupakan kendaraan milik Cisco Systems yang digunakan oleh karyawan Cisco selama bencana alam dan krisis publik lainnya terjadi. NERV menyediakan layanan kabel, nirkabel, VOIP, pengawasan video berbasis jaringan, dan konferensi video menggunakan bantuan antena satelit setinggi 1,8 meter.

NERV telah digunakan untuk berbagai macam bencana contohnya seperti, badai, tornado, dan ledakan pipa. Pada tahun 2011, Cisco akhirnya menerima penghargaan dari American Red Cross Silicon Valley atas inovasi kendaraan NERV dalam penanggulangan bencana.

Setelah memahami apa itu Cisco Systems dan layanan serta produk yang diberikan oleh Cisco, Anda juga mungkin tidak akan melewatkan jenis-jenis sertifikasi yang diberikan oleh Cisco . Di bawah ini merupakan penjelasan mengenai macam-macam sertifikasi Cisco.

Macam-Macam Sertifikasi Cisco

Macam-Macam Sertifikasi Cisco

Untuk memastikan bahwa para profesional IT memang memiliki keterampilan dalam dunia jaringan maka Cisco mengeluarkan sertifkasinya. Network administrator bertugas untuk memecahkan masalah teknologi di berbagai bidang yang berhubungan dengan networking dan hal tersebut tercakup pada masing-masing sertifikasi Cisco. Sertifikasi Cisco juga sangat bermanfaat jika Anda ingin membangun karir yang cemerlang sebagai seorang network administrator.

Berikut adalah macam-macam sertifikasi yang dikeluarkan oleh Cisco Systems:

1. Cisco Certified Entry Networking Technician (CCENT)

Sertifikasi CCENT mengharuskan Anda untuk memiliki keterampilan sebagai seorang network support dan ini merupakan sertifikasi pertama yang dikeluarkan oleh Cisco. Orang yang memiliki sertifikat CCENT diharuskan memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk menginstal, mengoperasikan, mengamankan, dan memecahkan masalah jaringan dalam skala kecil. Untuk saat ini Cisco sudah tidak mengeluarkan sertifikasi CCENT dikarenakan mereka menawarkan sertifikasi CCNA yang mencakup berbagai fundamnetal untuk karir IT.

2. Cisco Certified Technician (CCT)

Cisco Certified Technician diwajibkan untuk memiliki keterampilan mendiagnosis, memulihkan, memperbaiki, dan mengganti perangkat jaringan serta sistem Cisco milik pelanggan. Teknisi bekerja sama dengan Cisco Technical Assistance Center (TAC) untuk menyelesaikan masalah dengan cepat dan efisien. Cisco Certified Technician (CCT) memberikan kesempatan bagi para technician support Cisco untuk memperluas bidang keahlian mereka dalam masalah troubleshooting.

3. Cisco Certified Design Associate (CCDA)

Perusahaan biasanya memerlukan jaringan yang dirancang dengan baik guna memiliki kinerja, ketersediaan, dan skalabilitas dengan fleksibilitas tinggi untuk agar sistem perusahaan dapat bekerja dengan semestinya melalui jaringan. Dalam hal ini mendesain arsitektur dan topologi jaringan merupakan hal penting dan CCDA merupakan sertifikasi yang berfokus akan hal tersebut. Sertifikasi Cisco CCDA berfokus desain topologi, pertimbangan perluasan protokol dan pengalamatan serta perutean jaringan dalam skala besar.

Baca Juga: Macam-Macam Sertifikasi yang Diberikan Mikrotik

4. Cisco Certified Network Associate (CCNA)

Memiliki sertifikasi CCNA merupakan cikal bakal cerahnya karir Anda dalam dunia IT. Agar bisa mendapatkan sertifikasi CCNA, Anda harus lulus satu ujian yang mencakup berbagai dasar karir dalam dunia IT. Hal ini meliputi pengetahuan berdasarkan teknologi jaringan terbaru, keterampilan pengembangan perangkat lunak, dan peran pekerjaan yang dibutuhkan.

5. Cisco Certified Network Professional (CCNP)

CCNP berfokus pada perencanaan, penerapan, dan pemecahan masalah jaringan perusahaan secara luas dan lokal dan dapat menemukan solusi yang baik dalam hal keamanan, suara, nirkabel, dan video tingkat lanjut. CCNP adalah sertifikasi tingkat lanjut dari CCNA, berarti materi CCNA harus sudah dikuasai terlebih dahulu jika ingin mendapatkan sertifikat CCNP.

6. Cisco Certified Design Professional (CCDP)

Cisco Certified Design Professional (CCDP) adalah sertifikasi yang mengindikasikan pengetahuan tingkat lanjut mengenai desain jaringan dari routed dan switched yang melibatkan LAN, WAN, dan akses dial untuk jaringan yang lebih besar. CCDP berfokus pada design track, desain jaringan / topologi, konfigurasi jaringan, dan pemasangan jaringan tingkat lanjut.

7. Cisco Certified Internetwork Expert (CCIE)

Cisco Certified Internetwork Expert adalah sertifikasi Cisco yang berofkus pada keterampilan dalam merencanakan, mengoperasikan, dan memecahkan masalah infrastruktur jaringan yang kompleks dan terkonvergensi. Hal ini termasuk routing, switching, dll.

8. Cisco Certified Design Expert (CCDE)

Cisco Certified Design Expert (CCDE) adalah sertifikasi Cisco yang mengharuskan para profesional IT dalam dunia jaringan memiliki pengetahuan serta keterampilan lebih lanjut dalam desain jaringan. Sertifikasi CCDE memiliki tingkat yang lebih tinggi dari sertifikasi Cisco CCIE.

9. Cisco Certified Architect (CCAr)

Cisco Certified Architect (CCAr) diperuntukkan bagi arsitek infrastruktur jaringan yang sangat expert alias senior. Mereka ditujukan agar dapat menghasilkan spesifikasi teknis jaringan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Tidak hanya merencanakan, mengkonfigurasi, atau memecahkan masalah saja, mereka diharapkan dapat membuat inovasi teknologi baru dalam dunia jaringan yang mungkin belum pernah ada sebelumnya.

Berapa Gaji Seorang Network Administrator yang Memiliki Sertifikasi Cisco?

Berapa Gaji Seorang Network Administrator yang Memiliki Sertifikasi Cisco?

Menurut glasdoor.com, seorang network admin yang memiliki sertifikasi dasar dari Cisco yaitu CCNA diperkirakan memiliki gaji sekitar $43.408 atau setara dengan 641.800.000 rupiah per tahunnya atau sekitar 53.500.000 rupiah per bulannya. Cukup fantastis! Namun sayang sekali, biasanya di Indonesia Anda akan mendapatkan gaji yang lebih rendah dibandingkan dengan gaji di negara-negara eropa meskipun bekerja dengan sertifikasi yang sama.

Dimana Saya Bisa Mengikuti Program Sertifikasi Cisco?

Dimana Saya Bisa Mengikuti Program Sertifikasi Cisco?

Apabila Anda tertarik dengan program sertifikasi milik Cisco, jangan khawatir karena banyak sekali lembaga-lembaga di Indonesia yang menyediakannya. Jadi Anda bisa mengikuti ujian tanpa harus datang ke kantor pusat Cisco. Anda dapat mengikuti ujian sertifikasi Cisco pada situs-situs seperti, Netcampus.co.id, Course-net.com, atau di Idn.id. Sebenarnya masih banyak yang menyelenggarakan, namun itu saja yang saya tahu. Sisanya silakan Anda eksplor sendiri.


Bagaimana? Apakah Anda sekarang sudah mengenal apa itu Cisco Systems beserta macam-macam sertifikasi Cisco? Saya harap artikel ini dapat mencerahkan Anda mengenai Cisco, terlebih lagi bagi Anda yang ingin membangun karir menjadi seorang network administrator. Semoga bermanfaat!

Oleh Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

Postingan Terkait:

0 Komentar

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *