Apa itu Mifi dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Apa itu Mifi dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

oleh | Sep 5, 2020 | Tips Informasi

KacaTeknologi.com Dalam urusan mengakses internet kita cenderung menggunakan mobile data karena kemudahan yang ditawarkannya. Anda hanya perlu membeli paket data kemudian Anda dapat menikmati akses internet sesuka hati. Mifi hadir lebih dari sekedar mobile data dan WiFi yang tidak bisa dibawa kemana-mana. Mifi membuat akses internet Anda menjadi jauh lebih simple karena sifat portabelnya. Mari kita telusuri lebih lanjut mengenai apa itu Mifi? cara kerja Mifi, serta apa perbedaan antara WiFi dan Mifi.

Apa Itu Mifi?

Apa Itu Mifi? Mifi adalah perangkat nirkabel yang berukuran lebih kecil dari smartphone, yang memuat sinyal internet layaknya WiFI dan dapat Anda gunakan saat perjalanan keluar rumah.

Mifi adalah perangkat nirkabel yang berukuran lebih kecil dari smartphone, yang memuat sinyal internet layaknya WiFI dan dapat Anda gunakan saat perjalanan keluar rumah. Mifi juga kerap kali disebut sebagai modem portabel, karena kita ketahui bahwa modem komputer tidak dapat dibawa kemana-mana, dan Mifi hadir sebagai modem yang dapat Anda gunakan di berbagai perangkat yang bisa Anda masukkan ke saku celana.

Berbicara mengenai Mifi, sebenarnya tidak jauh berbeda dari WiFi dan mobile data sendiri. Mifi memiliki pengaturan sama seperti router pada komputer yang membutuhkan alamat IP agar dapat terkoneksi ke jaringan internet. Ketika perangkat Anda terkoneksi ke jaringan Mifi, maka Anda akan mendapatkan alamat IP yang sesuai yang ada pada Mifi.

Biasanya Mifi memiliki satu slot SIM Card, dan satu slot Micro SD. Manfaat utama Mifi adalah memungkinkan Anda untuk berbagi koneksi jaringan mobile broadband ke banyak pengguna dalam waktu yang bersamaan. Seperti halnya Wifi dan data seluler, Mifi juga menggunakan sistem tagihan bulanan atau tahunan. Namun, kini banyak penyedia internet yang menawarkan Mifi dengan sistem pembelian kuota.

Cara Kerja Mifi

Cara Kerja Mifi

Mifi secara garis besar masih memanfaatkan jaringan ponsel 3G, 4G, atau 5G dan menggunakan koneksi tersebut untuk membuat cloud atau hotspot broadband. Loh, kalau seperti itu berarti tidak ada bedanya dong dengan data seluler? Sebentar, masih belum selesai! Mifi dapat berbagi jaringan internetnya ke perangkat yang mendukung seperti smartphone, tablet, laptop, dan bahkan konsol game.

Mifi akan memberikan Anda akses internet sesuai dengan sistem pembayaran yang Anda gunakan, apakah sistem tagihan bulanan / tahunan, atau sistem kuota. Jika Anda menggunakan sistem kuota, maka Mifi akan membaca SIM Card yang dipasangkan di dalamnya. Sedangkan jika Anda menggunakan sistem tagihan, maka Anda diharuskan membayar tagihan ke penyedia internet sebelum jatuh tempo, jika tidak otomatis Mifi Anda akan diisolir.

Dalam hal ini kita sudah bisa melihat perbedaan kecilnya, yaitu Anda bisa membayarnya dengan sistem tagihan atau dengan membeli kuota. Adapun mengenai kecepatan koneksi, jenis koneksi yang digunakan, dan ketahanan sinyalnya, hal tersebut masih bergantung pada penyedia internet yang bersangkutan.

Cara Menggunakan Mifi

Cara menggunakan Mifi sangatlah sederhana, bahkan tidak berbeda jauh ketika Anda membeli kuota. Disini saya akan mencontohkan cara membeli kuota Mifi.

Cara menggunakan Mifi sangatlah sederhana, bahkan tidak berbeda jauh ketika Anda membeli kuota. Disini saya akan mencontohkan cara membeli kuota Mifi, karena rata-rata penyedia Mifi sekarang sudah beralih ke sistem kuota dan jarang yang menggunakan sistem tagihan. Berbeda halnya di negara-negara eropa yang masih banyak menggunakan sistem tagihan.

Berikut adalah cara menggunakan Mifi:

  1. Silakan masukkan kartu SIM Mifi terlebih dahulu.
  2. Nyalakan Mifi dengan menekan tombol power.
  3. Anda dapat melihat password default tepat di belakang Mifi atau di belakang kardusnya.
  4. Gunakan tombol yang ada untuk mengganti password sesuai yang Anda inginkan.
  5. Apabila Mifi sudah menyala dan siap digunakan (biasanya ditandai dengan lampu sensor berwarna hijau), maka Mifi sudah siap untuk digunakan.

Adapun mengenai pembelian kuota Mifi, dapat Anda ikuti caranya di bawah ini. Berikut adalah cara membeli kuota Mifi:

  1. Buka ponsel Anda dan unduh aplikasi pembelian paket seperti Mylink, atau aplikasi lainnya yang sesuai dengan vendor Mifi Anda.
  2. Silakan Anda top up pulsa terlebih dahulu ke aplikasi sesuai kebutuhan.
  3. Setelah top up berhasil, masukkan nomor kartu SIM yang terpasang di Mifi.
  4. Pilih paket yang Anda inginkan.
  5. Beli paket dan tunggu beberapa menit sampai proses pembelian berhasil.

Anda juga bisa langsung pergi ke konter Mifi dan langsung membeli kuota yang diinginkan disana. Biasanya jika Anda membeli Mifi pertama kali, Anda akan diberitahu metode apa saja yang didukung untuk pembelian kuota internet Anda.

Perbedaan Antara Wifi dan Mifi, Mana yang Lebih Unggul?

Perbedaan Antara Wifi dan Mifi, Mana yang Lebih Unggul?

Membicarakan perbedaan tentu masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Oleh karena itu, saya akan membahas kedua hal tersebut secara netral. Perbedaan antara Wifi dan Mifi terletak pada perannya, Wifi berperan untuk mengatur mengatur channel width, bandwidth, pemblokiran IP, proxy, dan lain sebagainya. Sedangkan Mifi hanya berperan sebagai router jaringan yang dapat menampung lebih banyak pengguna dalam waktu yang sama.

Wifi juga menjadi salah satu solusi jika Anda menginginkan koneksi internet yang cepat, dengan syarat Wifi tersebut memiliki bandwidth yang besar dan media koneksi yang digunakan adalah kabel fiber optik. Sedangkan Mifi kurang lebih kecepatannya masih sama seperti data seluler pada umumnya. Sedangkan soal harga itu semua tergantung pada paket yang digunakan.

Dapat kita simpulkan bahwa Wifi unggul dalam kecepatan namun tidak fleksibel, sedangkan kelebihan Mifi terletak pada fleksibilitasnya yaitu dapat dibawa kemana-mana.

Mifi vs Paket Data, Pilih yang Mana?

Mifi vs Paket Data, Pilih yang Mana?

Memilih diantara kedua opsi tersebut merupakan hal yang relatif. Semuanya dikembalikan ke pribadi masing-masing mengenai apa kebutuhan utama Anda? Jika Anda membutuhkan koneksi perangkat yang cenderung banyak, misalkan Anda ingin mengakses internet dari laptop dan HP secara bersamaan tanpa mengurangi kecepatan internet, Mifi adalah solusi yang tepat akan permasalahan ini.

Sebaliknya, jika Anda hanya ingin menggunakan internet untuk satu perangkat saja dengan penggunaan standar maka paket data merupakan pilihan yang sesuai untuk Anda. Saya sendiri tidak dapat memaksakan Anda harus memilih sesuai dengan apa yang saya tulis, jika Anda memang menyukai Mifi silakan Anda gunakan saja.

Saya pribadi cenderung menggunakan paket data, karena dengan paket data saya hanya memerlukan satu perangkat saja agar dapat memiliki akses internet pada HP yang saya gunakan, dan saya jarang sekali berbagi internet dengan perangkat lain dalam waktu yang sama. Selain itu, jika menggunakan Mifi otomatis saya harus mengecas Mifi jika baterainya habis, dimana hal ini hanya memakan waktu saja.

Berapa Harga Modem Mifi?

Berapa Harga Modem Mifi?

Jika Anda benar-benar ingin menggunakan Mifi sebagai akses internet utama Anda, jangan lupa untuk memastikan bahwa produk yang dibeli memiliki kualitas yang baik. Membeli produk dengan kualitas buruk hanyalah membuang-buang uang, karena harga modem Mifi juga cukup lumayan tinggi. Belum lagi membeli kuota internetnya.

Harga modem Mifi dibanderol mulai dari Rp. 200.000 – sampai Rp. 1.000.000 an. Harga tentu mencerminkan kualitas, biasanya untuk harga diatas Rp. 500.000 sudah memiliki fitur USB, power bank, storage sharing, baterai berkapasitas tinggi, dapat mengatur frekuensi, dan memiliki kecepatan yang jauh lebih tinggi daripada harga di bawahnya.

Banyak sekali ISP yang menyediakan produk Mifi ini seperti Telkosmel, XL, Bolt, Smartfren, Indosat, Tri, dan lain-lain. Pastikan Anda memilih provider yang tepat, karena tidak semua Mifi dapat bekerja baik di semua daerah layaknya data seluler. Jadi jika Anda menanyakan beberapa hal seperti:

  • Apa itu Mifi Telkomsel?
  • Apa itu Mifi XL?
  • Apa itu Mifi Bolt?
  • Apa itu Mifi Smartfren?
  • atau Apa itu Mifi Indosat?

semua itu tidak ada bedanya, Itu hanyalah merk belaka.

Kesimpulan

Jika Anda masih belum paham mengenai pengertian Mifi, cara kerja Mifi, dan cara menggunakan Mifi, Anda bisa membaca ringkasannya di bawah ini:

  • Mifi adalah singkatan dari Mobile Wifi, yaitu perangkat yang dapat memberikan akses internet layaknya Wifi namun bisa dibawa kemana-mana.
  • Kelebihan Mifi terletak pada fleksibilitasnya, sedangkan Wifi terletak pada kecepatannya.
  • Mifi dapat menampung pengguna jauh lebih banyak dalam waktu yang sama tanpa mengurangi kecepatan, sedangkan mobile hotspot hanya dapat menampung pengguna beberapa saja dan akan memengaruhi kecepatan internet.
  • Mifi memiliki sistem pembelian paket kuota atau tagihan bulanan / tahunan.
  • Mifi dibanderol mulai dari 200 ribu rupiah sampai 1 juta rupiah sesuai dengan kualitasnya.

Nah bagaimana Teknologers, sudah paham kan mengenai apa itu Mifi? bagaimana cara kerja Mifi?, cara menggunakan Mifi, serta perbedaan antara Wifi dan Mifi? Setelah membaca artikel ini, apakah Anda tertarik untuk membelinya? Jika iya, silakan jelaskan alasannya di kolom komentar begitupun jika tidak. Semoga bermanfaat!

Oleh Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

Postingan Terkait:

0 Komentar

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *