Mudah! 2 Cara Cek Porsi Haji Melalui HP Android Terbaru

oleh | Mar 25, 2020 | Tips Informasi

Cara cek porsi haji melalui HP / smartphone Android / PC komputer dengan mudah lewat aplikasi Cek Porsi Haji (Play Store) dan situs  Kemenag RI.

KacaTeknologi.com – Dengan adanya era digital yang serba praktis ini membuat kita menjadi lebih mudah dalam menggali informasi, salah satunya informasi tentang cara cek porsi haji. Kini informasi bahkan lebih mudah didapat karena sudah banyak perkembangan aplikasi Android dikarenakan pengguna Android terus meningkat setiap tahunnya.

Banyaknya pendaftar untuk melakukan ibadah haji tentu membuat antrean ibadah ini menjadi panjang. Terlebih lagi kuota yang diberikan sangat sedikit dan terbatas. Banyak masyrakat yang sudah mendaftar atau yang akan berangkat perlu menunggu bertahun-tahun hanya untuk mendapatkan nomor porsi haji.

Apa itu Nomor Porsi Haji?

Nomor porsi haji adalah nomor urut pendaftaran yang dimiliki oleh para jemaah haji yang didapatkan saat membayar setoran awal pada Bank penerima setoran yang bertujuan untuk pembiayaan / ongkos untuk melaksanakan haji.
Adapun untuk cara cek porsi haji melalui HP / smartphone Android sangatlah mudah. Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi yang tersedia di Play Store yang bernama Cek Porsi Haji yang dikembangkan oleh Albani Studio. 
Menurut informasi yang saya dapatkan langsung dari aplikasinya, aplikasi Cek Porsi Haji ini dibuat khusus untuk memudahkan para calon jemaah dalam mengakses informasi porsi haji dan tahun keberangkatannya yang mana sudah disesuaikan oleh Kemenag RI.
Klik 2x untuk Mengunduh Aplikasi…
(Klik 2x) Download Aplikasi[button_info]
Untuk mendapatkan informasi mengenai nomor porsi haji dan juga jadwal keberangkatan, Anda akan membutuhkan konesi internet untuk hal ini. Pada aplikasi dijelaskan juga bahwa Anda hendaknya bersabar ketika mengakses aplikasi yang disebabkan oleh masalah koneksi dikarenakan aplikasi ini langsung terhubung ke data publik yang disediakan oleh Kementrian Haji RI.
Selain menggunakan aplikasi, Anda juga bisa memanfaatkan situs Kemenag atau Kementrian Agama Indonesia jika tidak ingin repot-repot mengunduh aplikasi di Play Store.

Berikut adalah cara mengecek porsi haji melalui smartphone / HP Android terbaru:

1. Menggunakan Aplikasi Cek Porsi Haji (Play Store)

mengecek nomor porsi haji menggunakan aplikasi Play Store
  1. Untuk yang paling pertama, tentu Anda harus mengakses Play Store terlebih dahulu.
  2. Gunakan menu pencarian Play Store dan cari aplikasi Cek Porsi Haji.
  3. Silakan unduh dan instal aplikasi tersebut.
  4. Setelah aplikasi berhasil terpasang, Anda bisa mulai jalankan aplikasinya dan pilih menu Cek Porsi Haji.
  5. Kemudian, masukkan nomor porsi haji yang Anda miliki.
  6. Selanjutnya, klik submit.
  7. Otomatis informasi mengenai porsi haji akan tampil dengan detail.
Adapun yang tampil pada aplikasi ini meliputi nomor porsi, nama, asal kabupaten/kota, jumlah kuota maksimal provinsi, posisi porsi kuota provinsi dan perkiraan tahun keberangkatan.

Untuk cara yang kedua, bisa Anda ikuti di bawah.

2. Menggunakan Situs Kementrian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI)

mengecek nomor porsi haji menggunakan situs Kementrian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI)
Anda juga bisa menggunakan cara kedua ini jika tidak mau repot-repot menggunakan cara pertama. Namun untuk menggunakan cara kedua ini, Anda harus menggunakan browser tercepat yang Anda miliki agar proses pengaksesan porsi haji menjadi lebih mudah.
  1. Silakan Anda kunjungi situs https://haji.kemenag.go.id/.
  2. Setelah situs berhasil dimuat, silakan gulir halaman ke bawah sampai Anda menemukan “text box nomor porsi”.
  3. Masukkan nomor porsi haji Anda kemudian klik cari.
  4. Tunggu sesaat sampai proses pencarian selesai.
  5. Jika sudah, maka informasi mengenai nomor tersebut akan ditampilkan dengan jelas.
Catatan: Jika situs memunculkan pesan overload, atau request time out, hal tersebut berarti situs/server sedang memiliki trafik yang penuh atau sedang dalam masa perbaikan (maintenance). Solusinya, silakan Anda cek kembali di lain waktu atau di waktu kosong yang mana diperkirakan hanya sedikit orang yang mengakses situs tersebut.
Untuk cara kedua ini dapat diakses tidak hanya melalui Android / smartphone saja, namun Anda juga bisa menggunakan komputer / PC. Untuk caranya masih sama saja seperti yang dijelaskan di atas, hanya perangkatnya saja yang berbeda.

Mungkin sekian mengenai cara cek porsi haji melalui HP Android / smartphone / PC terbaru. Saya harap artikel ini dapat memberikan informasi yang sedang Anda butuhkan saat ini. Satu doa dari penulis, semoga Allah mempermudah segala urusan Anda dalam menunaikan ibadah haji dan semoga Anda menjadi haji yang mabrur, Aamiin.

Oleh Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

Postingan Terkait:

1 Cara Mengatasi Tempered Glass Bergelembung

1 Cara Mengatasi Tempered Glass Bergelembung

Kacateknologi.com - 1 Cara Mengatasi Tempered Glass Bergelembung semakin lama perkembangan teknologi semakin pesat dan semakin berkembang khusunya dalam urusan smartphone dimana para produsen smartphone berlomba-lomba untuk membuat sebuah smartphone yang kini sudah...

baca lainnya

0 Komentar

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *