Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

Cara Menghemat Baterai Hp Android Agar Awet dan Tahan Lama

2 min read

Cara Menghemat Baterai Hp Android Agar Awet dan Tahan Lama

Kacateknologi.com – Cara Menghemat Baterai Hp Android Agar Awet dan Tahan Lama, Baterai smartphone yang semakin lama semakin boros dan makin cepat habis terkadang menjadi keluhan tersendiri bagi para pengguna smartphone dimana semakin tingginya mobilitas dan penggunaan smartphone maka akan memakan daya yang cukup besar juga.

Meskipun demikian sebenarnya ada beberapa cara yang bisa sobat coba untuk mencoba menghemat dan memaksimalkan kekuatan dari baterai smartphone yang kita punya, agar tetap awet juga tahan lama.

Cara ini berfungsi untuk semua jenis smartphone termasuk Oppo, Xiaomi, Samsung, dan beberapa merk smartphone lainnya.

Cara Menghemat Baterai Hp Android Agar Awet dan Tahan Lama

Dan berikut ini adalah Cara Menghemat Baterai Hp Android Agar Awet dan Tahan Lama yang bisa sobat coba.

1. Jangan Menggunakan Smartphone Saat Sedang di Charge ( Dicas )

Yang pertama dalam Cara Menghemat Baterai Hp Android Agar Awet dan Tahan Lama adalah jangan menggunakan smartphone ketika kita sedang mengisi dayanya, kebiasaan ini masih sering saya temukan terutama di orang-orang terdekat saya, memang sulit rasanya menahan godaan rebahan sambil memainkan smartphone ya sobat, hehehe.

Faktanya menggunakan smartphone sambil di-charge dapat meningkatkan tekanan pada baterai smartphone dan membuat efektivitasnya menurun lebih cepat. Jadi jangan menggunakan smartphone ketika sedang di charge ya sobat.

Baca Juga : 5 Ciri Baterai Android Mengalami Kebocoran

2. Gunakan Fitur Mode Hemat Daya

Yang kedua, adalah dengan mengaktifkan fitur mode hemat daya, biasanya smartphone saat ini sudah dilengkapi dengan fitur tersebut, untuk bisa mengaktifkannya sobat bisa menggulirkan atau scroll down menu taskbar di bagian atas smartphone.

Contoh, disini saya menggunakan HP Oppo dan sudah dilengkapi dengan fitur mode hemat daya tersebut.

Cara Menghemat Baterai Hp Android Agar Awet dan Tahan Lama
Mode Hemat Daya Smartphone

Fitur Mode Hemat daya pada sebuah smartphone sendiri memiliki manfaat yaitu menghemat baterai smartphone dan membuatnya lebih tahan lama daripada durasi semestinya. Dengan aktifnya mode tersebut, semua aplikasi yang berjalan di latar belakang atau background otomatis akan berhenti.

3. Atur Kecerahan Layar Smartphone

Yang ketiga dalam Cara Menghemat Baterai Hp Android Agar Awet dan Tahan Lama adalah dengan mengatur kecerahan layar smartphone, biasanya semakin cerah layar maka konsumsi daya yang dibutuhkan semakin besar juga. Jadi silahkan mengurangi kecerahan layar smartphone agar baterai tetap awet dan tahan lama.

4. Matikan GPS, Data Seluler dan Bluetooth

Berikutnya apabila fitur-fitur yang saya sebutkan diatas tidak digunakan dan tidak diperlukan, maka alangkah baiknya sobat menonaktifkan fitur tersebut, karena dengan aktifnya GPS, Data Seluler dan Bluetooth, membutuhkan konsumsi daya yang cukup besar.

5. Jangan Memainkan Game Terlalu Lama

Memainkan game terlalu lama apalagi game yang kita mainkan merupakan game yang cukup berat, otoamtis akan menggerus daya smartphone yang ada, sebagai salah satu cara sobat bisa mengistirahatkan smartphone sesekali agar tidak terjadi overheat alias kepanasan.

6. Tutup Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Semakin banyak aplikasi yang dibuka, maka semakin banyak pula konsumsi daya yang dibutuhkan, biasanya aplikasi-aplikasi yang berjalan di belakang layar bisa menguras daya smartphone kita, jadi sangat disarankan untuk menutup aplikasi-aplikasi yang sekiranya tidak terpakai.

Selain itu menutup aplikasi yang tak terpakai juga bisa membantu RAM ( Random Access Memory ) untuk memiliki lebih banyak ruang.

7. Gunakan Fitur Dark Mode atau Mode Gelap

Dark Mode atau yang familiar juga dengan sebutan Mode Gelap, merupakan sebuah fitur yang sangat memanjakan para pengguna nya, selain lebih nyaman untuk dilihat dalam jangka waktu yang lama, Dark Mode juga membantu mengurangi konsumsi daya secara berlebih.

Biasanya smartphone-smartphone keluaran terbaru sudah memiliki fitur tersebut yang layak untuk diterapkan.

Cara Menghemat Baterai Hp Android Agar Awet dan Tahan Lama
Fitur Mode Gelap

Nah diatas merupakan salah satu contoh fitur mode gelap yang juga saya aktifkan.

Baca Juga : Cara Terbaru Mengaktifkan Fitur Dark Mode Instagram di Android 9

8. Aktifkan Mode Pesawat

Berikutnya dalam Cara Menghemat Baterai Hp Android Agar Awet dan Tahan Lama adalah dengan mengaktifkan mode pesawat apabila sobat sudah tidak lagi menggunakan smartphone, seperti ketika ingin tidur misalnya, selain mampu mengurangi radiasi, mengaktifkan mode pesawat juga bisa menghemat konsumsi daya smartphone.

9. Aktifkan Mode Sleep Layar Smartphone

Yang terakhir dari Cara Menghemat Baterai Hp Android Agar Awet dan Tahan Lama adalah dengan mengaktifkan fitur Mode Sleep pada layar smartphone ( layar mati otomatis ), dengan aktifnya mode tersebut otomatis akan mengurangi konsumsi daya smartphone yang akan habis apabila menyala secara terus-menerus.

Baiklah sobat demikianlah artikel tentang Cara Menghemat Baterai Hp Android Agar Awet dan Tahan Lama semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.

Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com