Kacateknologi.com – 5 Ciri Baterai Android Mengalami Kebocoran. Smartphone merupakan salah satu barang yang wajib dimiliki oleh setiap orang saat ini, dimana dengan adanya smartphone memang diklaim dapat mempermudah aktifitas manusia, selain bisa digunakan untuk berkomunikasi melalui sosial media, adanya smartphone pun bisa membantu manusia menyelesaikan pekerjaan, menjadi pemandu perjalanan dan lain sebagainya.

Smartphone sendiri terdapat komponen yang namanya baterai, baik itu baterai tanam ataupun baterai lepas, berbicara tentang baterai tanam dan baterai lepas, kedua tipe ini memiliki keunggulannya tersendiri dan kelemahannya masing-masing.

Baterai sendiri saya rasa menjadi bagian yang paling penting karena jika tidak adanya baterai maka sebuah smartphone tidak akan bisa hidup, terutama ketika daya nya habis, berbicara tentang baterai tidak luput beberapa pengguna smartphone mengeluhkan tentang mudahnya sebuah baterai smartphone bocor.

Baca Juga : 1 Cara Mengatasi Tempered Glass Bergelembung

Nah menarik, apa saja sih yang jadi penyebab bocornya baterai smartphone? apa sih ciri-ciri baterai tanam bocor? kemudian apa ada cara mengecek baterai bocor? dan apakah ada cara mengatasi baterai tanam bocor?

Tentu saja ada, pada artikel kali ini saya akan membahas artikel tentang 5 Ciri Baterai Android Mengalami Kebocoran , tidak hanya itu saya juga akan berbagi penyebab dan cara mengatasinya, berdasarakn pengalaman pribadi saya.

5 Ciri Baterai Android Mengalami Kebocoran

Ada 5 Ciri Baterai Android Mengalami Kebocoran yang bisa sobat jadikan patokan, dan bisa sobat jadikan acuan apabila menemukan kejanggalan pada baterai smartphone yang sobat gunakan saat ini.

1. Baterai Smartphone Cepat Habis

Pernahkah sobat mengalami baterai smartphone yang begitu cepat habis walaupun tidak digunakan? atau ada kejanggalan jika biasanya kita gunakan dalam durasi tertentu, lalu masa habisnya jauh lebih cepat, maka bisa dipastikan baterai smartphone atau android sobat mengalami kebocoran.

Setidaknya hal tersebut pernah saya alami ketika memutar musik nonstop 2 jam, biasanya baterai saya hanya habis sekitar 30% tapi saya menemukan kejanggalan dimana baterai android saya benar-benar habis 100% dan smartphone dalam keadaan mati.

2. Waktu Charging Smartphone Lebih Lama

Yang kedua dalam artikel 5 Ciri Baterai Android Mengalami Kebocoran adalah ketika waktu charging atau ngecas jauh lebih lama dari biasanya, hal itu juga pernah saya alami, jika biasanya saya hanya memerlukan waktu 1 setengah jam saja, tiba-tiba dalam waktu 3 jam masih belum full pengisian daya nya.

Nah apabila sobat mengalami hal yang sama, bisa dipastikan baterai smartphone sobat mengalami kebocoran.

3. Indikator Baterai Tidak Normal

Yang ketiga adalam 5 Ciri Baterai Android Mengalami Kebocoran adalah indikator baterai tidak normal, jika pada indikator masih menunjukan umur baterai dalam persentase tertentu, tapi ketika kita cek di sistem ternyata tidak sinkron dengan persentase yang ada di indikator, maka hal tersebut bisa diapstikan baterai android sobat mengalami kebocoran.

4. Suhu Baterai Sangat Tinggi

Jika sobat terbiasa menggunakan aplikasi dalam beberapa jendela atau proses, kemudian tiba-tiba sobat merasakan suhu panas yang sangat tinggi pada letak baterai berada, maka hal tersebut juga merupakan ciri dari bocornya baterai android.

5. Smartphone Sering Mati Tiba-tiba

Yang terakhir dalam 5 Ciri Baterai Android Mengalami Kebocoran adalah smartphone yang sering mati secara tiba-tiba, tentu hal seprti ini membuat jengkel, saya pernah mengalami hal seperti ini ketika baterai dalam keadaan full 100% kemudian tidak saya gunakan, dan ketika ingin doperasikan justru smartphone saya mati, nah jika sobat pun mengalami hal tersebut bisa dipastikan baterai android sobat pun bocor.

Baca Juga : 5 Langkah Mengatasi HP Sering Lag atau Ngehang Terbaru

Penyebab Bocornya Baterai Smartphone

Apa sih yang jadi penyebab bocornya sbeuah baterai android? berikut ini adalah penyebab paling umum yang sering terjadi.

  • Terlalu Sering Charging HP, jangan terlalu sering mengecas HP jika keadaan baterai masih full, karena hal tersebut dapat mengakibatkan kebocoran.
  • Menggunakan HP Ketika di Charge, menggunakan HP pada saat sedang di cas meruapakn hal yang paling sering saya lihat, entah itu untuk membalas chat, bermain game, atau untuk menelpon.
  • Tidak Menggunakan Charger Original, menggunakan chargeran yang ada dengan alasan tidak ingin ribet, atau tidak terbawa juga alasan yang sering saya dengar, meskipun tidak berefek langsung, jika terallu sering maka tidak menutup kemungkinan akan terjadinya kebocoran pad baterai android.

Cara Mengatasi Baterai Tanam atau Baterai Lepas Bocor

Bagaimana sih cara mengatasi baterai tanam atau baterai lepas yang bocor? cara yang paling ampuh adalah dengan mengganti baterainya dengan yang baru, Kalo Baterai tanam, bukannya gak bisa diganti, mas? memang namanya baterai tanam, tapi bukan berarti tidak bisa diganti, semuanya bisa yang membedakan baterai tanam dan lepas adalah bisa dicabut dari smartphone dan tidak. Sobat bisa membeli baterainya di toko online seperti Lazada, ataupun ke toko service terdekat

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi HP Cepat Panas dan Batre Cepat Habis

Selain itu apabila mengalami kebocoran ringan, sobat bisa melakukan cara berikut ini.

  • Selalu Gunakan Charger Original
  • Menggunakan Mode Gelap
  • Gunakan Mode Hemat Daya / Hemat Baterai

Nah sobat demikianlah artikel tentang 5 Ciri Baterai Android Mengalami Kebocoran semoga bermanfaat ya.