Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

10 Game Online untuk Anak Perempuan Terbaik

5 min read

10 Game Online untuk Anak Perempuan Terbaik

KacaTeknologi.com – Menurut penelitian yang dilakukan oleh Karolinka Institute Swedia kebiasaan interaksi anak-anak terhadap penggunaan layar memengaruhi kemampuan kognitif mereka dari waktu ke waktu. Anak-anak yang sering bermain game dapat meningkatkan kecerdasan IQ mereka sekitar 2,5 poin IQ di atas rata-rata. Game umumnya lebih sering dimainkan oleh anak laki-laki, padahal banyak juga game online untuk anak perempuan yang memang sengaja diciptakan.

Dalam hal ini, pemilihan game juga perlu diperhatikan, karena tidak semua game cocok untuk dimainkan khususnya oleh anak-anak. Perbedaan gender juga mungkin membuat ketertarikan terhadap suatu genre/kategori game berbeda. Misalnya untuk anak perempuan, biasanya cenderung menyukai permainan mengenai masak-masakan, berdandan, atau berkebun sedangkan anak laki-laki cenderung menyukai game balapan, petualangan, atau perang.

Kapan Game Mulai Dapat Dimainkan oleh Anak-Anak?

Seperti yang dilansir dari laman liputan6, psikolog bernama Astrid Wen menjelaskan bahwa game sudah dapat dimainkan oleh anak-anak yang berusia 3-4 tahun. Hanya saja, jenis game-nya ini yang perlu diperhatikan, karena game itu banyak jenisnya seperti game puzzle, game edukatif, atau game cerita. Tentunya orang tua juga harus mendampingi dan menjelaskannya secara menyenangkan.

Hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua juga adalah tidak boleh memberikan game sebagai solusi agar anak “anteng” atau tenang. Khawatirnya, ketika anak menangis maka orang tua langsung memberikan game sebagai solusinya, yang mana hal ini dapat menimbulkan kecanduan terhadap game dan justru berdampak buruk dalam jangka panjang.

Daftar Game Online untuk Anak Perempuan Terbaik

Game yang saya review pada artikel ini saya gabungkan dari penilaian pribadi yang diambil dari keseruan game, tantangan, dan juga skenario game yang dibuat serta penilaian pengguna lain yang saya ambil dari rating yang mereka berikan.

1. Magical Hair Salon 2

Jujur, ini game yang sangat lucu untuk dimainkan oleh anak perempuan. Semua anak perempuan dijamin suka dengan konsep game ala salon ini. Pada game ini, pemain ditugaskan untuk melakukan perubahan pada rambut entah itu mewarnai, memotong, atau memberikan cream pada rambut agar terlihat lebih segar.

10 Game Online untuk Anak Perempuan Terbaik

Dari konsep game ini, anak-anak akan dilatih kreatifitasnya dengan segala bentuk modifikasi yang dilakukan. Selain itu, terdapat tantangan juga dimana pemain dapat membeli peralatan baru dengan cara mengumpulkan koin terlebih dahulu yang didapat dari hasil menyalon. Seru kan 🙂

Download di PlayStore

2. Pou

10 Game Online untuk Anak Perempuan Terbaik

Sepertinya game ini sudah dimainkan dari generasi ke generasi, soalnya saya juga ikut main game Pou ini, hihi. Pou cenderung dimainkan oleh anak perempuan dan tentu banyak sekali yang menyukainya. Pemain bisa memainkan banyak sekali jenis game di dalamnya serta membuat perubahan terhadap karakter Pou itu sendiri.

Saya sangat suka sekali game Pou ini semenjak zaman sekolah dulu, hanya saja popularitasnya mulai redup beberapa tahun kebelakang. Meskipun demikian, game ini tetap cocok untuk dimainkan anak-anak dan orang tua tidak perlu khawatir karena fitur game nya sangat ramah terhadap anak.

Download di PlayStore

3. Unicorn Cooking

Game memasak menjadi salah satu opsi yang bisa dicoba untuk dimainkan. Pasalnya, game memasak tidak membosankan dan juga dapat mengajarkan anak-anak mengenai tata cara memasak secara virtual, khususnya anak perempuan.

10 Game Online untuk Anak Perempuan Terbaik

Anak-anak setidaknya dapat mengetahui jenis-jenis masakan/makanan, bagaimana cara memasaknya, dan juga cara menyajikannya dengan cara yang baik. Unicorn cooking mendapatkan total unduh lebih dari 10jt pengguna karena memiliki fitur dan juga grafik game yang sangat bagus. Saya sendiri merekomendasikan kamu untuk mencoba game ini dan merasakan sensasi memasak virtual yang asik!

Download di PlayStore

4. My Room

10 Game Online untuk Anak Perempuan Terbaik

My Room merupakan game online perempuan yang berfokuskan dalam menata kamar sedemikian rupa sesuai dengan kreatifitas pemainnya. My Room menyediakan banyak sekali furnitur dan juga benda-benda serta pilihan desain yang dapat diaplikasikan ke kamar milik pemain.

Yang paling saya suka dari game ini adalah kemudahan dalam menatanya, grafik, dan juga pilihan desain yang memanjakan mata. Ketika bermain, yang pertama kali saya lakukan adalah memikirkan gambaran kamar saya seperti apa? Jika sudah baru saya aplikasikan ke dalam game. Hal ini juga cocok loh buat kamu yang mau coba ganti desain kamar tetapi khawtir desainnya tidak cocok.

Download di PlayStore

5. Baby Care: Toddler Games

Sesuai dengan judulnya, game ini mengharuskan pemain untuk merawat bayi, anggap saja pemain seperti baby sitter yang merawat bayi, mengganti pakaiannya, memberinya makan, dan lain sebagainya. Hal yang paling saya suka dari game Baby Care adalah dapat memberikan gameplay yang interaktif.

10 Game Online untuk Anak Perempuan Terbaik

Ambil contoh seperti memandikan bayi, pemain dapat menggosokan sabun dan juga spons kepada tubuh bayi agar bersih. Ini memberikan gambaran yang nyata dan pemain dapat merasakan sensasi sebagaimana memandikan bayi sungguhan.

Download di PlayStore

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Lag Ketika Bermain Game di Laptop

6. Indiara and The Skull Gold

Game keenam ini agak sedikit berbeda dari 5 game sebelumnya. Ketika saya mencari game yang akan dimainkan, saya kemudian mendapati game ini. Indiara and The Skull Gold merupakan game arcade yang menurut saya wajib dicoba jika kamu menyukai tantangan.

Game ini cocok dimainkan oleh laki-laki maupun perempuan, karena dalam game ini kamu akan bertugas untuk mengumpulkan emas dan berlian sebanyak-banyaknya dan menghindari kotak penghalang yang dapat menyebabkan kamu tertabrak objek yang berada di belakang player.

10 Game Online untuk Anak Perempuan Terbaik Tanpa Download untuk PC dan Android

Game Indiara and The Skull Gold memiliki 9 level, saya baru mencoba 2 level dan gamenya memang seru. Karakter, grafik, musik, dan kesulitan game menurut saya sangat seimbang. Hanya saja, 9 level menurut saya masih sangat kurang. Kemudian, mungkin game dapat menyediakan opsi untuk membeli aksesoris menarik sehingga pemain tidak bosan dan memiliki objective yang jelas dalam memainkan game.

10 Game Online untuk Anak Perempuan Terbaik Tanpa Download untuk PC dan Android

Namun, game ini tidak memiliki iklan dan tidak perlu di-download karena disajikan dalam bentuk HTML5, artinya kamu hanya membutuhkan koneksi internet dan browser saja untuk memainkannya. Selain itu, pada platform yang saya mainkan banyak sekali game lainnya yang bisa kamu coba (tidak terbatas pada game untuk anak perempuan saja).

Nah kamu bisa menemukan kategori game lainnya di bagian footer website, disana memuat banyak sekali game yang bisa kamu pilih berdasarkan kategorinya.

10 Game Online untuk Anak Perempuan Terbaik Tanpa Download untuk PC dan Android

Main disini! (tidak perlu download)

7. Elena of Avalor

10 Game Online untuk Anak Perempuan Terbaik Tanpa Download untuk PC dan Android

Ketika saya scroll down pada situs yang sama seperti game keenam di atas, saya menemukan game online untuk anak perempuan yang cukup menarik dari segi grafik dan juga jalan ceritanya. Terdapat dua jenis permainana yang dapat dimainkan dalam game Elena of Avalor. Pertama pemain menunggangi seekor macan dan kamu diharuskan mengumpulkan gems sebanyak-banyaknya.

10 Game Online untuk Anak Perempuan Terbaik Tanpa Download untuk PC dan Android

Kumpulkan gems sebanyak-banyaknya sehingga kamu dapat membeli baju atau aksesoris baru dan jangan sampai energimu habis. Kedua merupakan game petualangan “Magic Maze” yang terdiri dari beberapa level dan mengharuskan kamu untuk menyelesaikan rintangan di dalamnya dengan energi dan spesial yang dimiliki. Ini juga akan mengasah kemampuan otak dalam menyelesaikannya.

Tentunya, apabila kamu seorang perempuan, pasti suka sekali membeli baju dan aksesoris baru. Nah kamu bisa menggantinya dengan membeli pakaian baru ketika kamu sudah memiliki cukup gems ya.

Mainkan disini! (tidak perlu download)

8. Snail Bob

Masih game HTML5 yang tidak perlu diunduh, Snail Bob hadir sebagai game arkade yang menantang dimana kamu harus menyelesaikan beberapa teka-teki permianan agar dapat lanjut ke level selanjutnya. Kamu diharuskan mengklik beberapa objek agar Snail Bob dapat melaju dan tentunya perlu menghindari segala bentuk rintangan yang dihadapinya.

10 Game Online untuk Anak Perempuan Terbaik Tanpa Download untuk PC dan Android

Game ini merupakan game yang seringkali saya mainkan dulu dan saya berani menghabiskan waktu saya hingga berjam-jam hanya untuk memainkannya. Selain itu, Snail Bob juga memiliki banyak series dimulai dari series 1 sampai series 7 dengan kesulitan dan gameplay yang berbeda.

10 Game Online untuk Anak Perempuan Terbaik Tanpa Download untuk PC dan Android

Main disini! (tanpa perlu download)

9. Fireboy and Watergirl

10 Game Online untuk Anak Perempuan Terbaik Tanpa Download untuk PC dan Android

Mungkin game ini bisa disebut sebagai game jadul, namun nyatanya pemain dari game ini sangat banyak sekali. Fireboy and Watergirl merupakan game multiplayer yang dapat dimainkan oleh dua orang dalam satu device yang sama.

Tugas dari game ini adalah harus mencari jalan keluar dari setiap levelnya, untuk mencari jalan keluar tersebut kamu diharuskan untuk mendapatkan gems dan juga menghindari rintangan yang ada. Bagian favorit dari game ini adalah kesulitannya memang terjangkau dan membuat kecanduan dalam bermain untuk melanjutkan ke level selanjutnya.

10 Game Online untuk Anak Perempuan Terbaik Tanpa Download untuk PC dan Android

Menurut saya, game ini dapat mengurangi stress dan juga meningkatkan rasa kerja sama dengan teman ketika bermain.

Main disini! (tanpa perlu download)

10. Horse Simulator 3D

Game berkuda dapat dikatakan bisa disenangi siapa saja, terlebih lagi anak-anak. Saya sendiri sering bermain game Horse Simulator 3D, selain karena grafiknya yang nyata namun memang seru menggerakan player kuda untuk mengelilingi peta.

10 Game Online untuk Anak Perempuan Terbaik Tanpa Download untuk PC dan Android

Game simulator dapat membantu anak agar dapat mengekspresikan keingintahuan mereka terhadap dunia yang luas. Umumnya, ketika anak merasa jenuh atau bosan karena seharian di rumah namun tidak dapat keluar rumah karena satu dan lain hal, maka game simulator menjadi opsi yang tepat.

Selain game Horse Simulator 3D, banyak juga game simulator hewan lainnya yang dapat dicoba. Namun saya pribadi lebih menyukai hewan kuda dikarenakan memang cocok untuk mengeksplor dunia yang luas 😀

Main disini! (tanpa perlu download)

Kesimpulan

Jadi, main game itu tidak salah kok. Justru bagus asalkan dimainkan dalam porsi yang tepat seperti untuk mengurangi stress karena anak habis belajar seharian dan tentunya jangan sampai kecanduan. Sebagai orang tua, berikan game kepada anak sesekali untuk meningkatkan kemampuan kognitif mereka, namun tetap perlu didampingi ya agar kita tahu game apa yang dimainkan.

Itulah game 10 game online untuk anak perempuan terbaik yang bisa dicoba. Silakan dicoba satu persatu apabila anak sudah merasa bosan dengan game yang dimainkannya. Selamat mencoba!

Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com