KacaTeknologi.com – Pandemi COVID-19 telah menjungkirbalikkan dunia dalam banyak hal dan berdampak negatif pada kesehatan mental banyak orang. Perubahan ini telah memfasilitasi kebutuhan terapi online dan manfaat terapi online sangat penting bagi orang-orang untuk menerima perawatan mengenai masalah kesehatan mental mereka dan kemajuan teknologi turut berperan aktif dalam hal ini.

Terapi online memberikan konseling individu dan dukungan kesehatan mental melalui internet dengan media chat, telepon video, dan panggilan telepon. Terapi online juga dapat dikatakan sebagai jalan alternatif untuk konsultasi psikologi online, diantara beberapa ada yang berbayar namun ada juga yang gratis.

World Health Organization (WHO) telah mencatat bahwa sekitar 70% dunia telah beradaptasi dengan menggunakan platform terapi online sebagai sarana untuk menjaga ruang kesehatan mental dan memberikan dukungan kepada orang-orang yang membutuhkannya. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa ada peningkatan yang kuat dalam kecemasan, depresi, dan pikiran untuk bunuh diri sejak pandemi dimulai.

Menurut American Psychological Association (APA), satu dari setiap empat orang dewasa di Amerika Serikat membutuhkan dukungan kesehatan mental, tetapi hanya 13 persen yang benar-benar mendapatkan perawatan. Di dunia saat ini, penting bagi orang untuk mencari pengobatan dan perawatan yang mereka butuhkan di masa-masa sulit ini.

Manfaat Terapi Online yang Perlu Kamu Ketahui

6 Manfaat Terapi Online Inovasi Baru Untuk Konsultasi ke Psikologi

Terapi online bisa menjadi alat yang sangat efektif dan mudah diakses bagi orang-orang untuk menerima dukungan dan pengobatan pada saat-saat ketika mereka sangat membutuhkannya. Berikut beberapa manfaat utama terapi online:

1. Mendukung Daerah Terpencil

Terapi online memungkinkan mereka yang tinggal di daerah-daerah pedesaan untuk mendapatkan wejangan kesehatan mental dengan mudah. Bagi mereka yang perlu melakukan perjalanan jauh atau sulitnya mendapatkan transportasi yang memadai, mendapatkan perawatan secara langsung mungkin akan menjadi problema baginya. Platform terapi online memudahkan untuk mengakses dukungan mengenai kesehatan mental atau konsultasi psikologi online kapan saja dan di mana saja.

2. Dapat Diakses untuk Individu dengan Keterbatasan Fisik

Bagi mereka yang hidup dengan keterbatasan fisik atau kecacatan yang membuat sulit untuk mencari pengobatan di luar, terapi online adalah solusi yang tepat. Orang-orang dengan masalah kesehatan mental tidak perlu meninggalkan rumah dan dapat berbicara dengan terapis dalam kenyamanan di rumah mereka.

3. Nyaman dan Terjangkau

Terapi online tentunya sangat nyaman bagi pasien dan terapis. Sesi penjadwalan dapat dijadwalkan dengan sangat fleksibel, dan memungkinkan Anda mendapatkan perawatan yang sesuai dengan jadwal Anda. Terapi online juga sangat menghemat waktu karena Anda tidak perlu pergi jauh-jauh untuk menerima perawatan.

Sesi terapi online juga cenderung lebih terjangkau daripada sesi tatap muka sehingga lebih dapat diakses oleh individu berpenghasilan rendah atau mereka yang memiliki anggaran terbatas. Pasien terapis online biasanya memiliki biaya yang tidak sama dengan terapis langsung yang memiliki biaya tambahan seperti sewa, utilitas, dan biaya tambahan lainnya.

4. Terapi Online Sangat Aman

Manfaat Konsultasi Psikologi Online dan Gratis

Bagi mereka yang peduli dengan pandemi COVID-19 dan mempraktikkan jarak sosial, terapi online adalah solusi yang efektif. Anda tidak lagi harus menempatkan diri dan keamanan dalam bahaya dengan meninggalkan rumah dan pergi ke kantor dokter. Platform terapi online memungkinkan Anda mencari dukungan kesehatan mental dalam keamanan rumah Anda sendiri.

5. Mengutamakan Kerahasiaan & Kenyamanan

Bagi mereka yang lebih menyukai privasi, terapi online adalah solusi yang bagus untuk pengobatan. Mereka yang mencari terapi online dapat melakukannya dalam kenyamanan rumah mereka sendiri. Platform konseling online tentunya dienkripsi sehingga dapat memberikan Anda keamanan yang paling tinggi.

Terapi online juga dapat membantu orang untuk terbuka dan berbagi emosi. Hal ini sangat berguna bagi mereka yang hidup dengan kecemasan sosial. Orang cenderung merasa lebih nyaman di ruangnya sendiri, dikelilingi oleh barang-barang pribadinya, sehingga lebih mudah untuk membicarakan masalah mereka.

6. Memiliki Tingkat Keefektifan yang Tinggi

Penelitian telah menunjukkan bahwa terapi online sama efektifnya dalam menangani banyak masalah kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi, sama seperti terapi secara langsung. Banyak penelitian terbaru menunjukkan bahwa terapi perilaku kognitif (CBT) untuk depresi selama sesi terapi online sebenarnya lebih berhasil daripada terapi tatap muka tradisional.

Menemukan terapis yang tepat juga sangat penting. Platform terapi online biasanya memiliki ribuan terapis berlisensi untuk dipilih. Mereka dapat mencocokkan Anda dengan terapis yang paling sesuai dengan kebutuhan dan masalah kesehatan mental Anda. Ini dapat memastikan Anda mendapatkan perawatan yang paling efektif.

3 Platform Konseling Online Terbaik yang Perlu Dicoba

3 Platform Konseling Online Terbaik yang Perlu Dicoba

Jika Anda ingin mencoba terapi online, berikut adalah beberapa platform terapi online terbaik yang dapat mencocokkan Anda dengan terapis berlisensi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda sehingga Anda dapat mengatasi masalah yang mungkin Anda alami dan meningkatkan kesehatan mental Anda.

  • MyTherapist adalah layanan konseling online terjangkau yang memiliki terapis berlisensi yang dapat Anda ajak bicara melalui telepon, video, atau pesan kapan pun Anda membutuhkan dukungan.
  • BetterHelp adalah layanan konseling online terbesar di dunia yang menyediakan konseling dari terapis berlisensi kapan pun dan di mana pun Anda membutuhkannya.
  • ReGain adalah platform konseling online untuk individu dan pasangan yang mengalami masalah dalam hubungan mereka.

Kesimpulan

Keadaan dunia saat ini telah membuat kita semua berada di bawah banyak tekanan, menempatkan kesehatan mental kita dalam kondisi yang rapuh. Terapi online dapat menjadi alat yang efektif untuk mengelola sejumlah masalah kesehatan mental. Ini adalah solusi yang terjangkau, nyaman, dan aman yang memungkinkan dukungan yang dapat diakses untuk semua. Jika Anda atau orang yang Anda cintai mengalami masalah kesehatan mental, hubungi dukungan hari ini.

Itulah manfaat terapi online yang mana hal ini juga dapat dikatakan sebagai konsultasi psikologi online. Jadi untuk Anda yang memerlukan konsultasi psikologi silakan memanfaatkan platform yang telah disebutkan di atas. Semoga bermanfaat!