Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

Cara Mudah Mengatasi Dvd Drive Tidak Bisa Terbuka Pada Laptop

1 min read

Cara Mudah Mengatasi Dvd Drive Tidak Bisa Terbuka Pada Laptop

Kacateknologi.com – Cara Mudah Mengatasi Dvd Drive Tidak Bisa Terbuka Pada Laptop, DVD Drive atau yang juga dikenal dengan istilah penggerak cakram optik merupakan salah satu bagian yang bisa kita temui pada laptop maupun PC / Personal Computer, biasanya kita menggunakan DVD Drive tersebut pada saat akan melakukan burning untuk keperluan install ulang, menginstall game, dan beberapa keperluan lainnya.

Tapi penggunaan DVD Drive tidak selamanya berjalan lancar, terkadang selalu ada masalah yang menghampiri kita sebagai pengguna dimana masalah yang sering saya temui ketika memperbaiki laptop ataupun komputer adalah Dvd drive macet, dvd drive tidak keluar atau stuck ataupun tidak bisa membaca cd yang dimasukkan.

Penyebab DVD Drive Pada Laptop atau PC Macet

Ada seorang teman yang bertanya kepada saya kenapa sebuah DVD Drive bisa macet dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya, dari bermacam-macam masalah yang saya temui biasanya DVD Drive bisa macet dan tidak mau keluar karena menumpuknya debu didalam DVD Drive, atau ada kerusakan sensor pada DVD Drive.

Lantas apakah ada cara mengatasi DVD Drive yang macet, tidak bisa keluar, dan sebagainya? tentu saja ada karena pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Cara Mudah Mengatasi Dvd Drive Tidak Bisa Terbuka Pada Laptop

Baca Juga : Kiat Praktis Mempercepat Kinerja Laptop di Windows 7,8 dan 10

Cara Mudah Mengatasi Dvd Drive Tidak Bisa Terbuka Pada Laptop dan Komputer

Yang pertama adalah pembahasan tentang DVD Drive yang macet, tidak bisa keluar ataupun error pada Laptop hanya butuh satu cara saja kok supaya kita bisa memperbaiki dvd drive yang ngadat tersebut, bahannya adalah Jarum Pentul atau suatu benda yang memiliki ujung yang lancip.

Kenapa jarum pentul? karena kita akan menusukkan jarum tersebut pada lubang kecil yang biasanya terdapat disebelah dvd drive baik pada laptop ataupun komputer, caranya pun sangatlah mudah.

  • Ambil Jaru Pentul / benda apapun yang memiliki ujung yang lancip
  • Tusukkan Jarum pada lubang kecil
  • Tunggu sampai terdengar suara “Klik”
  • Tarik secara perlahan DVD Drive

Maka setelah ditarik secara perlahan masalah pun selesai.

Sebagai Contoh disini saya hanya mengambil foto DVD Drive pada laptop dimana bisa kita lihat ada lubang kecil yang bisa ditusuk menggunakan jarum, seperti pada gambar berikut.

DVD Drive
Cara Mudah Mengatasi Dvd Drive Tidak Bisa Terbuka Pada Laptop

Nah seperti diataslah lubang kecil yang ada pada DVD Drive silahkan tusuk lubang tersebut sampai bunyi “klik” kemudian jika sudah terbuka tarik secara perlahan.

Baca Juga : Cara Termudah Mengatasi No Internet Access di Laptop dan HP 2021

Jadi lubang kecil tersebut berfungsi sebagai tombol reset layaknya pada modem ataupun speaker bluetooth dimana kita bisa melakukan reset dengan menusukkan jarum pada perangkat yang dituju.

Apabila menggunakan cara diatas belum juga berhasil, dan jika ada indikasi kerusakan pada DVD Drive, sobat bisa membelinya di toko-toko komputer ataupun melalui situs online seperti tokopedia harganya sendiri bervariasi, baik internal maupun eksternal.

Nah sobat, demikianlah artikel tentang Cara Mudah Mengatasi Dvd Drive Tidak Bisa Terbuka Pada Laptop dimana caranya sendiri sangatlah mudah dan simple untuk dilakukan hanya bermodalkan jarum saja, selamat mencoba sobat.

Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *