Sebelum Masukkan Lamaran, Ketahui 5 Tanggung Jawab Relationship Officer Bank

oleh | Nov 23, 2020 | Tips Informasi

KacaTeknologi.com – Di dalam manajemen perbankan terdapat sebuah posisi yang bernama relationship officer. Posisi pekerjaan di perbankan ini hampir sama dengan marketing. Peran khususnya adalah membangun hubungan yang baik antara perusahaan bank dengan nasabahnya. Dalam hal ini membantu para nasabah bank untuk menemukan solusi keuangannya.

Seorang relationship officer juga memiliki sebutan sebagai marketing officer. Karena melalui posisi pekerjaan inilah, sebuah perusahaan bank bisa menawarkan layanan finansial kepada para nasabahnya. Nasabah juga akan terbantu dalam menyelesaikan permasalahan finansial yang sedang dihadapi. Lalu apa saja tanggung jawab relationship officer bank?

Tanggung Jawab Relationship Officer Bank

Tanggung Jawab Relationship Officer Bank

Relationship officer memegang posisi yang sangat penting di perbankan. Mereka mempunyai tugas utama memberi bantuan khususnya dalam bidang finansial kepada masyarakat luas atau nasabah. Selain itu, ada beberapa tanggung jawab yang diemban oleh seorang relationship officer BCA. Apa saja itu? Kita simak penjelasan di bawah ini.

1. Menganalisa Pasar

Tugas dari seorang relationship officer sebenarnya tidak hanya memberi dukungan finansial saja kepada nasabah. sebelumnya mereka harus bisa menganalisa pasar yang dikategorikan berdasarkan jenis kelamin, umur, pekerjaan, dan sebagainya. Analisa pasar bertujuan supaya bank dapat menemukan nasabah yang tepat untuk mendapat dukungan finansial.

2. Membantu Sales Marketing

Tanggung jawab dari relationship officer lainnya adalah membantu sales marketing. Diperlukan sebuah kerjasama yang bagus antara relationship officer dan sales marketing untuk mencapai atau meningkatkan target penjualan. Itulah mengapa posisi relationship officer sangat penting didalam sebuah perusahaan perbankan.

3. Menjadi Penghubung Bank dengan Nasabah

Bank harus selalu menjalin hubungan yang baik dengan para nasabahnya. Untuk menjalin komunikasi yang baik diperlukan sebuah perantara. Bank memberikan tanggung jawab tersebut kepada karyawannya yang berposisi sebagai relationship officer.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Fresh Graduate Berminat Melamar Lowongan Kerja Bank

4. Mengenalkan Produk atau Layanan

Relationship officer juga memiliki tanggung jawab untuk mengenalkan produk atau layanan dari perusahaan perbankan. Dalam tugas ini, posisi mereka sama dengan sales marketing. Baik relationship officer maupun sales marketing akan mengenalkan produk atau layanannya kepada nasabah maupun calon nasabah.

5. Mampu Melakukan Analisis Resiko Bisnis Kredit

Relationship officer juga harus mampu melakukan analisis bisnis kredit para nasabah. Dengan memiliki kemampuan tersebut, maka ia bisa memperkirakan tingkat resiko pembayaran kredit dari nasabah pada waktu selanjutnya.

Sebagai ujung tombak dari perusahaan perbankan, relationship officer harus bisa melakukan banyak hal. Mulai dari kemampuan publik speaking, komunikasi, memahami produk yang dijual, memasarkan produk, dan menganalisis resiko bisnis. 

Jika Anda mempunyai kemampuan serta kapasitas untuk mengikuti program relationship officer BCA, masukkan lamaran lowongan kerja relationship officer BCA. Pelamar yang lolos semua tahapan seleksi, wajib mengikuti program relationship officer BCA selama 1 tahun. Tujuan dari program tersebut adalah untuk memberi pembekalan kepada calon relationship officer dapat bekerja memuaskan pelanggan.

Oleh Kaca Teknologi

Official account of KacaTeknologi.com

Postingan Terkait:

Aplikasi Chat Pengganti Whatsapp 2021

Aplikasi Chat Pengganti Whatsapp 2021

Kacateknologi.com - Aplikasi Chat Pengganti Whatsapp 2021 , kebijakan privasi pada aplikasi perpesanan Whatsapp yang akan diterapkan mulai 8 februari mendatang menjadi topik yang cukup ramai diperbincangkan akhir-akhir ini dimana para pengguna Whatsapp ( WA ) harus...

baca lainnya

0 Komentar

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *