Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

2 Langkah Mudah Menghapus Cache atau Sampah Aplikasi Instagram

2 min read

2 Langkah Mudah Menghapus Cache atau Sampah Aplikasi Instagram

Kacateknologi.com – 2 Langkah Mudah Menghapus Cache atau Sampah Aplikasi Instagram, Instagram merupakan salah satu aplikasi untuk berbagi foto maupun video yang paling populer saat ini, dimana aplikasi tersebut telah diunduh lebih dari 1 Milliar orang di Playstore sebuah jumlah yang fantastis untuk aplikasi yang bisa dibilang masih baru. Fitur-fitur yang memanjakan, kemudahan mencari informasi, dan menonton video yang menghibur menjadi kelebihan tersendiri dari IG ( Instagram ).

Namun dibalik kelebihannya ada sebuah kekurangan pada aplikasi ini, yaitu ukuran atau file size yang cukup besar, terutama pada bagian cache setelah kita membuka aplikasi IG. Cache sendiri disini berarti sampah dari aplikasi yang telah dibuka, dimana di semua aplikasi akan meninggalkan cache atau yang biasa disebut sampah aplikasi.

Lalu bagaimanakah cara menghapus dan mengatasi cache tersebut? pada artikel ini akan saya bahas tentang 2 Langkah Mudah Menghapus Cache atau Sampah Aplikasi Instagram.

Baca Juga : 7 Cara Cepat Agar Reels Instagram Banyak Yang Nonton

2 Langkah Mudah Menghapus Cache atau Sampah Aplikasi Instagram

Setidaknya, ada 2 langkah yang bisa sobat lakukan dalam menghapus cache alias si sampah aplikasi ini, baik itu melalui Android maupun melalui Laptop / PC. Dan berikut ini adalah caranya.

Cara Menghapus Cache Instagram di Android

Untuk bisa menghapus cache atau sampah aplikasi instagram di android sendiri sangatlah mudah dimana sobat hanya perlu membuka pengaturan, buka aplikasi IG nya, kemudian hapus cache, seperti pada gambar berikut ini.

2 Langkah Mudah Menghapus Cache atau Sampah Aplikasi Instagram
Ketuk Tombol Penggunaan Penyimpanan

Yang pertama, silahkan sobat ketuk menu penggunaan penyimpanan agar kita bisa masuk ke langkah berikutnya, jika sudah mari lanjut ke langkah berikutnya.

Hapus Cache di Aplikasi IG

Nah pada bagian inilah kita bisa menghapus cache yang mengendap di memori penyimpanan kita.

2 Langkah Mudah Menghapus Cache atau Sampah Aplikasi Instagram
Hapus Cache Instagram

Diatas merupakan rincian berapa banyak IG atau Instagram menghabiskan data atau ruang di memori internal smartphone saya, bisa dilihat cache aplikasi IG di Android saya sebesar 1,47GB tentu jumlah tersebut sangat besar untuk ukuran sebuah sampah.

Untuk menghapusnya, silahkan sobat tap saja Hapus Cache otomatis, sampah yang mengendap di memori internal akan hilang dan akan memberikan ‘nafas lebih lega’ ke memori internal kita.

Baca Juga : Cara Mendownload Video Dari Instagram Story 2021

Sampai disini kita sudah berhasil menghapus cache di android, sekarang lanjut ke langkah kedua yaitu menghapus cache di browser ( untuk laptop dan PC ).

Cara Menghapus Cache di Browser ( Untuk Laptop dan PC )

Siapa bilang jika membuka aplikasi atau berselancar di internet dengan menggunakan laptop ataupun PC tak memakan tempat penyimpanan? faktanya masih jarang yang mengetahui hal tersebut, untuk bisa menghapus cache alias sampah yang mengendap setelah kita berselancar atau membuka IG di Laptop ataupun PC, caranya cukup mudah.

  • Buka Menu Riwayat atau bisa tekan Ctrl + J
  • Ceklis kotak Gambar dan file dalam cache
  • Hapus Data

Jika belum jelas, mari simak gambar berikut ini.

2 Langkah Mudah Menghapus Cache atau Sampah Aplikasi Instagram
Hapus cache di browser

Nah jika pengaturannya sudah seperti diatas, tinggal klik Hapus Data saja ya sobat. Sampai disini kita sudah berhasil menghapus cache yang mengendap di penyimpanan / memori laptop maupun PC kita.

Sampai disini kita telah mengikuti panduan tentang 2 Langkah Mudah Menghapus Cache atau Sampah Aplikasi Instagram.

Apa Itu Cache?

Definisi sederhana nya adalah sebuah sampah yang menumpuk setelah kita membuka sebuah aplikasi ataupun situs. Sampah ini akan berdampak kepada memori penyimpanan yang akan berkurang, cara membersihkannya sendiri cukup sederhana seperti yang saya tulis diatas.

Apakah Menghapus Cache Akan Menghapus Data Pribadi?

Jawabannya adalah tidak, menghapus cache hanya akan menghapus sampahnya saja, tidak termasuk data pribadi. Jadi bisa dipastikan data pribadi sobat akan tetap aman walaupun cache nya dihapus.

Demikianlah artikel tentang 2 Langkah Mudah Menghapus Cache atau Sampah Aplikasi Instagram semoga bermanfaat ya sobat.

Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *