Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

8 Cara Jitu Mengatasi Memori Internal Penuh di HP Oppo

2 min read

8 Cara Jitu Mengatasi Memori Internal Penuh di HP Oppo

Kacateknologi.com – 8 Cara Jitu Mengatasi Memori Internal Penuh di HP Oppo, pernah mengalami memori internal yang penuh, tak cukup, tapi bingung apa penyebabnya, dan bagaimana cara mengatasinya? jika sobat membaca artikel ini maka menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah memori internal yang penuh di HP Oppo.

Hp Oppo nya tipe apa aja? semua tipe HP Oppo seperti Oppo F9, Oppo F11, a37, a5s, a83, a12, a3s, dan beberapa tipe hp oppo lainnya, bisa dan cocok sekali menggunakan trik yang akan saya tulis kali ini.

8 Cara Jitu Mengatasi Memori Internal Penuh di HP Oppo

Ada beberapa cara ya sobat yang bisa dilakukan untuk mengatasi memori internal yang penuh di HP atau smartphone, baik itu memori internal yang penuh atau kapasitas RAM yang hampir ‘mati’, masih ada cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Sekarang mari kita masuk aja nih ke inti pembahasan ya.

1. Hapus File Cache / Sampah

Langkah pertama dalam mengatasi penyimpanan internal yang penuh di semua merk android adalah dengan rajin dan rutin membersihkan atau menghapus file-file sampah berupa cache yang timbul akibat membuka aplikasi.

Jadi ketika selesai menggunakna sebuah aplikasi, biasanya aplikasi tersebut akan meninggalkan sampah pada memori internal kita.

Jadi sobat harus sering dan rutin membersihkan cache yang ada di HP, caranya bisa dilakukan secara manual agar lebih tahu seberapa besar file cache tersebut memakan tempat.

  • Buka Setelan
  • Manajemen Aplikasi
  • Buka Aplikasinya
  • Pilih Hapus Cache

2. Hapus Aplikasi Tak Penting

Biasanya kita selalu mengunduh aplikasi yang sebenarnya gak penting-penting amat yang tanpa kita sadari, tau-tau memakan tempat dan memori kita sampai krisis, nah solusinya sobat juga bisa menghapus aplikasi yang sekiranya jarang dipake dan jarang digunakan.

Dengan demikian akan memberikan ruang lebih terhadap kapasitas memori internal yang ada di smartphone.

3. Hapus File Tersembunyi

Yang ketiga dalam mengatasi memori penuh, yaitu menghapus file-file tersembunyi yang ada di smartphone, gimana caranya? contoh :

Saya baru saja menghapus sebuah data/aplikasi ( data / aplikasi ini, berkas nya gak akan langsung hilang, alias masih mengendap sisa sampah atau kotorannya ).

Sobat bisa menemukan file-file yang tersembunyi ini di File Manager yang ada di smartphone masing-masing.

4. Pindahkan Aplikasi Ke Memori Eksternal

8 Cara Jitu Mengatasi Memori Internal Penuh di HP Oppo berikutnya adalah dengan memindahkan data atau aplikasi yang di setting dalam memori internal ke memori eksternal.

Caranya bisa sobat langsung terapkan pada aplikasinya, buka aplikasinya kemudian tap pindahkan ke memori eksternal.

atau sobat bisa menggunakan aplikasi Link2sd yang bisa diunduh di playstore.

8 Cara Jitu Mengatasi Memori Internal Penuh di HP Oppo
Aplikasi Link2SD

Nah jadi aplikasi bernama link2sd tersebut bisa memindahkan aplikasi yang tersimpan dalam memori internal, jadi ke memori eksternal.

5. Lakukan Cleaning Dengan Antivirus

Langakh lain yang bisa dilakukan dalam mengatasi memori internal penuh bisa dilakukan dengan memanfaatkan antivirus.

Saat ini sudah banyak aplikasi antivirus yang dilengkapi dengan fitur pembersih sampah, baik itu pada memori internal ataupun kapasitas RAM ( Random Acess Memory ) saya sendiri menggunakan 360 Security sebagai antivirus andalan android saya.

6. Backup Foto ke Online Cloud Storage

8 Cara Jitu Mengatasi Memori Internal Penuh di HP Oppo berikutnya adalah dengan melakukan backup atau mencadangkan foto, video, dan file-file yang berukuran besar kedalam Online Cloud Storage, jadi Online Cloud Storage merupakan media yang bisa kita manfaatkan untuk melakukan backup.

Hal ini juga saya lakukan karena banyak sekali galeri hp saya berisi foto-foto berukuran besar, maka dari itu saay mencadangkannya kedalam media penyimpanan online / online cloud storage.

7. Hapus File Yang Ada Di Tempat Sampah

Berikutnya dalam 8 Cara Jitu Mengatasi Memori Internal Penuh di HP Oppo adalah dengan menghapus file di tempat sampah, sama seperti komputer di smartphone semua merk saat ini ada yang namanya tempat sampah sementara.

Jika di komputer mungkin tak asing dengan Recycle Bin nah di smartphone demikian, ada tempat sampah yang menampung file-file yang telah dihapus sementara, sampai akhirnya hilang dalam kurun waktu 30 hari.

Buat yang masih bingung, seperti inilah tampilan dari tempat sampah sementara tersebut.

cara membersihkan memori penuh di hp oppo
Tempat Sampah Sementara Android

Nah pada menu yang saya tandai diatas, disanalah file yang telah dihapus dibaung dan berkumpul, meskipun telah dihapus mereka baru akan benar-benar hilang dalam waktu 30 hari setelah itu akan hilang permanen.

Sobat juga bisa menghapusnya secara paksa, dengan demikian kapasitas memori internal akan kembali bertambah, seiring berkuranngya file sampah.

8. Lakukan Factory Reset / Kembalikan ke Setelan Pabrik

Langkah terakhir dalam 8 Cara Jitu Mengatasi Memori Internal Penuh di HP Oppo yaitu dengan melakukan Factory Reset atau mengembalikan smartphone ke setelan pabrik.

Cara ini cocok buat sobat yang udah males dan menginginkan cara sederhana dalam membersihkan memori internal, karena dengan melaukan factory reset otomatis, memori internal akan kembali kosong seperti pertama kali membeli smartphone.

Jangan lupa membackup data penting terlebih dahulu sebelum melakukan langkah ini ya sobat.

Akhir Kata, mengatasi memori internal yang penuh memang bukanlah hal mudah, tetapi ada 8 Cara Jitu Mengatasi Memori Internal Penuh di HP Oppo yang bisa dilakukan untuk mengatasi semrwautnya memori internal ataupun RAM yang tak memadai.

Semoga artikel 8 Cara Jitu Mengatasi Memori Internal Penuh di HP Oppo bermanfaat dan memberikan solusi.

Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *