Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

5 Tips Aman Transaksi Online dengan Cara Daftar m Banking

3 min read

Cara Daftar M Banking

KacaTeknologi.com – Di era yang serba digital ini, banyak kegiatan dilakukan secara online termasuk dalam berbelanja ataupun bertransaksi sesuatu dengan cara daftar m banking. Hal tersebut menghasilkan berbagai manfaat kemudahan bagi penggunanya namun di sisi lain tindak kejahatan juga sering terjadi secara online.

Dalam melakukan transaksi online, kamu perlu mewaspadai beberapa modus penipuan online. Modus ini akan lebih susah kamu deteksi jika kamu belum mendaftarkan diri pada m banking. Jika kamu belum memiliki m banking, maka kamu perlu mengetahui bagaimana cara daftar m banking.

Untuk memahami bagaimana ciri-ciri penipuan online, berikut penjelasan yang perlu kamu ketahui.

Berbagai Modus Penipuan Online

Agar kamu terhindar dari penipuan online, maka kamu harus mengetahui berbagai modus para pelaku kejahatan ini. Berikut ini modusnya:

  1. Modus foto selfie dengan data diri

Jika kamu tidak hati-hati, bisa saja data swafoto milikmu dijadikan sasaran penipuan online, lho. Jangan sampai kamu memasukan data diri berupa swafoto dengan identitas seperti e-KTP ke website yang tidak jelas asal-usulnya.

  1. Modus penipuan melalui aplikasi Whatsapp

Modus penipuan yang sering terjadi dari Whatsapp adalah kiriman link yang mengklaim bahwa kamu mendapatkan hadiah atau voucher diskon. 

Kamu harus menanyakan kepada pengirim dengan jelas sebelum mengkliknya karena link tersebut dapat meminta kamu mengisikan data diri sebelum mendapat hadiah dan kemungkinan besar adalah penipuan.

Sebelum pindah ke cara daftar m banking, kamu perlu tahu tips aman bertransaksi online dengan m banking.

  1. Jangan pernah berikan PIN atau OTP

Salah satu tanda akunmu sedang menjadi target penipuan adalah adanya pertanyaan berapa pin atau one time password (OTP) yang masuk ke handphonemu. 

Jangan pernah memberikan kepada siapapun termasuk orang yang mengaku pegawai bank karena saat itu pelaku sedang berusaha masuk ke akun milikmu melalui perangkat lain.

  1. Ganti password secara berkala

Setelah daftar m banking dan menggunakannya, kamu harus sering berganti password untuk mencegah peretasan akun.

  1. Jangan gunakan wifi umum

Jika sedang bertransaksi online, usahakan menggunakan data internet pribadi saja. Dengan cara daftar m banking melalui internet pribadi ini menghindarkan kamu dari hacker atau peretas.

  1. Aktifkan notifikasi 

Mengaktifkan notifikasi baik melalui SMS atau e-mail terkait transaksi yang dilakukan dapat membantu kamu mengawasi jika ada transaksi diluar yang kamu lakukan. Jika kamu tahu dengan cepat bahwa akunmu diretas, kamu bisa langsung menghubungi bank tempat kamu daftar m banking tersebut.

Kelebihan PermataMobile X, Mobile Banking yang Aman Digunakan

Tips aman transaksi online

Sebelum mengetahui cara daftar m banking, salah satu produk m banking yang aman adalah PermataMobile X. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang sering direkomendasikan karena berbagai macam kelebihannya. Berikut ulasan mengenai kelebihan dari PermataMobile X:

  1. Canggih

Dalam aplikasi m banking PermataMobile X, telah tersedia ratusan fitur perbankan yang dapat memudahkan kamu dalam bertransaksi online.

  1. Praktis

Dengan cara daftar m banking PermataMobile X, kamu dapat melakukan bermacam-macam transaksi hanya dalam satu layar seperti cek mutasi, pembayaran kartu kredit, pembukaan rekening baru, atau mengajukan Kredit Tanpa Agunan. 

  1. Pengecekan mutasi bisa dilakukan dengan mudah

Selain fiturnya yang lengkap, kamu juga diberi kemudahan untuk mengakses mutasi di akun m banking kamu hingga 12 bulan terakhir.

Baca Juga: Cara Menghubungkan dan Memverifikasi Rekening Bank ke PayPal

Berbagai Hal yang Bisa Dilakukan dengan PermataMobile X

Berikut berbagai transaksi yang dapat kamu lakukan dengan PermataMobile X

  1. Melakukan cek mutasi sampai 12 bulan terakhir
  2. Melakukan pembayaran berbagai macam tagihan seperti listrik, telepon, internet dan lain-lain.
  3. Mengisi ulang pulsa, token listrik, atau e-wallet,.
  4. Membuat rekening tabungan, kartu kredit, sampai mengajukan Kredit Tanpa Agunan yang seluruh prosesnya dapat dilakukan secara online.
  5. Dengan daftar m banking PermataMobile X, transaksi Reksadana seperti penjualan, pembelian hingga switching dapat kamu lakukan melalui aplikasi ini.
  6. Membayar dengan menggunakan fitur QR Pay di berbagai macam merchant atau toko dengan cara scan barcode pembayaran di merchant tersebut. 
  7. Melakukan tarik tunai di semua gerai Indomaret melalui fitur Mobile Cash. Caranya, kamu hanya perlu masuk di menu lainnya, kemudian pada menu Mobile Cash pilih Indomaret.

    Masukkan nomor handphone kamu yang sudah terdaftar PermataMobile X, nantinya kamu akan menerima token atau cash code. Berikan cash code atau token ke kasir Indomaret dan tarik tunai dapat dilakukan.
  1. Mengirim WhatsApp Gift. WhatsApp Gift merupakan layanan transfer dana yang disertai kartu ucapan di nomor WhatsApp. Ada berbagai macam pilihan kartu ucapan yang sangat menarik. Selain itu kamu tidak perlu mengetahui nomor rekening tujuan transfer karena kamu hanya menggunakan nomor WhatsApp saja.
  2. Mengajukan kenaikan limit sementara credit card. 

Cara Daftar m Banking PermataMobile X

Tertarik mengetahui cara mendaftar PermataMobile X? Berikut langkah untuk melakukan pendaftarannya.

  1. Unduh aplikasi PermataMobile X di App Store untuk pengguna Apple, sedangkan untuk pengguna Android, kamu dapat mengunduhnya melalui Google Play Store.
  2. Setelah terunduh, buka aplikasi kemudian pilih mulai
  3. Bila sudah mempunyai rekening PermataBank, kamu dapat memilih ya, ketika terdapat pertanyaan “Apakah kamu punya rekening PermataBank?”
  4. Jika kamu belum memiliki akun PermataBank maka kamu bisa memilih tidak bila dapat pertanyaan, “Apakah kamu memiliki rekening PermataBank”?. Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke PermataStore untuk membuka rekening. 
  5. Cara daftar m banking selanjutnya akan muncul pertanyaan “Apakah kamu memiliki user ID PermataMobileX?”, pilih tidak.
  6. Pilih, apakah nantinya kamu akan mendaftar dengan menggunakan nomor rekening atau mendaftar dengan menggunakan kartu kredit. 
  7. Ikuti petunjuk berikutnya sampai selesai dan nantinya user ID yang kamu miliki dapat digunakan. 

Nah, itulah kemudahan cara daftar m banking PermataMobile X. Segera unduh dan daftarkan diri di m banking PermataMobile X ya!

Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com