Kacateknologi.com – Cara Membuat Linktree Instagram Untuk Online Shop 2021. Linktree merupakan sebuah layanan menaruh beberapa link dalam satu tempat yang memudahkan pengunjung untuk mencari link yang kita simpan seperti link ke toko online, layanan chatting, atau bahkan website yang kita miliki. Layanan Linktree sendiri ada 2 pilihan yaitu layanan linktree gratis dan versi premium atau berbayar.

Linktree ( Pohon Link ) merupakan sekumpulan link yang berjejer dari atas kebawah diibaratkan sebagai pohon, hal ini yang biasanya digunakan oleh para pebisnis untuk memasang link atau tautan penting yang mereka miliki kedalam Linktree.

Biasanya kita akan melihat Linktree ( Pohon Tautan ) ini ketika kita mengunjungi sebuah toko online di instagram dimana sang pemilik toko akan memasang linktree pada BIO Instagram mereka, fungsinya apa? fungsinya tentunya untuk mempermudah kita sebagai pembeli melakukan percakapan, atau membuka layanan chat yang mereka berikan, juga membuka website yang dimiliki oleh para toko online yang ada di instagram.

Saat ini sudah mulai marak toko online yang memanfaatkan layanan Linktree tersebut, berbicara tentang Linktree bagaimakah cara membuat Linktree sampai terhubung dan terkoneksi dengan akun IG? caranya sendiri sangatlah mudah karena pada artikel Cara Membuat Linktree Instagram Untuk Online Shop 2021 akan saya jabarkan mulai dari nol.

Baca Juga : 3 Langkah Mudah Mengetahui Sejarah Username Akun Instagram

Cara Membuat Linktree Instagram Untuk Online Shop 2021

Cara pembuatan Linktree atau pohon tautan sendiri sangatlah mudah silahkan sobat mengunjungi situs resmi linktree

1. Buat Akun Linktree

langsung saja kita daftar melalui tombol sign up for free. Maka akan muncul sebuah formulir seperti berikut ini.

Linktree
Formulir Akun Linktree

Silahkan sobat isi email, username dan juga password sebagai persyaratan untuk mendaftar di linktree, jika sudah mari lanjut ke langkah berikutnya.

2. Sesuaikan Kategori Kebutuhan Linktree

Langkah kedua dalam Cara Membuat Linktree Instagram Untuk Online Shop 2021 yaitu dengan menyesuaikan kebutuhan kategori linktree atau pohon tautan yang akan kita buat, silahkan sesuaikan kategori yang diminta yang paling relevan dengan bisnis sobat saat ini.

Kategori Linktree
Kategori Linktree

Nah jika sudah seperti diatas, mari lanjut ke langkah berikutnya.

Baca Juga : Cara Melihat Followers Instagram Secara Live 2021

3. Pilih Linktree Berbayar atau Gratis

Langkah ketiga dalam Cara Membuat Linktree Instagram Untuk Online Shop 2021 yaitu sobat akan dihadapkan dengan 2 pilihan antara menggunakan linktree versi berbayar atau linktree versi gratis.

Apa Yang membedakan? yang membedakan antara versi berbayar dan gratis adalah dari segi fitur yang bisa kita dapatkan, bisa ktia lihat gambar berikut ini.

Linktree Gratis dan Berbayar
Pilihan Layanan Linktree

Seperti yang kita lihat dimana ada 2 versi linktree yang bsia digunakan, Versi Pro dan Versi Free terlihat jelas, beberapa fitur PRO tidak didapatkan di versi Free dan bagi sobat yang ingin menggunakna versi Pro, harus membayar Rp. 49,000 per bulannya.

Karena disini saya akan menggunakan yang gratis, maka pilih yang Free, jika sudah mari lanjut ke langkah berikutnya.

4. Siapkan Beberapa Link Yang Akan Dimasukan

Langkah keempat dalam Cara Membuat Linktree Instagram Untuk Online Shop 2021 yaitu dengan menyiapkan beberapa link yang nantinya akan dimasukan kedalam linktree, seperti facebook, layanan WA, Website dan masih banyak lagi silahkan masuk ke bagian setting pada halaman Linktree maka akan muncul tampilan seperti berikut ini.

Social Link di Linktree
Social Links Linktree

Nah seperti yang kita lihat pada gambar, sobat bisa menambahkan beberapa tautan seperti Email, Facebook URL, Youtube URL, dan berabgai macam link yang bisa kita masukan tanpa ada batasan.

5. Ketuk Get Set Up Jika Sudah Siap

Yang kelima dalam Cara Membuat Linktree Instagram Untuk Online Shop 2021 adalah dengan mengetuk tombol get set up yang berada di sebelah kanan halaman linktree jika sobat sudah merasa cukup dengan link yang dimasukan, maka otomatis kita bisa mendapatkan link atau tautan yang sesuai dengan apa yang telah kita input sebelumnya, contohnya seperti ini.

Linktree Kacateknologi
Linktree Kacateknologi.com

Nah diatas merupakan link atau tautan yang telah saya input dan hasilnya seperti diatas, Ini Tampilan Versi Web maka akan berbeda ketika kita menggunakan smartphone, tampilannya otomatis akan berurutan dari atas kebawah.

Baca Juga : 3 Cara Menambahkan Musik ke Instagram Story di Smartphone Terbaru

Sampai disini sebenarnya kita telah berhasil mengikuti tutor tentang Cara Membuat Linktree Instagram Untuk Online Shop 2021 lantas bagaimana cara memasang Linktree yang baru dibuat kedalam BIO Instagram?

Cara Memasang LInktree Pada BIO Instagram

Caranya sendiri sangatlah mudah ya sobat, dimana sobat hanya pelru masuk atau login dengan akun bisnis sobat pada instagram, setelah itu edit profil, dan letakkan tautan Linktree yang telah dibuat pada bagian situs web sehingga ketika ada orang yang mengunjungi profil IG sobat, akan otomatis menampilkan tautan yang telah dibuat pada Linktree tadi.

Manfaat Menggunakan Linktree

Mungkin sobat bertanya-tanya kenapa sih para pebisnis online atau online shop saat ini sudah banyak yang menggunakan media Linktree ini sebagai jembatan penghubung antara calon pembeli dengan layanan yang kita berikan, contohnya ke layanan WA, Telegram, Facebok dan sebagainya. Lantas apa manfaat dari Linktree ini?

  • Bentuk Alternatif bagi akun IG yang belum mendapatkan fitur Swipe Up.
  • Bisa mengarahkan Calon Pembeli / Audiens ke berbagai macam tautan
  • Memudahkan Konsumen untuk Mencari tahu atau Memahami lebih detail tentang jasa atau produk yang kita tawarkan
  • Bisa Diarahkan ke Landing Page

Dan masih ada beberapa keuntungan lain jika sobat menggunakna linktree.

Baiklah sampai disini dulu sobat pembahasan kita kali ini tentang Cara Membuat Linktree Instagram Untuk Online Shop 2021 semoga apa yang disampaikan mudah dipahami, silahkan tinggalkan komentar jika ada yang ingin ditanyakan.