Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

Cara Membuat Website Mudah Tanpa Pengalaman Bagi Pemula

2 min read

cara membuat website sederhana dengan mudah

KacaTeknologi.com – Anda sedang membutuhkan website untuk toko online, media informasi ataukah kebutuhan lain? Ingin tahu bagaimana cara membuat website dengan mudah tanpa coding bagi pemula?

Website merupakan kumpulan halaman web yang bisa publik akses dan saling berkaitan dalam satu nama domain. Website ini dapat digunakan untuk individu, bisnis, kelompok, komunitas maupun organisasi besar.

Dalam pembuatan, mungkin Anda berpikir bahwa cara melakukannya cukup sulit. Di mana Anda harus paham dan memiliki pengalaman mengenai teknis dengan CMS WordPress, desain, hingga pengetahuan akan coding.

Akan tetapi, menggunakan jasa pembuatan website juga mengharuskan Anda menyiapkan biasa khusus. Padahal pada kenyataannya, cara membuat web ini sangatlah mudah.

Anda bisa memperhatikan penjelasan di bawah ini hingga selesai untuk mengetahui bagaimana langkah-langkahnya.

Cara Membuat Website Mudah dengan Langkah-Langkah Ini

cara membuat website sederhana dengan mudah 1

Tanpa harus menggunakan coding dan jasa pembuatan website, Anda dapat membuatnya sendiri dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Memilih Platform Terbaik

Sekarang ini, ada lebih dari 100+ platform website yang tersedia di internet dan Anda perlu memilih satu diantaranya. Sebagai pemula, Anda bisa mencari yang terbaik, mudah dipelajari, gratis dan tentu saja sudah mempunyai kumpulan komunitas yang besar.

Salah satu platform yang bisa Anda gunakan adalah WordPress yang sangat populer di dunia. WordPress sendiri telah memiliki jumlah market share yang mencapai 43%.

Alasan WordPress begitu populer, yakni karena platform nya mudah digunakan /user friendly, gratis dan tanpa ada iklan yang disematkan. Platform sudah mempunyai komunitas yang besar, serta penggunaannya sangat responsive untuk berbagai perangkat.

2. Menentukan Tipe Website

Cara membuat website selanjutnya, yakni Anda perlu menentukan ide dan jenis website. Ada banyak sekali jenis website di internet yang bisa Anda jadikan inspirasi.

Adapun beberapa jenis website yang paling populer, diantaranya adalah website toko online, blog, edukasi, berita, komunitas online, portofolio, dan lain sebagainya. Memilih tipe website akan memudahkan Anda dalam memilih nama domain.

Baca Juga: Cara Mendaftarkan Website / Blog ke Google Webmaster atau GSC Terbaru

3. Memilih Domain dan Web Hosting

Website itu bermula dari sebuah nama domain dan bukanlah desain. Domain ialah nama website Anda sebagai alamat dari website yang akan orang kunjungi melalui browser. Contoh dari nama domain website adalah namadomainwebsite.com.

Memiliki nama domain sangatlah penting, karena bisa membantu Anda dalam membangun merek atau brand yang akan diingat oleh pelanggan atau pengunjung website Anda. Nama domain bisa membantu dalam menentukan target pasar Anda.

Selain itu, penting juga memilih web hosting, yakni sebuah server untuk menyimpan data-data di website secara online. Fungsi dari web hosting ini adalah untuk menghubungkan website Anda dengan internet supaya online.

Ada beberapa pilihan web hosting untuk membuat website, diantaranya adalah shared hosting, cloud hosting, dan VPS hosting. Memilih hosting adalah salah satu poin terpenting yang perlu Anda lakukan.

Karena kesalahan dalam memilihnya berpotensi menimbulkan masalah. Website berpotensi terkena masalah seperti data hilang, halaman error dan tidak bisa pengunjung akses, dan berbagai persoalan lainnya.

Bahkan salah memilih hosting, website Anda juga berpotensi akan lebih mudah terkena serangan malware, virus mudah disusupi hacker, dan semacamnya.

4. Membuat Website

Anda sudah memiliki domain dan hosting untuk membangun sebuah website. Selanjutnya, Anda perlu membuatnya online supaya pengunjung bisa mengaksesnya. Cara melakukannya adalah dengan menginstal platform WordPress pada hosting Anda.

Terdapat 2 cara untuk menginstall WordPress, yakni cara otomatis (one click installation) dan cara manual menggunakan fitur One Click Installation di cPanel hosting.

Kini, Anda sudah memiliki website online dan hanya perlu menjalankannya. Untuk mengoptimalkan penggunaannya, lakukan pengaturan tema, konfigurasi website, lalu mengisinya dengan berbagai konten.

Jangan lupa, buat pula halaman untuk melengkapi bagian informasi seperti Home, Tentang Kami, Layanan Kami, Kontak Kami, Blog, Testimonial dan lain sebagainya.

Informasi lengkap seputar cara membuat website ini bisa Anda lihat di Kacateknologi.com. Berbagai artikel lain seputar teknologi juga tersedia untuk memenuhi kebutuhan Anda dengan informasi jelas dan akurat. 

Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com