Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

10+ Inspirasi Design Footer Website Menarik

2 min read

10+ Inspirasi Design Footer Website Menarik

KacaTeknologi.com – Footer website adalah salah satu elemen yang penting untuk dipikirkan. Dengan footer yang menarik, pengunjung bisa lebih mudah mengetahui informasi penting. Oleh sebab itu, Anda perlu untuk mendesainnya dengan baik. Gunakan contoh footer website terkenal berikut ini.

Ada berbagai bentuk desain yang bisa dijadikan sebagai rekomendasi. Footer website yang bagus dapat meningkatkan traffic dan memudahkan google untuk proses indeks. Bagi yang ingin membuat website dan membagunnya dengan cepat, pakailah jasa bikin web dari Niagaweb.

Contoh Design Footer Website yang Terkenal

Berikut beberapa contoh footer website yang bisa dijadikan inspirasi untuk mengembangkan bisnis.

1. Call To Action

Bagi Anda yang membuat website untuk bisnis, maka pada bagian footernya bisa ditambah CTA (Call to Action). Dengan adanya CTA, Anda bisa mengarahkan pengunjung website untuk tertarik dan mendaftar ke website atau melakukan hal lain yang pemilik website inginkan.

Contohnya bisa Anda lihat pada web Walking Men yang mempunyai footer dengan warna mencolok sedangkan latar websitenya berwarna putih.

2. Sitemap

Sitemap akan cocok untuk website yang penuh dengan berbagai menu. Sitemap akan menampilkan sub menu yang memudahkan pengunjung untuk mengetahui isi yang ada di dalam website.

Penggunaan sitemap untuk footer juga akan memudahkan google untuk mengindeks website. Kekurangannya, penggunaan contoh footer ini membuat website terlihat ramai. Oleh sebab itu, Anda bisa menggunakan kombinasi warna dan ukuran yang kecil agar terlihat nyaman di mata. 

contoh dan inspirasi design footer website terbaik

Contohnya bisa dilihat di website Niagahoster yang menyediakan jasa pembuatan website dan hosting.

3. Kontak dan Informasi Lengkap

Contoh footer website berikutnya adalah informasi kontak. Informasi kontak berguna untuk website yang diperuntukkan sebagai promosi bisnis. Contohnya jasa tulis, penyedia data, konsultan, jasa pengangkutan barang, dsb.

contoh dan inspirasi design footer website terbaik

Memberikan informasi kontak juga berguna agar Google mengetahui jenis website Anda yaitu sebagai local business atau tidak. Contohnya adalah website loreal paris yang memberikan informasi kontak yang lengkap.  

4. Ikon Sosial Media

Untuk lebih memudahkan pengunjung untuk berkomunikasi dengan bisnis Anda, tambahkan ikon sosial media di footer. Ikon tersebut lebih mudah dikenal oleh pengunjung sehingga hanya dengan satu kali klik, pengunjung bisa dialihkan ke media sosial bisnis.

Perlu diingat, bahwa website Anda lebih utama. Jadi, letakkan di bagian footer agar tidak terjadi bounce rate terlalu cepat. Contoh footer websitenya adalah Lametric.

5. Widget Sosial Media

Selanjutnya, adalah footer dengan bentuk widget seperti web random-ize. Ini juga bermanfaat untuk menaikkan follower bisnis sosial media. Selain itu, pengunjung website dapat memantau aktivitas sosial media Anda secara terkini.

contoh dan inspirasi design footer website terbaik

6. Pendaftaran Email

Pendaftaran email sering digunakan untuk website yang menawarkan jasa digitalnya. Misalnya untuk berlangganan koran elektronik, berita online, dsb. Dengan adanya pendaftaran email, Anda akan lebih banyak mendapatkan pelanggan.

Tambahkan pula informasi yang menyebut bahwa pendaftaran email ini aman dan tidak memberikan spam sehingga pengunjung lebih percaya untuk mendaftar. Contohnya bisa dilihat di website Orbit Media.

7. Cari Produk

Untuk website e-commerce, Anda bisa menambahkan cari produk di bagian footer. Widget ini akan memudahkan pengunjung mencari barang yang diminati. Contohnya bisa Anda lihat di website Smalley.

8. Animasi

Contoh footer berikutnya adalah animasi yang bisa dilihat di web Bluestag. Animasi ini akan membuat pengunjung tertarik dan website Anda tidak terkesan datar-datar saja. Buatlah animasi yang mencerminkan isi website Anda sehingga dapat menarik perhatian.

contoh dan inspirasi design footer website terbaik

9. Transisi Warna

Website yang bagus adalah yang memiliki pengaturan mudah dan nyaman dipandang oleh mata. Oleh sebab itu, Anda bisa menambahkan transisi warna supaya pengunjung bisa membaca isi footer website dengan baik.

Baca Juga: Cara Membuat Website Mudah Tanpa Pengalaman Bagi Pemula

Contoh website dengan transisi warna menarik yaitu Fandom.

10. Brand dan Personalitas

Footer terakhir yang bisa dijadikan rekomendasi yaitu brand dan personalitas. Dengan menunjukkan brand Anda di bawah website akan membuat pengunjung mengingatnya kembali. Contonya yaitu website Roblox.  

Anda bisa menambahkan keunggulan dan pencapaian dari bisnis seperti penghargaan, sertifikasi, dll. Dengan begitu, pengunjung bisa mempercayakan website Anda sebagai situs yang profesional.

Kesimpulan

Itulah contoh footer website yang bisa Anda terapkan dalam. Untuk membangun website, akan lebih cepat jika menggunakan jasa bikin website di Niagaweb.

Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com