Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com

Pengertian dan Fungsi NIPT Test untuk Kehamilan dan Masa Depan Anak

2 min read

pengertian dan fungsi nipt test

KacaTeknologi.com – NIPT Test merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan calon ibu untuk mengetahui kondisi janin yang sedang dikandungnya. Non Invasive Prenatal Test (NIPT) adalah cara skrining yang dilakukan calon orang tua untuk mengetahui apakah ada kelainan genetic yang akan terjadi pada janin. Sehingga para orang tua akan mengetahui apakah ada kelainan pada kromosom janin.

Proses NIPT Test dan Fungsinya Bagi Kehamilan

NIPT Test perlu dilakukan untuk melihat apakah ada kelainan atau abnormalitas pada kesehatan janin yang harus diketahui sejak awal. Tujuannya agar orang tua bisa mengatasi sedini mungkin bagaimana cara yang tepat dalam mengatasi hal tersebut.

Proses pada skrining kehamilan ini belum banyak yang mengetahui. Bahkan, calon orang tua mungkin ada yang belum mendengar istilah NIPT tersebut. Akhirnya, proses penting untuk kesehatan janin terabaikan sejak awal kehamilan. Maka, orang tua perlu mengetahui mengapa NIPT test sangat penting untuk kehamilan dan janin serta manfaatnya.

1. Dapat Dilakukan Sejak Awal Kehamilan

Dalam melakukan NIPT test calon orang tua bisa bertanya sejak awal kehamilan kepada ahlinya. Biasanya, tes ini dilakukan saat memasuki trimester dalam kehamilan. Tetapi, calon orang tua bisa melakukannya sejak kehamilan berusia sembilan minggu.

Melakukan proses skrining ini bisa membantu untuk mengetahui apakah ada kelainan pada kromosom janin. Tujuannya, agar orang tua bisa sigap dalam mengetahui bagaimana langkah yang tepat untuk kebaikan calon ibu dan janin.

2. Proses yang Mudah dan Cepat

Dalam melakukan tes NIPT, calon ibu tidak perlu khawatir jika proses yang dilakukan memakan waktu yang lama. Sebab, skrining ini memiliki proses yang mudah dan cepat bahkan calon ibu tidak akan merasa bosan saat melakukannya.

Pada proses skrining, calon ibu perlu mengambil darah untuk sampel yang nantinya akan diperiksa. Tetapi sebelum melakukan pengambilan darah dan sampel akan dibawa ke laboratorium, calon ibu harus memeriksakan diri dan berkonsultasi sebelumnya kepada dokter kandungan.

3. Mengetahui dan Memberikan Solusi Terbaik pada Perkembangan Janin

Pada proses NIPT bertujuan sebagai skrining jika terdapat kelainan pada kromosom bayi yang dibawa secara genetik. Sehingga pada penanganannya akan diberikan yang terbaik sebelum terlambat.

Sebab ada beberapa kelainan yang dapat dibawa dan berbahaya bagi calon bayi, seperti Trisomy 13 dan Mikrodelesi. Hal itu bisa diketahui dengan melakukan tes NIPT yang dilakukan sejak awal. Jika ditemukan kelainan tersebut maka, dokter akan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut agar mengetahui secara pasti apa yang terjadi.

Baca Juga: 6+ Manfaat Terapi Online: Inovasi Baru Untuk Konsultasi ke Psikologi

4. Dapat Mengetahui Jenis Kelamin Janin

Dalam melakukan skrining NIPT menggunakan DNA, calon orang tua bisa mengetahui jenis kelamin janin. Tetapi jika orang tua belum mau mengetahui jenis kelamin calon bayi bisa didiskusikan dengan dokter agar dirahasiakan.

Sehingga pemeriksaan pada tes NIPT yang dilakukan hanya berfokus pada kelainan yang bisa terjadi pada janin. Orang tua pun bisa mempersiapkan segala kebutuhan janin sejak awal dan kesehatan ibu yang semakin dijaga.

5. Tidak Berbahaya

Pada pemeriksaan tes NIPT ini dilakukan dengan mudah dan cepat. Pada prosesnya pun tidak akan membahayakan calon bayi maupun sang ibu. Pengecekan kromosom dilakukan dengan cara pengambilan cfDNA yang merupakan DNA bebas sel.

Aliran darah ibu akan menyatu dengan cfDNA sang anak yang nantinya akan dibawa ke laboratorium untuk dilakukan pemeriksaan. Sehingga, pada tes ini tidak mengambil DNA yang ada di dalam inti sel dan bisa melihat bagaimana kelainan yang diturunkan dari kromosom.

Setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk calon bayinya agar sehat dan lahir tanpa kurang. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan NIPT Test sejak awal kehamilan untuk melihat kelainan pada kromosom bayi yang diturunkan dari genetik. Sehingga bisa dilakukan pemeriksaan dan tindakan sejak awal jika terlihat kelainan dari awal.

Lakukan NIPT Test bersama tanyadna.id yang akan membantu calon orang tua memberikan yang terbaik bagi calon bayi. Proses yang mudah dan harga yang terjangkau, calon orang tua bisa mengecek DNA untuk masa depan anak yang lebih baik untuk segala kebutuhannya.

Kaca Teknologi Official account of KacaTeknologi.com